Middle Range Theory of Goal Attaintment

Imogene King: Interacting
Systems Framework

Pendahuluan
‡ Keperawatan adalah suatu bentuk pelayanan profesional yang merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan, didasarkan pada ilmu dan kiat keperawatan ‡ Dalam penerapan praktik keperawatan, para perawat seharusnya menggunakan teori dan konsep model keperawatan #

HIRARKI ILMU KEPERAWATAN # .

lingkungan. dan dalil global yang menyatakan hubungan antara konsep ‡ Fungsi : mengidentifikasi materi dasar suatu disiplin ‡ Materi dasar dari keperawatan meliputi. manusia.METAPARADIGMA ‡ Konsep global yang mengidentifikasi fenomena dari minat sentral dari suatu disiplin ‡ Dalil global yang menggambarkan konsep. kesehatan dan keperawatan # .

FILOSOFI ‡ pernyataan yang mencakup penegasan ontologis tentang suatu fenomena sentral dari suatu disiplin ‡ Penegasan epistemik tentang bagaimana fenomena ini diketahui dan penegasan ethical tentang apa penilaian dari anggota disiplin tersebut ‡ Fungsi : mengkomunikasikan apakah anggota suatu disiplin meyakini itu benar berhubungan dengan fenomena yang diminati disiplin tersebut # .

dan dalil-dalil yang dinyatakan secara relatif dan hubungan umum antara dua atau lebbih dari konsep. ‡ Fungsi : menyediakan suatu kerangka acuan yang khusus yang dikatakan kepada anggota suatu disiplin bagaimana mengamati dan menginterpretasikan fenomena dari minat disiplin. # .MODEL KONSEPTUAL ‡ Sekumpulan dari abstrak relatif dan konsep umum yang ditujukan fenomena dari minat sentral dari suatu disiplin ‡ Dalil-dalil yang secara luas menggambarkan konsep tersebut.

TEORI ‡ Satu atau lebih konsep secara relatif konkrit dan spesifik yang diperoleh dari model konseptual ‡ Dalil-dalil yang menggambarkan konsep tersebut. dan yang menyatakan hubungan secara relatif konkrit dan spesifik antara 2 atau lebih dari konsep. ‡ Fungsi : mempersempit dan lebih menspesifikkan fenomena yang dimuat dalam model konseptual dan menyediakan struktur yang secara konkrit dan spesifik # .

DEFINISI KING ‡ Teori : sekumpulan konsep yang ketika dijelaskan memiliki hubungan dan dapat diamati dalam dunia praktek keperawatan ‡ Teori dapat membangun ilmu baru ‡ Teori dapat dibangun dan diuji dengan penelitian ‡ Menggunakan konsep SISTEM untuk mengembangkan TEORiENCAPAIAN TUJUAN # .

middle grand theory. # . lingkungan.MODEL KONSEP ± TEORI KEPERAWATAN MODEL KONSEP Definsisi konsep dan dalil-dalil umum yang memberikan perspektif pada konsep utama Kompon Manusia. en kesehatan. memproyeksikan pandangan sistematis atas fenomena grand teori. practice theory. keperawatan TEORI KEP kumpulan konsep.

BENTUK INTERAKSI SISTEM Social system (society) Interpersonal system (groups) Personal system (individual) # .

KARAKTERISTIK TEORI SISTEM PERSONAL (Individu ssbg uatu sistem terbuka) Tumbang # .

Sistem interpersonal PERAN INTERAKSI STRESS KOPING KOMUNIKASI # .

SISTEM SOSIAL INTERAKSI PERILAU KESELAMATAN LINGKUNGAN KESEHATAN PERSEPSI # .

KONSEP UTAMA 10 KONSEP UTAMA INTERAKSI JARAK KOMUNIKASi PERSEPSI PERAN Text1 TRANSASI WAKTU STRESS TEMPAT TUMBANG # .

ASUMSI TEORI KING ANGGOTA MASY INTERAKSI EXPLISIT HAK MENOLA PENGARUH INTERAKSI HAK AZAZI TANGGUNGJAWABAN # .

SKEMA TEORI KING Transacti on Agree to means Nurse Explore means Communication Mutual Goal Setting Perception Perception Action Reaction Disturbance Client Communication # .

SUMBER TEORI King menggunakan pendekatan teori sistem. Orlando (1961). Yura & Walsh (1978) dll # .ANALISIS TEORI KING 1. dalam melihat interaksi perawat ± klien dalam hubungan profesional untuk mencapai tujuan Dengan mengambil beberapa sumber diantaranya : Peplau (1952). Paterson & Zderad (1976).

2. karena interaksi perawat ± klien adalah PENTING !! Hambatan Bahasa yang tidak sama Manusia merupakan bangian dari sistem sosial jadi manusia membutuhkan oranglain untuk berinterasi # . Makna Teori Mudah dipahami dan diterapkan.

3. persepsi aksi dan reaksi (transaksi) untuk mencapai tujuan # . Kecukupan LOGIKA TEORI Cukup Logis dipandang dari cakupan teori. KING : Intervensi keperawatan adalah interaksi perawat-klien yang meliputi komunikasi.

energi dan informasi akan mempengaruhinya # .4. Mafaat Teori Dapat diaplikasikan dalam tatanan klinik maupun komunitas KING : Manusia adalah sistem terbuka yang selalu berinteraksi dengan lingkungannya yang memungkinkan benda.

Kemampuan Menggeneralisasi dan Parsimony Cakupan teori sangat luas dan kompleks Cocok untuk diterapkan dalam semua tatanan. yang berfokus pada interaksi manusia dan lingkungannya untuk melakukan penyesuaian terhadap stressor untuk mencaai KESEHATAN OPTIMAL # .5.

6. Kemampuan Untuk Diujikan Dapat mengikuti kondisi saat ini yang merupakan era teknology dan informasi # .

dimana klien terlibat dalam pengambilan keputusan 2. persepsi dan komunikasi # . Konsep persamaan Persepsi antara tim dan klien KEKURANGAN 1.ANALISA KELEBIHAN dan KEKURANGAN KELEBIHAN 1. Menggambarkan mutualisme tim kesehatan. Cukup luas butuh penafsiran untuk pemahaman konsep 2. komunikasi dan iteraksi 4. Konsep teori pencapaian tujuan perlu penyederhanaan mudah penyamaan persepsi 3. Menggunakan Komunikasi verbal dan nonverbal 3. Belum menjelaskan konsep / metode yang aplikatif Interaksi. Aplikable pada semua tananan karena 3 konsep: Persepsi. Menghargai kerja TIM 5.

energi. dapat diaplikasikan pada tatanan klinik maupun komunitas # . dan komunikasi mempengaruhinya ‡ Intervensi keperawatan adalah proses interaksi antara perawat klien.PENUTUP ‡ MANUSIA adalah sistem terbuka yang berinteraksi dengan lingkungannya. dipengaruhi persepsi seningga timbul aksi-reaksi ‡ Konsep Teori yang luas. shg memungkinkan benda.