Oleh : kel.

6

STIKES Muhammadiyah Banjarmasin

Terapi O2 merupakan salah satu dari terapi pernafasan dalam mempertahankan okasigenasi jaringan yang adekuat. Tujuan pemberian terapi oksigen - Memenuhi kekurangan oksigen - Membantu kelancaran metabolisme - Sebagai tindakan pengobatan - Mencegah hipoksia - Mengurangi beban kerja alat nafas dan jantung

y Indikasi pemberian Terapi Oksigen

Terapi ini dilakukan pada penderita : - Dengan anoksia atau hipoksia - Dengan kelumpuhan alat-alat pernafasan Atau untuk secara umum : - Mendapat trauma paru - Tiba-tiba menunjukkan tanda-tanda : dispneu, cyanosis, apneu - keadaan coma

y PERSIAPAN

1. Alat : - Tabung oksigen beserta isinya - Regulator dan flow meter - Botol pelembab - Masker atau nasal prong - Slang penghubung 2. Penderita - Penderita diberi penjelasan tentang tindakan yang akan dilakukan - Pendrita ditempatkan pada posisi yang sesuai

y Prosuder Pemberian

1. Tabung oksigen dibuka dan diperiksa isinya 2. Cuci tangan sebelum dan sesudah melaksanakan tindakan 3. Hubungkan nasal prong atau masker dengan slang oksigen ke botol pelembab 4. Pasang ke penderita 5. Atur aliran oksigen sesuai dengan kebutuhan 6. Setelah pemberian tidak dibutuhkan lagi lepas nasal prong atau masker dari penderita 7. Tabung oksigen ditutup 8. Penderita dirapikan kembali 9. Peralatan dibereskan

y 1. Sistem Aliran Rendah
y Pasien bernafas sebagian mengambil udara luar y Meliputi : Kanula nasal, Kateter nasal, Sungkup muka

sederhana, Sungkup muka dengan kantong rebreathing, Sungkup muka dengan kantong non rebreathing. 2. Sistem Aliran Tinggi y Seluruh kebutuhan gas inspirasi di supply alat Ventilator meliputi : sungkup muka dengan ventury.

y Dapat memberikan oksigen dengan aliran 1

6

liter/mnt ( konsentrasi 24% - 44%.) - Keuntungan Pemberian oksigen stabil, klien bebas bergerak, makan dan berbicara. - Kerugian Tidak dapat memberikan konsentrasi oksigen yang lebih dari 45%, dapat terjadi distensi lambung, dapat terjadi iritasi selaput lendir nasofaring, aliran serta kateter mudah tersumbat.

Merupakan suatu alat sederhana yang dapat memberikan oksigen kontinyu dengan aliran 1 6 liter/mnt. - Keuntungan Pemberian oksigen stabil, klien bebas makan, bergerak, berbicara, lebih mudah ditolerir klien dan terasa nyaman. - Kerugian Tidak dapat memberikan konsentrasi oksigen lebih dari 44%, suplai oksigen berkurang bila klien bernafas melalui mulut.

Merupakan alat pemberian oksigen kontinu atau selang seling 5 8 liter/mnt dengan konsentrasi oksigen 40 60%. - Keuntungan Konsentrasi oksigen yang diberikan lebih tinggi dari kateter atau kanula nasal, dapat digunakan dalam pemberian terapi aerosol. - Kerugian Tidak dapat memberikan konsentrasi oksigen kurang dari 40%, dapat menyebabkan penumpukan CO2 jika aliran rendah.

Suatu teknik pemberian oksigen dengan konsentrasi tinggi yaitu 60 80% dengan aliran 8 12 liter/mnt - Keuntungan Konsentrasi oksigen lebih tinggi dari sungkup muka sederhana, tidak mengeringkan selaput lendir - Kerugian Tidak dapat memberikan oksigen konsentrasi rendah, jika aliran lebih rendah dapat menyebabkan penumpukan CO2, kantong oksigen bisa terlipat.

Teknik pemberian oksigen dengan konsentrasi oksigen mencapai 99% dengan aliran 8 12 liter/mnt dimana udara inspirasi tidak bercampur dengan udara ekspirasi. - Keuntungan : Konsentrasi oksigen yang diperoleh dapat mencapai 100%. - Kerugian Kantong oksigen bisa terlipat.

Prinsip pemberian O2 dengan alat ini yaitu gas yang dialirkan dari tabung akan menuju ke sungkup yang kemudian akan dihimpit untuk mengatur suplai oksigen sehingga tercipta tekanan negatif, akibatnya udara luar dapat diisap dan aliran udara yang dihasilkan lebih banyak. Aliran udara pada alat ini sekitas 4 14 liter/mnt dengan konsentrasi 30 55%. - Keuntungan Konsentrasi oksigen yang diberikan konstan sesuai dengan petunjuk pada alat dan tidak dipengaruhi perubahan pola nafas terhadap FiO2, suhu dan kelembaban gas dapat dikontrol serta tidak terjadi penumpukan CO2 - Kerugian Kerugian system ini pada umumnya hampir sama dengan sungkup muka yang lain pada aliran rendah.

By : penulis ^.^

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful