PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP BANGSA DAN NEGARA INDONESIA

> Bidang Idiologi Pancasila sebagai Idiologi terbuka, pada prinsipnya bias menerima unsure-unsur baru dari bangsa lain sepanjang tidak bertentangan dengan nilai-nilai dasar pancasila. Pancasila selalu berkembang sesuai dengan perkembangan zaman, hal ini merupakan pengaruh positif globalisasi terhadap idiologi bangsa dan Negara, karena memperkaya khasanah budaya bangsa yang bersifat dinamis dan fleksibel.

ekonomi.Rakyat menuntut diadakannya keadilan nasional dan perbaikan bidang-bidang baik infrastruktur. jaminan hak asasi manusia dan kebebasan berpengaruhkuat terhadap pikiran maupun kemauan bangsa Indonesia. dengan mengutamakan dengan keterbukaan. Kekuatan yang berpusat(otoriter) dirubah menjadi demokratis dan member banyak kebebasan kepada rakyat didaerah untuk mengatur urusan rumah tangga sendiri (otonomi daerah). .> Pengaruh positif globalisasi yang menawarkan kehidupan Politik yang demokratis. pengangguran maupun kemiskinan.

apalagi melakukan lobi-lobi internasional. Tingkat kemajuan dan kemakmuran dinegara-negara maju sebagai penggagas globalisasi yang relatif baik. membuat bangsa dan Negaranegara yang sedang berkembang tertarik untuk menerima tawarannya.> Bidang ekonomi Pengaruh globalisasi dibidang ekonomi tidak terlepas dari terbukanya pasar bebas yang memberi kemudahan masuknya barang-barang produksi luar negeri ke Indonesia. .

dapat dilihat dari sebagian berapa suku bahasa dan ras yang ada di negara indonesia .> Bidang Sosial dan Budaya Segi positif dari pengaruhnya globalisasi dalam aspek budaya. .

serta tingkat efisiensi dan kompetisi yang tinggi di berbagai bidang kehidupan. Dalam era globalisasi ini tidak dapat menghindar dari arus derasnya kompleksitas perubahan (Inovasi) sebagai akibat canggihnya teknologi informasi. .Bangsa indonesia. telekomunikasi dan transportasi. tatanan ekonomi dunia yang mengarah pada pasar bebas. Seperti hal nya bangsa-bangsa lain.

Berapa indikator pengaruh negatif maupun positif globalisasi yang melanda bangsa dan negara indonesia antara lain dapat dilihat pada matrik berikut ini : .

Indikator Perubahan/Dampak Globalisasi .

. oposisi. Politik Penyebaran nilai-nilai politik barat baik secara langsung atau tidak langsung dalam bentuk unjuk rasa. Semakin lunturnya nilai-nilai politik yang berdasarkan semangat kekeluargaan. kelompok. masyarakat mufakat dan gotong royong. dengan cara membuat kerusuhan dan anarkis. diktator mayoritas atau tirani minoritas. demonstrasi yang semakin berani dan terkadang mengabaikan kepentingan umum. Semakin menguatnya nilai-nilai politik berdasarkan semangat individual.1.

Sektor-sektor ekonomi rakyat yang diberikan subsidi semakin berkurang. koperasi semakin sulit berkembang.2. . Ekonomi Berlakunya the survival oe the fittest sehingga siapa yang memiliki modal yang besar akan semakin kuat dan yang lemah tersingkir. Pemerintah hanya sebagai regulasi dalam pengaturan ekonomi yang mekanismenya akan ditentukan oleh pasar. dan penyerapan tenaga kerja dengan pola padat karya sudah semakin ditinggalkan.

Semakin memudarnya nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan bermasyarakat. . dan kesetiakawanan sosial sehingga dalam keadaan tertentu hanya ditangani oleh segelintir orang.3. antene parabola. kepedulian. media televisi. Semakin lunturnya semangat gotong royong. dan bernegara karna dianggap tidak ada hubungannya (sekularisme). solidaritas. maupun media cetak yang kadang-kadang ditiru habishabisan. berbangsa. Sosial dan Budaya Mudahnya nilai-nilai barat yang masuk baik milalui internet.

dan berkapasitas tinggi. Ledakan Informasi Kemajuan iptek dan arus komunikasi global yang makin canggih. Laju pertumbuhan dan akumulasi pengetahuan serta informasi meningkat sangat cepat secara tajam (eksponensial) .4. cepat.

dan tuntutan terhadap dilaksanakannya hak-hak asasi manusia. jaksa. Pertahanan dan Keamanan Semakin menguatnya supremasi hukum. Hukum. Menguatnya regulasi hukum dan pembuatan peraturan perundang-undangan yang memihak dan bermanfaat untuk kepentingan rakyat. demokratisasi. Semakin menguatnya tuntutan terhadap tugas-tugas penegak hukum (polisi. . dan hakim) yang lebih profesional.5. transparan dan akuntabel.

perjalanan. investasi. dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit. budaya populer.Globalisasi adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antarbangsa dan antarmanusia di seluruh dunia dunia melalui perdagangan. .

dan memengaruhi satu sama lain yang melintasi batas negara . bergantung. dan antarnegara saling berinteraksi.Globalisasi adalah suatu proses di mana antarindividu. antarkelompok. terkait.

sebuah kesadaran dan pemahaman baru bahwa dunia adalah satu. perubahan dan ketidakpastian. serta kenyataan yang mungkin terjadi. .Kennedy dan Cohen menyimpulkan bahwa transformasi ini telah membawa kita pada globalisme. Sejalan dengan itu. Giddens menegaskan bahwa kebanyakan dari kita sadar bahwa sebenarnya diri kita turut ambil bagian dalam sebuah dunia yang harus berubah tanpa terkendali yang ditandai dengan selera dan rasa ketertarikan akan hal sama. Peter Drucker menyebutkan globalisasi sebagai zaman transformasi sosial.

atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain. atau proses sejarah. sehingga bergantung dari sisi mana orang melihatnya. mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan ko-eksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografis.---------Pengertian-------Menurut asal katanya. Achmad Suparman menyatakan Globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah Globalisasi belum memiliki definisi yang mapan. kecuali sekedar definisi kerja (working definition). Ada yang memandangnya sebagai suatu proses sosial. ekonomi dan budaya masyarakat. kata "globalisasi" diambil dari kata global. yang maknanya ialah universal. .

bahkan berpengaruh terhadap bidang-bidang lain seperti budaya dan agama. Sebab. ada yang melihat globalisasi sebagai sebuah proyek yang diusung oleh negara-negara adikuasa. Negara-negara yang kuat dan kaya praktis akan mengendalikan ekonomi dunia dan negara-negara kecil makin tidak berdaya karena tidak mampu bersaing. globalisasi tidak lain adalah kapitalisme dalam bentuk yang paling mutakhir.Di sisi lain. sehingga bisa saja orang memiliki pandangan negatif atau curiga terhadapnya. Dari sudut pandang ini. globalisasi cenderung berpengaruh besar terhadap perekonomian dunia. . Theodore Levitte merupakan orang yang pertama kali menggunakan istilah Globalisasi pada tahun 1985.

Para globalis percaya bahwa globalisasi 2. Para tradisionalis tidak percaya bahwa globalisasi tengah terjadi 3. terdapat tiga posisi teoritis yang dapat dilihat.Teori globalisasi Cochrane dan Pain menegaskan bahwa dalam kaitannya dengan globalisasi. Para transformasionalis berada di antara para globalis dan tradisionalis . yaitu : 1.

Jika terjadi maka akan menimbulkan dilematis. Bila dipenuhi belum tentu sesuai di Indonesia. Akan tetapi secara keseluruhan dapat menimbulkan rasa nasionalisme terhadap bangsa menjadi berkurang atau hilang.pengaruh di atas memang tidak secara langsung berpengaruh terhadap nasionalisme. Apa yang di luar negeri dianggap baik memberi aspirasi kepada masyarakat kita untuk diterapkan di negara kita. Bila tidak dipenuhi akan dianggap tidak aspiratif dan dapat bertindak anarkis sehingga mengganggu stabilitas nasional. ketahanan nasional bahkan persatuan dan kesatuan bangsa.Pengaruh . . Sebab globalisasi mampu membuka cakrawala masyarakat secara global.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful