Stirling Engine

satu piston dan displacer . Gamma y Alpha Stirling Engine menggunakan dua silinder dan dua piston y Beta Stirling Engine menggunakan satu silinder.Stirling Engine y Siklus Kinerja Stirling y Menggunakan piston dan silinder untuk memutar poros engkol y Tiga jenis Stirling Engine Alpha. Bheta.

berbagai produk minyak bakar (biomassa. limbah pertanian (sekam. y Perbedaan yang mencolok dengan mesin pembakaran internal adalah potensi untuk menggunakan sumber panas terbarukan pada mesin y Stirling lebih mudah.Keunggulan y Frekuensinya relatif lebih stabil/ konstan. kayu bakar. tidak berisik / bising dan biaya perawatannya lebih rendah. termasuk bahan kimia. tempurung kelap). sinar surya (solar). . suara mesin lebih lembut (tenang). biofuel). panas bumi dan nuklir. y Mesin Stirling dapat bekerja dengan sumber energi panas yang bervariasi.

Prinsip Kerja Stirling Engine memanfaatkan sifat dasar Udara yang akan memuai jika dipanaskan dan akan menyusut jika didinginkan .

mendinginkan fluida kerja dan pada suhu konstan . fluida kerja menyerap panas dan meningkatkan suhu dengan volume konstan. proses a. fluida kerja menyerap panas dan mengembang pada suhu konstan. mendinginkan fluida kerja dan menurunkan suhu dengan volume konstan.Siklus Stirling Engine (1) proses a (2) proses b (3) proses c (4) proses d proses b. proses d. proses c.

Alpha Stirling Engine .

Beta Stirling Engine .

Gamma Stirling Engine .

Tahan panas.Material Silinder Panas dan Dingin Silinder Panas (Hot Cylinder) .Thermal expansion (tingkat muai bahan) kecil. Slinder Dingin (Cold cylinder) : .Kuat. agar panas cepat dibuang ke luar (ke udara atau ke cairan pendingin) . Bisa menjalarkan panas secara cepat Tabung Regenerator : .Thermal conduction kecil.Heat Conduction sangat besar. terhadap tekanan yang tinggi.Thermal expansion yang kecil . .kuat. . Stirling yang mempunyai high performance biasanya mempunyai tekanan sampai 20 MPa.Thermal conduction besar. . .Tahan panas . Stirling yang mempunyai high performance biasanya mempunyai tekanan sampai 20 MPa.Thermal Capacity besar (mampu menyimpan panas) .Kuat. .

5 kilowatt .Rancangan Mesin Stirling 1.7 kilowatt 2. Diharapkan hasil tenaga mesin ini cukup untuk skala rumah tangga : 1.3. Idealnya mesin stirlingnya multi silinder agar tenaganya besar. tetapi tahap awalnya 2 silinder saja .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful