REFERAT

BASALIOMA

NOFRINA ARIFIN 20060310060

PENDAHULUAN
‡ Basalioma : karsinoma sel basal -> pada stadium lanjut disebut ulkus rodens ‡ Mengalami peningkatan di negara maju : amerika, australia, dan inggris (75% kanker kulit merupakan basalioma. ‡ Indonesia, penderita kanker kulit sangat sedikit, namun di Medan ;menduduki tempat teratas

(graham. 2005) .DEFINISI ‡ Basalioma adalah suatu tumor ganas kulit yang berasal dari pertumbuhan neoplastik sel basal epidermis dan apendiks kulit.

ANATOMI .

ANATOMI .

Fungsi kulit ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Proteksi Eksresi Persepsi Pengatur suhu Pembentuk pigmen Keratinisasi Pengubahan pro vit d Kosmetik .

ulkus kronis. .Etiologi ‡ > 90% penyebab basalioma : terpapar sinar matahari. pemaparan sinar X yang berlebihan. ‡ Faktor resiko lain : genetik. ‡ Sering muncul usia >40 tahun. trauma.

seperti wajah. dan leher. kepala. Spektrum inilah yang membakar dan membuat kulit menjadi cacat . bekisar antara 280 samapi 320 mm. Untungnya tumor ini jarang sekali bermetastasis. Kanker sel basal terjadi pada daerah terbuka yang biasanya terpapar sinar matahari.Patofisiologi ‡ Basalioma berasal dari sel epidermis sepanjang lamina basalis. ‡ Spektrum sinar matahari yang bersifat karsinogen adalah sinar yang panjang gelombangnya.

Sinar ultraviolet panjang (UVA) yang dipancarkan oleh alat untuk membuat kulit kecoklatan seperti terbakar sinar matahari juga merusak epidermis dan di anggap sebagai karsinogen. . radiologi sebelumnya untuk menyembuhkan penyakit kulit lain.Patofisiologi ‡ Penyebab lain basalioma adalah riwayat pengobatan.

Meskipun jarang dapat pula dijumpai pada lengan. kaki dan kulit kepala. hidung. tangan. daerah periorbital). . tungkai. lipat nasolabial. badan. dahi. leher.MANIFESTASI KLINIS ‡ Tanda dan gejala yang menyertai penyakit basalioma adalah predileksinya terutama pada wajah (pipi.

eritematosa sampai berpigmen terang. yang secara klinis dapat menyerupai melanoma ‡ Tipe morfea : Lesi tampak sebagai plak sklerotik yang cekung. pipi. lipat nasolabial. berbentuk oval sampai ireguler dengan tepi berbatas tegas. dahi dan tepi kelopak mata. paling sering mengenai wajah . berwarna putih kekuningan dengan batas tidak jelas. . ‡ Tipe superfisial : sebagai plak transparan. sedikit meninggi. seperti benang atau kawat.Gambaran KLINIS ‡ Tipe nodulo-ulseratif : lesi tampak sebagai lesi tunggal. ‡ Tipe berpigmen : jenis ini berwarna coklat atau hitam berbintik-bintik atau homogen.

dengan warna yang bervariasi. dengan permukaan halus atau noduler. .Gambaran KLINIS ‡ Tipe fibroepitelioma : lesi berupa papul kecil yang tidak bertangkai atau bertangkai pendek.

.

Px diagnostik ‡ Evaluasi histologis ‡ Biopsi .

. Kuretase dan elektrodesikasi . . .Keuntungan : .Tidak didapat konfirmasi batas tepi pembuangan jaringan yang adekuat.Meninggalkan luka yang teratur dan kering. Bedah eksisi .Dari segi kosmetik baik . 2.Keuntungan : .Kerugian : .Tidak efektif untuk tumor primer yang luas .Tehniknya sederhana.Terapi 1.Penyembuhannya cepat dengan luka yang teratur dan kering.

. . .Bermanfaat bagi penderita dengan lesi yang luas yang tidak memungkinkan untuk dilakukan anestesi umum.Pengambilan jaringan normal dapat berlebihan 3.Bermanfaat pada daerah anatomis yang sulit diterapi dengan metode pembedahan. Terapi . Bermanfaat bagi penderita dengan lesi yang luas yang tidak memungkinkan untuk dilakukan anestesi umum.Biaya mahal. Pada umumnya karsinoma sel basal sangat radio-sensitif. . Radioterapi .Memerlukan pengalaman yang luas. .Bermanfaat pada daerah anatomis yang sulit diterapi dengan metode pembedahan.Keuntungan : .Kerugian : .Pada umumnya karsinoma sel basal sangat radio-sensitif.

Keuntungan : . Bermanfaat bagi penderita dengan lesi yang luas yang tidak memungkinkan untuk dilakukan anestesi umum.Peralatan yang dibutuhkan sederhana.Memberikan efek samping yang signifikan. 4. .Bermanfaat pada daerah tumor yang sulit diterapkan dengan metode pengobatan lainnya.Kerugian : . Terapi . Bedah beku .Bermanfaat pada daerah anatomis yang sulit diterapi dengan metode pembedahan.Tehniknya cepat.Memerlukan peralatan yang mahal .Memerlukan kunjungan yang berulang kali. Pada umumnya karsinoma sel basal sangat radio-sensitif. . . seperti kelopak mata .

Resisten untuk jenis morfea atau jenis adenoid.Kerugian : . . Bermanfaat bagi penderita dengan lesi yang luas yang tidak memungkinkan untuk dilakukan anestesi umum.Rasa nyeri dan edema. sehingga dapat menghemat jaringan atau meminimalkan jaringan yang hilang. 5.Bermanfaat pada daerah anatomis yang sulit diterapi dengan metode pembedahan.Keuntungan : .Reseksi hanya pada daerah tumor.Timbul bula.Evaluasi histopatologi pada tepi irisan mendekati 100% dibandingkan dengan tehnik seksi vertikal tradisional. .Dapat terjadi hipopigmentasi. Bedah Mikrografik Mohs . Pada umumnya karsinoma sel basal sangat radio-sensitif. . dan lesi yang basah . . Terapi . . edema.

Biayanya mahal. .Memerlukan dokter dan petugas laboratorium histopatologi yang terlatih. .Bermanfaat pada daerah anatomis yang sulit diterapi dengan metode pembedahan.Kerugian : . Pada umumnya karsinoma sel basal sangat radio-sensitif. Bermanfaat bagi penderita dengan lesi yang luas yang tidak memungkinkan untuk dilakukan anestesi umum. Terapi .

sedangkan pada karsinoma sel basal rekuren sekitar 92%. radioterapi. . bedah mikrografik Mohs masing-masing sebesar 7.PROGNOSIS ‡ Pengobatan pada karsinoma sel basal primer biasanya memberikan angka kesembuhan sekitar 95%.7%.1%. ‡ Dijumpai angka kekambuhan 5 tahun pada metode kuretase dan elektrodesikasi.5%. bedah beku.7%. 1%. 7. 8. bedah eksisi. 10.

TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful