Tugas RMK Akuntansi Sektor Publik

‡ Aditya Riskiawan ‡ Anissa Perdani ‡ Andi Dwi K ‡ Ria Rahardini Jurusan S1 Akuntansi <transfer> Kelas B

penyiapan. penganalisaan. . penginterpretasian dan pengkomunikasian informasi finansial yang digunakan oleh manajemen untuk perencanaan.AKUNTANSI MANAJEMEN SEKTOR PUBLIK   Akuntansi manajemen merupakan bagian dari suatu sistem pengendalian manajemen yang integral. pengukuran. Dlm Institute of Management Accountants (1981) mendefinisikan sebagai suatu proses pengindetinfikasian. evaluasi dan pengendalian organisasi serta untuk menjamin bahwa sumber daya digunakan secara tepat dan akuntabel. pengakumulasian.

4. 2.Fungsi Akuntansi Manajemen 1. Perumusan strategi Perencanaan dan pengendalian aktivitas Pengambilan keputusan Pengoptimalan penggunaan sumber daya Pengungkapan kpd shareholder dan pihak luar organisasi Pengungkapan kepada karyawan Perlindungan Asset . 3. 5. 7. 6.

 .Akuntansi sebagai Alat Perencanaan Organisasi Akuntansi Manajemen berperan dalam pemberian informasi historis dan prospektif untuk memfasilitasi perencanaan  Perencanaan organisasi sangat penting dilakukan untuk mengantisipasi keadaan di masa yang akan datang.

2. Informasi sifatnya rutin / ad hoc Informasi kuantitatif ataukah kualitatif Informasi disampaikan melalui saluran formal ataukah informal. .Tiga Jenis informasi akuntansi 1. 3.

 Alat pengendalian organisasi sektor publik berupa peraturan birokrasi. Organisasi sektor publik tidak mengejar laba serta adanya pengaruh politik yang besar .AKUNTANSI SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN ORGANISASI  Alat pengendalian pada organisasi bisnis lebih bertumpu pada mekanisme negoisasi. Pengendalian manajemen level bawah lebih bersifat tegas dan memaksa. level atas lebih bersifat normatif.

Fungsi Utama informasi akuntansi  Informasi akuntansi merupakan alat pengendalian vital bagi organisasi karena akuntansi memberikan informasi yang bersifat kuantitatif. informasi akuntansi memungkinkan bagi organisasi untuk mengintegrasikan aktivitas organisasi .  Lebih lanjut.

.Informasi akuntansi sebagai alat pengendalian  Dalam memahami akuntansi sebagai alat pengendalian perlu dibedakan penggunaan informasi akuntansi sebagai alat pengendalian keuangan (financial control) dengan akuntansi sebagai alat pengendalian organisasi (organizational control).

Pelaporan. Perencvanaan operasional 3. dan umpan balik (menurut Jones dan Pendlebury <1996> ) 1. analisis.PROSES PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN MANAJERIAL ORGANISASI SEKTOR PUBLIK  Lima tahap perencanaan dan pengendalian manajerial : Perencanaan tujuan dan sasaran dasar 2. . Pengendalian dan pengukuran 5. Penganggaran 4.

5.PERAN AKUNTANSI MANAJEMEN SEKTOR PUBLIK 1. Perencanaan strategik Pemberian informasi biaya Penilaian investasi Penganggaran Penentuan biaya pelayanan dan penentuan tarif pelayanan. . 6. 4. 3. Penilaian kinerja. 2.

. kualitas produk dan pelayanan. ‡ Akuntansi manajemen dihadapkan pada permasalahan efisiensi biaya.Perencanaan Strategik ‡ Akuntansi manajemen memberikan informasi untuk menentukan biaya program dan biaya aktifitas.

‡ Biaya Output Biaya yang dikeluarkan untuk mengantarkan produk hingga sampai ke tangan pelanggan. ‡ Biaya Proses Biaya diukur dg mempertimbangkan fungsi organisasi.Pemberian Informasi biaya ‡ Biaya Input. . sumber daya yg di korbankan utnuk memberikan pelayanan.

Cost Finding Cost Recording Cost Analyzing Strategic cost management Cost Reporting . 4. 5.Proses penentuan biaya 1. 2. 3.

 Akuntansi manajemen berperan untuk memfasilitasi terciptanya anggaran publik yang efektif. .Penilaian investasi dan penganggaran  Akuntansi manajemen dibutuhkan untuk menilai kelayakan investasi secara ekonomi dan finansial.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful