PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT

.

logika. metodologi. PENGERTIAN FILSAFAT ‡ Secara etimologis (dari b. . ‡ Secara harpiah filsafat mengandung makna CINTA KEBIJAKSANAAN ‡ Pengelompokan arti filsafat : 1. estetik dsb. etika.A. Filsafat sebagai produk 2. epistimologi. Filsafat sebagai proses ‡ Cabang cabang filsafat : Metafisika. Yunani) philein artinya cinta dan sophos artinya kebijaksanaan.

. ‡ Susunan kesatuan sila-sila pancasila yang bersifat organis. dan sebagai pribadi berdiri sendiri. ‡ Susunan pancasila yang bersifat hierarkis dan berbentuk piramidal. Yang menjadikan sila ketuhanan yang maha esa menjadi basis untuk keempat sila lainnya. Bersumber pada hakikat dasar ontologis manusia. isi dari silasila pancasila.sendiri namun secara keseluruhan merupakan suatu kesatuan yang sistematis. fungsi sendiri. ‡ Rumusan hubungan kesatuan sila-sila pancasila yang saling mengisi dan saling mengkualifikasi.B.bagian yaitu sila-sila pancasila setiap sila pada hakikatnya merupakan suatu asas sendiri. RUMUSAN KESATUAN SILA-SILA PANCASILA SEBAGAI SUATU SISTEM ‡ Pancasila yang terdiri dari bagian.

‡ Dasar epistimologis sila-sila pancasila adalah pengimplikasian dari ontologis . ‡ Dasar aksiologis sila-sila pancasila adalah hubungan antara nilai dengan manusia. ‡ Nilai. Dan tergantung pada sudut pandang masing.nilai pancasila sebagai suatu sistem adalah sila-sila pancasila yang berbeda-beda namun keseluruhan nilai tersebut merupakan satu kesatuan.masing.C. . ‡ Dasar antropologis sila-sila pancasila adalah manusia. epistimologis dan aksiologis. KESATUAN SILA-SILA PANCASILA SEBAGAI SUATU SISTEM FILSAFAT ‡ Memiliki dasar ontologis.

Pancasila merupakan cita-cita tentang kebaikan yang harus diwujudkan menjadi suatu kenyataan. Penjabaran sila-sila pancasila bukanlah secara langsung melainkan melalui pebukaan UUD 45 dan barulah di jelaskan dalam pasal-pasal UUD 45. . PANCASILA SEBAGAI NILAI DASAR FUNDAMENTAL BAGI BANGSA DAN REPUBLIK INDONESIA ‡ Dasar filosofisnya.D. ‡ Nilai-nilai pancasila sebagai nilai fundamental negara. kemudian dijabarkan dalam berbagai macam peraturan perundang-undangan.

‡ Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan merupakan asal mula kekuasaan negara. ‡ Sila kemanusiaan yang adil dan beradab sebagai perwujudan nilai kemanusiaan sebagai makhluk berbudaya. ‡ Persatuan Indonesia sebagai penjelmaansifat kodrat manusia. . bermoral dan beragama. INTI ISI SILA-SILA PANCASILA ‡ Sila ketuhanan yang maha esa sebagai dasar dan jiwa dari keempat sila-sila lainnya.E. ‡ Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesiasebagai tujuan negara yaitu tujuan dalam hidup bersama.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful