By Kelompok 1

Apa itu masyarakat madani? 2.Bagaimana pengaruh Masyarakat Madani terhadap cita-cita Reformasi di Indonesia.Bagaimana pengaruh Civil Society terhadap cita-cita reformasi di Indonesia? 3.1.Bagaimana upaya menyandingkan Civil Society dan Masyarakat Madani dalam mewujudkan cita-cita reformasi ( muslim tradisional dan modernis) . 4.

€ Masyarakat madani merupakan konsep yang berwayuh wajah: memiliki banyak arti atau sering diartikan dengan makna yang bedabeda. masyarakat madani sering digunakan untuk menjelaskan ´the sphere of voluntary activity which takes place outside of government and the market . ia berasal dari kata civil society atau masyarakat sipil. Bila merujuk kepada Bahasa Inggris. Menurut Blakeley dan Suggate (1997). sebuah kontraposisi dari masyarakat militer.

individu-individu dan kelompok-kelompok ekslusif € Menyebarnya kekuasaan. € Dilengkapinya program-program pembangunan € Terjembataninya kepentingan-kepentingan individu dan negara € Tumbuhkembangnya kreatifitas € Meluasnya kesetiaan (loyalty) dan kepercayaan (trust) € Adanya pembebasan masyarakat melalui kegiatan lembaga-lembaga sosial € Terintegrasinya .

kiranya dapat dikatakan bahwa masyarakat madani adalah sebuah masyarakat demokratis dimana para anggotanya menyadari akan hak-hak dan kewajibannya dalam menyuarakan pendapat dan mewujudkan kepentingan-kepentingannya.€ Dari beberapa ciri tersebut. dimana pemerintahannya memberikan peluang yang seluasluasnya bagi kreatifitas warga negara untuk mewujudkan program-program pembangunan di wilayahnya .

Nurcholis Madjid berpendapat bahwa konsep madaniyyah. masih dalam peristilahan arab. dan hadharah menjadi ´peradaban". berasal dari Term" madani". Konsep peradaban itu terkait erat dengan kehidupan menetap (Tsaqafah} di suatu tempat sehingga suatu pola hidup bermasyarakat tampak hadir ( hadharah) di tempat itu. Tsafaqah menjadi berarti "kebudayaan". Maka. . sama dengan madaniyyah.Istilah masyarakat madani sendiri. memiliki arti peradaban Dalam Konteks Jazirah Arabia.

Peran yang dimainkan oleh organisasi ini tidak terbatas pada peran tradisional berupa pemberdayaan keagamaan dalam bentuk pembinaan kehidupan beragama untuk penguatan komitmen keagamaan masyarakat penganut € agama. Organisasi ini dalam sejarahnya telah memainkan peran strategis. sejak zaman prakemerdekaan sampai orde reformasi saat ini.Dalam sejarah sosial masyarakat Indonesia. Muhammadiyah dan NU merupakan ormas terbesar dan diperhitungkan. Diantara sejumlah organisasi sosial keagamaan yang ada. tetapi juga telah memainkan peran strategis dalam kehidupan sosial politik. dimana salah satu dimensinya adalah organisasi sosial keagamaan. € . gerakan sosial masyarakat Indonesia salah satunya diwujudkan dalam bentuk organisasi sosial.

€ Muhammadiyah dengan karakter modernisnya mengambil peran yang lebih awal bersama-sama dengan kelompok modernis yang lainnya dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam membangun kekuatan sendiri berhadapan dengan kekuatan penjajahan. Dan Nahdatul Ulama (NU) dengan karakter tradisionalnya kemudian mengambil peran yang penting terutama dengan pendekatan keagamaannya .

€ Demokratisasi € Partisipasi sosial € supremasi hukum dalam masyarakat. .

.

€ dapat dilakukan dengan pendekatan transformasi social budaya € membebaskan umat dan masyarakat Indonesia umumnya dari kemiskinan. keterbelakangan dan kebodohan dll .

Adanya kemandirian yang cukup tinggi dari individu ² individu dan kelompok ² kelompok dalam masyrakat terutama jika berhadapan dengan Negara € Adanya ruang public bebas sebagai wahana bagi keterlibatan politik secara aktif dari warga Negara melalui wacana dan praksis yang berkaitan dengan kepentingan public € Adanya kemampuan membatasi kuasa Negara agar ia tidak terintervensi. akademisi dan LSM € Menumbuhkan Kehidupan Beragama yang Positif pada Peserta Didik € . € adanya penyadaran masyarakat dalam bentuk pewacanaan Posisi mahasiswa.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful