TENAGA KERJA DAN ANGKATAN KERJA

SMP AL MUSLIM SIDOARJO Dhanik Setya H, S.Pd

TENAGA KERJA (MAN POWER)
PENGERTIAN
Menurut Undang-Undang No 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, tenaga kerja adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang dan jasa, baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun untuk masyarakat

.ANGKATAN KERJA (LABOR FORCE) PENGERTIAN Angkatan kerja adalah penduduk yang berusia 15 tahun sampai 65 tahun yang sedang bekerja maupun sedang mencari pekerjaan.

KESEMPATAN KERJA (employment) Kesempatan kerja (employment) merupakan jumlah lowongan kerja yang tersedia di dunia kerja. Di Indonesia masalah kesempatan kerja dijamin di dalam UUD 1945 pasal 27 ayat 2 yang berbunyi : ´Tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak´. atau banyaknya lapangan pekerjaan yang tersedia untuk angkatan kerja. .

maupun perdagangan. agraris. b.USAHA PEMERINTAH DAN MASYARAKAT UNTUK MEMPERLUAS KESEMPATAN KERJA a. baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun masyarakat. dan c. jasa. .menyelenggarakan kursus-kursus keterampilan.mendirikan berbagai macam usaha seperti usaha industri.meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pelaksanaan wajib belajar 9 tahun.

Ibu rumah tangga.65 th Setengah menganggur Mencari Kerja /Menganggur Bukan Angkatan Kerja (Anak Sekolah. pensiunan) Bukan Tenaga Kerja Usia dibawah 15 th diatas 65 th Penduduk .PETA KONSEP Bekerja Penuh Bekerja Angkatan Kerja Tenaga Kerja Usia Produktif 15 th.

namun Dewi Fortuna belum berpihak padanya. Dari kasus di atas bagaimana analisis kalian ! . KASUS 2 Intan seorang anak lulusan SMA berusia 18 th. karena kedua orang tuanya bekerja sebagai PNS (Pak Arif dan Bu Ita).ANALISIS KASUS KASUS 1 Bintang adalah pemuda berusia 24 th Lulusan ITS Jurusan teknik bangunan. ia melanjutkan kuliah ke UNAIR dengan alasan Intan pandai dan orang tuanya mampu membiayai. sehingga Bintang masih menganggur. Dengan berbekal ijazahnya ia berkeliling kota Surabaya dan Sidoarjo ke berbagai perusahaan untuk melamar pekerjaan.

buatlah iklan lowongan kerja untuk mengisi kekurangan tenaga kerja di perusahaan kamu tersebut! Hasilnya dikumpulkan kepada gurumu! .Tugas ! Ayo menumpuk kreativitas ! Jika kamu sebagai pengusaha baru yang membutuhkan tenaga kerja.

PERMASALAHAN TENAGA KERJA DAN PENGANGGURAN PERMASALAHAN TENAGA KERJA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMASALAHAN TENAGA KERJA DI INDONESIA : ‡ Kurangnya keterampilan dan keahlian yang dipilih ‡ Latar belakang pendidikan yang rendah ‡ Lapangan kerja yang tidak sesuai ‡ Upah tenaga kerja jauh dari UMR/UMK .

MASALAH PENGANGGURAN Pengangguran adalah orang yang tergolong angkatan kerja yang ingin mendapatkan pekerjaan tapi belum dapat memperolehnya .

Pengengguran struktural Pengangguran Friksional Pengangguran Musiman Menurut sebab terjadinya Pengangguran Teknologi Pengangguran Konjungtur (siklus) MACAM-MACAM PENGANGGURAN Menurut Sifatnya Pengangguran terselubung Pengangguran terbuka Setengah menganggur .

.PENGANGGURAN STRUKTURAL Pengangguran struktural adalah pengangguran yang terjadi karena perubahan dalam struktur perekonomian. Pada umumnya negara berupaya mengembangkan perekonomian dari pola agraris ke industrial.

pekerja yang beralih pekerjaan atau sengaja tidak bekerja karena menunggu tawaran pekerjaan yang lebih baik. Misal.PENGANGGURAN FRIKSIONAL Pengangguran Friksional adalah pengangguran yang terjadi hanya untuk sementara waktu saja. .

pada saat musim tanam mempunyai pekerjaan. para petani.PENGANGGURAN MUSIMAN Pengangguran Musiman adalah pengangguran yang terjadi karena pergantian musim. . Misalnya. tetapi pada saat musim kemarau tidak mempunyai pekerjaan (menganggur).

penggantian tenaga kerja manusia dengan mesin. . Misal. sehingga mengurangi penggunaan tenaga kerja manusia.PENGANGGURAN TEKNOLOGI Pengangguran teknologi. yaitu pengangguran yang disebabkan penggunaan teknologi seperti mesinmesin modern.

perusahaan-perusahaan produksi. harus mengurangi kegiatan . Pada waktu kegiatan ekonomi mengalami kemunduran. Hal ini berarti jam kerja akan dikurangi. sebagian mesin produksi tidak digunakan. dan sebagian tenaga kerja diberhentikan.PENGANGGURAN KONJUNGTUR SIKLUS Pengangguran konjungtur (cyclical unemployment) adalah pengangguran yang diakibatkan oleh ketidakstabilan keadaan ekonomi suatu negara. Akibatnya banyak tenaga kerja yang tidak dapat bekerja lagi.

untuk mengerjakan suatu pekerjaan sebenarnya cukup dilakukan oleh lima orang. yang dua orang sebenarnya adalah penganggur. Oleh karena itu. Misalnya. .PENGANGGURAN TERSELUBUNG (DISGUISED UNEMPLOYMENT) Pengangguran terselubung terjadi jika tenaga kerja tidak bekerja secara optimal. tetapi dilakukan oleh tujuh orang. hanya saja tidak kentara.

.dan c) tidak berusaha mencari pekerjaan secara keras karena memang malas.PENGANGGURAN TERBUKA Pengangguran terbuka adalah tenaga kerja yang benar-benar tidak mempunyai pekerjaan. Penyebabnya antara lain: a) tidak tersedianya lapangan kerja. b) tidak sesuai antara lapangan kerja dengan latar belakang pencari kerja.

SETENGAH MENGANGGUR Setengah menganggur adalah tenaga kerja yang bekerja kurang dari 35-40 jam dalam satu minggu atau menerima upah yang tidak mencukupi standar UMR. .

DAMPAK NEGATIF PENGANGGURAN 1. Mengurangi masyarakat tingkat produktivitas penghasilan pemerintah . Mengurangi melalui pajak 4. Kerawanan Sosial dan Moral 2. Membebani orang lain dan Negara 3.

Keadaan masyarakat (stabilitas sosial&politik) 3.FAKTOR PENYEBAB MASALAH KETENAKER 1. Kemiskinan 2. Globalisasi .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful