Historiografi Kolonial Pada Masa Hindia

pengetahuan tentang bahasa Belanda dan sumber-sumber Belanda mutlak diperlukan. masalah politik atau pemerintahan gubernur jenderal dan para pembantunya serta kehidupan orang-orang kulit putih di Indonesia. bukan Asia. penelitian mengenai aspek mana pun dari sejarah Indonesia mustahil dilakukan. dan bukan orang Indonesia. yang muncul selama lima puluh tahun terakhir. sebagian besar sumber-sumber Belanda mungkin tampak tidak penting kaitannya dengan sejarah Indonesia. . Namun dilihat sepintas lalu. Hampir semua dokumen resmi dan sebagian besar memoar pribadi serta gambaran mengenai negeri ini. Penulisan sejarah kolonial berisi kupasan mengenai aktivitas-aktivitas VOC atau orang-orang belanda dalam masalah ekonomi(perdagangan).Historiografi kolonial adalah penulisan sejarah yang berkaitan dengan naskah penjajahan Belanda di Indonesia. Laporan itu ditulis dengan sudut pandang Eropa. Seorang sejarawan Indonesia berhak bertanya: apa peduliku pada berita-berita yang dicatat oleh suatu bangsa lain selain bangsa Indonesia? Laporan-laporan resmi Belanda pasti melukiskan kehidupan serta tindakan orang Belanda. tertulis dalam bahasa tersebut. Tanpa itu. Bagi para sejarawan Indonesia.

kecuali dokumen-dokumen kompeni Hindia Timur.Sumber-sumber non-pemerintah memiliki keadaan yang sama. Bagian terbesar diantaranya adalah organisasi orang Belanda. partai politik. bank. karena kompeni adalah satu-satunya organisasi Belanda yang aktif di wilayah itu. hanya sedikit bahan yang selamat. dan laporan-laporan mereka harus dianggap sebagai bahanbahan sumber Belanda asli untuk sejarah Indonesia. dan sebagainya. perusahaan asuransi. . serikat buruh. kantor impor dan ekspor.Sejak abad ke-17 dan ke-18. Semuanya memunyai hubungan erat dengan hal ihwal Indonesia. Tetapi pada abad ke-19 dan abad ke-20 muncul semua jenis badan hukum nonpemerintah: perusahaan dagang. sekolah. maskapai pelayaran. perkumpulan missionaris. atau setidaknya yang menggunakan bahasa Belanda. perusahaan tambang.

1830.1849 4 Dekrit Gubernur Jenderal Hindia Belanda (Dekrit Hindia Timur).Berikut ini adalah daftar dari berbagai Koleksi Dekrit Hindia Timur sebagaimana yang terbagibagi di dalam arsip negara: 1 Dekrit Gubernur Jenderal Hindia Belanda Bersama Dewan.1932 5 Dekrit Rahasia Gubernur Jenderal Hindia Belanda. 1819. 1814.1836 2 Dekrit Rahasia Gubernur Jenderal Hindia Belanda Bersama Dewan.1834 3 Dekrit Gubernur Jenderal Hindia Belanda. 1819. Bertindak Sendiri. Bertindak Sendiri 1819.1836 .

CORNELIS de BRUJIN. . NICOLAUS de GRAFF. RIJKLOFS van Goens dan VALENTJIN.y Contoh karya sastra kolonial yang ditulis tahun 1600 adalah Reizen (kisah perjalanan) yang ditulis oleh.

sedangkan peristiwa-peristiwa sekitar bangsa Indonesia sendiri menjadi sekunder. ciri dari historiografi kolonial masa Hindia Belanda adalah memiliki sifat Europa-Centrisme atau yang lebih fokusnya adalah Neerlando-Centrsime. baik dalam pelayarannya maupun permukimannya di benua lain.Selain itu. Boleh dikatakan bahwa sifat ini memusatkan perhatiannya kepada sejarah bangsa Belanda dalam perantauannya. Jadi yang primer ialah riwayat perantauan atau kolonisasi bangsa Belanda. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful