Logika Informatika

Silabus
‡ ‡ ‡ ‡ Pengantar Logika Informatika Logika Proposisi Logika Predikat UTS

Silabus (2) ‡ ‡ ‡ ‡ Himpunan Relasi dan Fungsi Bagian Aljabar Boolean UAS .

‡ Srivastava.Referensi ‡ Nolt. 2008. Schaum's Outline Of Set Theory And Related Topics 2nd Edition. McGrawHill. John. McGraw-Hill. Schaum's Outline Of Theory And Problems of Logic 2nd Edition. McGraw-Hill. ‡ Nolt. Springer. Mathematical Logic for Computer Science. John. ‡ Mordechai Ben-Ari. Schaum's Outline Of Theory And Problems of Discrete Mathematics 2nd Edition. 1990. 1997. ‡ Lipson. A Course on Mathematical Logic. . Springer. 1990. 1948.

‡ Manusia mampu mengembangkan pengetahuan karena mempunyai bahasa dan kemampuan menalar.Logika ‡ Dari bahasa Yunani logos ‡ Ilmu untuk berfikir dan menalar dengan benar (sehingga didapatkan kesimpulan yang absah). .

dan menurut aturan-aturan tertentu.Logika ‡ Untuk dapat menarik konklusi yang tepat. ‡ Logika bisa merupakan cabang filosofi dan bisa juga cabang dari matematika ‡ Logika terkategori matematika murni karena matematika adalah logika yang tersistematisasi. diperlukan kemampuan menalar. . ‡ Kemampuan menalar adalah kemampuan untuk menarik konklusi yang tepat dari bukti-bukti yang ada.

takhayul. ‡ Thales mengatakan: air adalah arkhe (Yunani) yang berarti prinsip atau asas utama alam semesta. . Filsuf Yunani pertama yang meninggalkan segala dongeng. ‡ Thales telah mengenalkan logika induktif. dan cerita-cerita isapan jempol dan berpaling kepada akal budi untuk memecahkan rahasia alam semesta.Sejarah Logika ‡ Thales (624 ± 548 SM).

‡ Istilah logika diperkenalkan oleh Zeno (334 ± 226 SM). ‡ Inti dari logika Aristoteles adalah Silogisme.Sejarah Logika ‡ Aristoteles (384 ± 332 SM) mengenalkan logika sebagai ilmu. . Aristoteles mengatakan bahwa kesimpulan Thales diperoleh dari alasan bahwa air adalah jiwa segala sesuatu.

‡ Henry M Sheffer(1882-1964). Hukum Ekuivalensi Logika De Morgan. ‡ Emil L Post(1897-1954). ‡ John Venn(1834-1923). Tabel Kebenaran. NAND. ‡ Ludwig JJ Wittgenstein(1889-1951). NOR. ‡ Giuseppe Peano (1858-1932). Aljabar Boole. .Sejarah Logika ‡ Augustus De Morgan (1806-1871). ‡ George Boole(1815-1871). Diagram Venn. Penemu istilah logika matematika dan teori himpunan. Tabel Kebenaran. Induksi Matematika.

.Macam Logika Logika alamiah ‡ kinerja akal budi manusia yang berpikir secara tepat dan lurus sebelum dipengaruhi oleh keinginan-keinginan dan kecenderungankecenderungan yang subyektif. Kemampuan logika alamiah manusia ada sejak lahir.

Logika ilmiah dimaksudkan untuk menghindarkan kesesatan atau. ‡ Logika ilmiah menjadi ilmu khusus yang merumuskan azas-azas yang harus ditepati dalam setiap pemikiran. mempertajam pikiran serta akal budi. dikurangi. lebih teliti. . paling tidak.Macam Logika Logika ilmiah ‡ Logika ilmiah memperhalus. Berkat pertolongan logika ilmiah inilah akal budi dapat bekerja dengan lebih tepat. lebih mudah dan lebih aman.

‡ Cakupan bidang informatika antara lain: ilmu komputer.Informatika ‡ Disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. . ilmu informasi. sistem informasi. teknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen.

. teori. ‡ Dapat mendukung dan berkaitan dengan aspek kognitif dan sosial. termasuk tentang pengaruh serta akibat sosial dari teknologi informasi pada umumnya.Informatika ‡ Mempunyai konsep dasar. dan perkembangan aplikasi tersendiri.

klasifikasi.Aspek Informatika ‡ Teori informasi yang mempelajari konsep matematis dari suatu informasi ‡ Ilmu informasi yang mempelajari tentang cara pengumpulan. manipulasi penyimpanan. pengaksesan. dan penyebarluasan informasi untuk keperluan sosial dan kemasyarakatan secara menyeluruh .

Aspek Informatika ‡ Ilmu komputer dan teknik komputer yang mempelajari tentang pemrosesan. . pengarsipan. dan penyebaran informasi dengan menggunakan teknologi informasi dan alat lain yang berbasis komputer.

Logika Informatika ‡ Disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi dengan penalaran sehingga didapat suatu kesimpulan. .

Logika Informatika ‡ Logika proposisional ± Fokus utama logika ini pada pernyataan-pernyataan yang dapat digolongkan dalam pengertian proposisiproposisi. ‡ Logika predikat ± Penyataan-pernyataan yang tidak dapat digolongkan sebagai proposisi. akan ditangani logika predikat yang memfokuskan diri pada predikat yang selalu menyertai suatu pernyataan dalam bentuk kalimat. . dan tidak dapat diproses dengan logika proposisional.

Manfaat Logika ‡ Berfikir/nalar Penyelesaian masalah .

kritis. cermat. tetap.Manfaat Logika ‡ Membantu setiap orang yang mempelajari logika untuk berpikir secara rasional. Memaksa dan mendorong orang untuk berpikir sendiri dengan menggunakan asas-asas sistematis ‡ ‡ ‡ . Meningkatkan kemampuan berpikir secara abstrak. lurus. tertib. dan objektif. metodis dan koheren. Menambah kecerdasan dan meningkatkan kemampuan berpikir secara tajam dan mandiri.

. ‡ Terhindar dari klenik . ‡ Mampu melakukan analisis terhadap suatu kejadian.kritis .metodis dan analitis sebagaimana tersebut point 1 maka akan meningkatkan citra diri seseorang.Manfaat Logika ‡ Meningkatkan cinta akan kebenaran dan menghindari kesalahan-kesalahan berpkir. kekeliruan serta kesesatan.lurus. gugon-tuhon ( bahasa Jawa ) ‡ Apabila sudah mampu berpikir rasional.

‡ Konklusi : kesimpulan . ‡ Argumen : usaha untuk mencari kebenaran dari pernyataan berupa kesimpulan dengan berdasarkan kebenaran dari satu kumpulan pernyataan.Istilah-Istilah ‡ Premis : pernyataan.

Contoh silogisme ± Premis ± Premis ± Konklusi : Semua A adalah B : Semua B adalah C : Semua A adalah C .

Latihan .

sebab dia lahir minggu pertama di bulan Agustus. Bagaimana perekonomian akan meningkat? Defisit perdagangan meningkat setiap harinya. 3. 5. Adakah yang mengerti tentang dokumen ini? . Saya belum mau tidur. Zodiak dia Leo. Dia bernafas dan untuk itu dia hidup. film-nya belum selesai. 4.‡ Dibawah ini ada beberapa yang berupa argumen. tentukan premis dan konklusinya! 1. 2.

1. maka premis : Dia bernafas. konklusi : Zodiak dia Leo 2. Premis : Film-nya belum selesai. Premis : Dia lahir minggu pertama di bulan Agustus. Konklusi : Dia hidup. 5. Bukan argumen. Jika berupa argumen. Bukan argumen. Konklusi : Ekonomi tidak bisa meningkat. 3. Jika berupa argumen. Bukan argumen. Konklusi : Saya belum mau tidur. maka premis : Defisit perdagangan meningkat setiap hari. . 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful