BIOTEKNOLOGI

‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Nama anggota Kelompok : Achmad teddy Elisa Khristina Lilik Afrida Rafles Putra Sitorus Sintarmi Apriani Sri Astuti

STANDAR KOMPETENSI ‡ Memahami prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada saling temas .

teknologi.1 Menjelaskan arti. ‡ 5.KOMPETENSI DASAR ‡ 5.lingkungan.2 Mendeskripsikan implikasi bioteknologi pada sains.dan jenisjenis bioteknologi.prinsip dasar. .dan masyarakat.

INDIKATOR ‡ 1.Menjelaskan perbedaan prinsip dasar pengembangan bioteknologi konvensional dan modern .Membedakan bioteknologi konvensional dan modern ‡ 5.Menjelaskan nilai tambah yang diperoleh atas pengembangan bioteknologi ‡ 4.Mengkatagorikan produk bioteknologi konvensional dan modern ‡ 6.Menjelaskan prinsip-prinsip dasar bioteknologi ‡ 3.Menjelaskan arti bioteknologi ‡ 2.

Pengertian Bioteknologi ‡ Biotehknologi adalah cabang yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri. asam organik) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa yang dapat digunakan oleh manusia . virus. jamur. alkohol. antibiotik. dll) ataupun Produk dari makhluk hidup (Enzim.

mikroorganisme.sel tumbuhan.sel hewan) 2)Pendayagunaan secara teknologis dan industrial 3)Produk dan jasa yang diperoleh .Prinsip-prinsip dasar Biotekhnologi ‡ Prinsip-prinsip dasar bioteknologi adalah : ‡ 3 hal pokok berikut: 1)Agen biologi(enzim.

Nilai tambah yang di peroleh atas pengembangan biotekhnologi ‡ Bioteknologi dikembangkan untuk meningkatkan nilai bahan mentah dengan memanfaatkan kemampuan mikroorganisme atau bagian-bagiannya ‡ Bioteknologi juga memanfaatkan sel tumbuhan atau sel hewan dalam proses industri .

dan proses genetik alami ‡ Bioteknologi modern : dilakukan dengan memanipulasi gen atau rekayasa DNA selain memanfaatkan dasar microbiologi dan biokimia. .Perbedaan bioteknologi Konvensional dan modern ‡ Bioteknologi konvensional : dilakukan dengan memanfaatkan mikroba proses biokimia.

Mengkategorikan produk bioteknologi konvensional dan modern A.oncom. Contoh bioteknologi konvensional: -Hasil fermentasi (Tempe. Contoh bioteknologi modern: ‡ Buah tomat hasil manipulasi genetik sehingga tahan lama.tidak cepat matang atau membusuk ‡ Cloning hewan domba doli .yoghurt) -bir -Serta hidroponik ‡ B.keju.

Perbedaan prinsip dasar pengembangan bioteknologi konvensional dan modern -Bioteknologi konvensional masih memanfaatkan mikroorganisme secara langsung dan belum tahu adanya penggunaan enzim. -Bioteknologi modern sudah menggunakan prinsip-prinsip ilmiah melalui penelitian .

PENUTUP SEKIAN TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful