PSAK 50 & PSAK 55

Presented by : kelompok 3 Zahratul Hasanah Revi Novesarani Jessica Eka Putri

Latar Belakang Revisi PSAK 50 - 55
Perkembangan standar Internasional IFRS 30 dan 39 Investor melakukan investasi secara global. Perusahaan multinasional dan merger perusahaan antar negara. Analis dilakukan atas semua perusahaan di dunia Perbedaan akuntansi dapat menyulitkan perbandingan

Prinsip-prinsip ini melengkapi prinsip pengakuan dan pengukuran dalam PSAK 55 Ruang Lingkup: Diterapkan oleh semua entitas untuk semua jenis instrumen keuangan kecuali : perusahaan asosiasi. imbalan kerja. instrumen keuangan dalam PSAK 36.Tujuan dan Ruang Lingkup PSAK 50 Tujuan: y y Menetapkan prinsip penyajian instrumen keuangan sebagai liabilitas atau ekuitas dan untuk saling hapus aset keuangan dengan liabilitas keuangan. kontrak asuransi. . kompensasi berbasis saham. kontijensi dalam penggabungan usaha.

Definisi y y y Instrumen keuangan Instrumen ekuitas Nilai wajar Definisi Aset Keuangan y Aset keuangan adalah setiap aset yang berbentuk : Kas Instrumen ekuitas entitas lain Hak kontraktual Untuk menerima kas atau aset keuangan lainnya dari entitas lain Untuk mempertukarkan aset keuangan atau kewajiban keuangan dengan entitas lain dengan kondisi yang berpotensi menguntungkan entitas tersebut Kontrak yang memungkinkan diselesaikan dg menggunakan instrumen ekuitas yang diterbitkan oleh entitas dan merupakan: Nonderivative Derivative .

Definisi Kewajiban Keuangan Kewajiban kontraktual: Untuk menyerahkan kas atau aset keuangan lain kepada entitas lain Untuk mempertukarkan aset keuangan atau kewajiban keuangan dengan entitas lain dengan kondisi yang berpotensi tidak menguntungkan entitas tersebut Kontrak yang akan memungkinkan diselesaikan dengan menggunakan instrumen ekuitas yang diterbitkan entitas lain dan merupakan suatu nonderivative atau derivative .

Penyajian y Penerbit instrumen keuangan pada saat pengakuan awal harus mengklasifikasikan instrumen tersebut atau komponenkomponennya sebagai kewajiban keuangan. . instrumen ekuitas sesuai dengan substansi perjanjian kontraktual dan definisi kewajiban keuangan aset keuangan dan instrumen ekuitas. aset keuangan.

maka instrumen tersebut merupakan aset keuangan atau kewajiban keuangan kecuali jika seluruh alternatif penyelesaian yang ada menjadikannya sebagai instrumen ekuitas.Pilihan Penyelesaian y Ketika instrumen keuangan derivative memberi kepada satu pihak pilihan cara penyelesaian (misalnya penerbit atau pemegang instrumen dapat memilih penyelesaian secara neto dengan kas atau dengan mempertukarkan saham dengan kas). .

Instrumen keuangan majemuk (Compound Financial Instruments) y Diakui secara terpisah komponen-komponen instrumen keuangan: Menimbulkan kewajiban bagi entitas Memberikan opsi bagi pemegang instrmen untuk mengkonversi instrumen tersebut menjadi instrumen entitas dari entitas yang bersangkutan. .

y Keuntungan dan kerugian yang timbul tidak dapat diakui dalam laporan laba rugi. instrumen tersebut harus dikurangkan dari ekuitas. y Jumlah yang dibayarkan atau diterima diakui secara langsung dalam ekuitas.Treasury Stock Jika entitas memperoleh kembali instrumen keuangan. y .

keuntungan. setelah dikurangi manfaat pajak y . Bunga. y Distribusi kepada pemegang instrumen ekuitas didebit oleh entitas secara langsung pada ekuitas setelah dikurangi manfaat pajak penghasilan yang terkait. dividen. y Biaya transaksi yang timbul dari transaksi ekuitas selain biaya penerbitan instrumen ekuitas yang secara langsung dapat diatribusikan pada perolehan badan usaha dicatat sebagai pengurang ekuitas. dividen. kerugian yang berkaitan dengan instrumen keuangan atau komponen yang merupakan kewajiban keuangan diakui sebagai pendapatan atau beban dalam laporan laba rugi.Bunga. keuntungan. keuntungan. dividen. kerugian Bunga.

 Berniat untuk menyelesaikan secara neto untuk merealisasikan aset dan menyelesaikan kewajiban secara simultan .Saling Hapus y Asset keuangan dan kewajiban keuangan saling hapus jika dan hanya jika:  Saat ini memiliki hak yang berkekuatan hukum untuk melakukan saling hapus atas jumlah yang telah diakui tersebut.

tempat dan kelompok instrumen keuangan Kebijakan manajemen risiko dan aktivitas lindung nilai Persyaratan. kredit. kondisi dan kebijakan akuntansi Pengungkapan lainnya  Penghentian pengakuan  Agunan  Instrumen keuangan majemuk  Reklasifikasi  Penurunan nilai  Wanprestasi . Format. bunga atas arus kas. likuiditas.Pengungkapan y y y y y Informasi mengenai risiko pasar.

Ketentuan Transisi Entitas harus menyajikan dampak penyesuaian perlakuan akuntansi instrumen keuangan yang ada pada akhir periode laporan keuangan sebelum tanggal efektif dengan ketentuan yang ada dalam PSAK No. 55 (Revisi). . kecuali jika entitas tersebut juga menerapkan PSAK No. y Entitas harus mengungkapkan dampak penyesuaian perlakuan akuntansi instrumen keuangan yang ada pada akhir periode laporan keuangan sebelum tanggal efektif dengan ketentuan yang ada dalam PSAK No. maka fakta ini harus diungkapkan. 55 (Revisi ) dalam laporan laba rugi atau ekuitas periode berjalan. y Tanggal Efektif y Entitas menerapkan Pernyataan ini secara prospektif untuk laporan yang mencakup periode yang dimulai pada atau setelah tanggal 1 Januari 2009. Penerapan lebih dini dianjurkan. 55 (Revisi). Jika entitas menerapkan Pernyataan ini pada periode sebelum tanggal 1 Januari 2009. Entitas tidak diperkenankan menerapkan Pernyataan ini untuk periode tahunan yang dimulai sebelum tanggal 1 Januari 2009.

 Diaplikasikan . Nilai debt ditentukan terlebih dahulu.Revisi PSAK 50 untuk semua jenis financial instrument  Memberikan definisi detail financial instrument (asset. liabilities dan equity)  Disclosure yang lebih banyak untuk financial instrument dan risk  Equity instrument didefinisikan sebagai kontrak yang memberikan pemilik hak residual atas asset setelah dikurangi dengan semua liabilities  Alokasi atas nilai buku debt dan equity dari financial instrument.

.  Financial asset dan liablities diakui pada saat entitas menjadi pihak yang terlibat dalam kontrak instrument tersebut.Revisi PSAK 50  Akuisisi atas treasury stock dicatat sebagai perubahan ekuitas tanpa pengakuan gain/loss  Definisi financial asset dan liabilities terkaitkan dengan kontrak yang diselesaikan oleh pemilik equity instrument.

dll Tidak memerlukan investasi awal neto atau memerlukan investasi awal dalam jumlah yang lebih kecil dibandingkan jumlah yang diperlukan untuk kontrak serupa Diselesaikan pada tanggal tertentu di masa mendatang . bunga. harga saham. kurs.Derivatif y Derivatif adalah suatu instrumen keuangan atau kontrak lain dengan karakteristik: Nilainya berubah akibat perubahan variabel yang telah ditentukan (underlying) ex.

Pengukuran Biaya yang di amortisasi (amortized cost) y Nilai wajar (fair value) y Biaya (penggunaan terbatas hanya jika nilai wajar tidak dapat ditentukan y Suku bunga efektif y .

. Instrumen terpisah yang memiliki persyaratan yang sama dengan derivatif melekat memenuhi definisi sebagai derivatif Instrumen campuran tidak diukur pada nilai wajar melalui laporan laba rugi. y DM dipisahkan dari kontrak utamanya jika dan hanya jika: y Karakteristik ekonomi dan risiko dari derivatif melekat tidak berkaitan dengan erat dengan karakteristik ekonomi dan risiko dari kontrak utamanya.Derivatif Melekat Derivatif melekat merupakan komponen dari instrumen campuran atau gabungan di mana didalamnya termasuk pula kontrak utama nonderivatif.

.Derivatif Melekat y DM diukur dengan nilai wajar melalui laporan laba rugi kecuali: Derivatif melekat tersebut tidak memodifikasi secara signifikan arus kas yang dipersyaratkan oleh kontrak Terlihat jelas bahwa pemisahan tidak diperkenankan y Jika entitas tidak dapat mengukur derivatif melekatnya maka keseluruhan kontra diberlakukan sebagai aset dan kewajiban keuangan dan diukur dengan nilai wajar.

komitmen pasti. kewajiban. investasi neto di luar negeri y Efektivitas Lindung Nilai Sejauh mana perubahan nilai wajar atau arus kas dari item yang dilindung nilai yang diatribusikan pada risiko yang akan dilindung nilai dapat saling hapus dengan perubahan nilai wajar atau arus kas dari instrumen lindung nilai . prakiraan transaksi.Instrument Lindung Nilai Derivatif yang telah ditetapkan untuk tujuan lindung nilai atau y Aset keuangan atau kewajiban nonderivatif yang telah ditetapkan untuk tujuan lindung nilai yang nilai wajar atau kasnya diperkirakan dapat saling hapus dengan perubahan nilai wajar atau arus kas dari item yang dilindungi nilai y Item yang dilindungi : aset.

Lindung Nilai Lindung nilai atas nilai wajar suatu lindung nilai terhadap ekposur perubahan nilai wajar atas aset atau kewajiban yang telah diakui atau komitmen pasti yang belum diakui atau bagian yang telah diidentifikasi dari aset. y . y Lindung nilai investasi neto pada operasi luar negeri. kewajiban atau komitmen pasti tersebut yang dapat diatribusikan pada risiko tertentu dan dapat mempengaruhi laporan laba rugi. y Lindung nilai atas arus kas suatu lindung nilai terhadap variabilitas arus kas yang (i) dapat diatribusikan pada risiko tertentu yang terkait dengan aset atau kewajiban yang telah diakui (misal seluruh atau sebagian bunga di masa depan atas suku bunga variabel) atau yang dapat diatribusikan pada risiko terkait dengan prakiraan transaksi yang kemungkinan besar terjadi dan (ii) dapat mempengaruhi laporan laba rugi.

Lindung Nilai ² Nilai Wajar Keuntungan dan kerugian berasal dari pengukuran kembali instrumen lindung nilai diakui pada laporan laba rugi y Keuntungan dan kerugian atas item yang dilindung nilai yang dapat diatribusikan pada risiko yang dilindung nilai dengan menyesuaikan nilai tercatat item yang dilindung nilai dan diakui pada laporan laba rugi. y .

y .Lindung Nilai ² Arus Kas Bagian keuntungan atau kerugian atas instrumen lindung nilai yang ditetapkan sebagai lindung nilai yang efektif diakui secara langsung dalam ekuitas melalui laporan perubahan ekuitas y Bagian yang tidak efektif atas keuntungan dan kerugian dari instrumen lindung nilai diakui dalam laporan laba rugi.

Lindung Nilai ² Investasi Neto Bagian keuntungan atau kerugian atas instrumen lindung nilai yang ditetapkan sebagai lindung nilai yang efektif diakui langsung dalam ekuitas y Bagian yang tidak efektif diakui pada laporan laba rugi y .

Penurunan Nilai y Aset keuangan atau kelompok aset keuangan mengalami penurunan nilai apabila: Nilai tercatat/biaya perolehan diamortisasi > nilai yang dapat diperoleh kembali. Bila tidak terdapat bukti objektif penurunan nilai maka harus dilakukan estimasi nilai yang akan diperoleh kembali dan mengakui kerugian penurunan nilai y Penurunan nilai diakui berdasarkan incurred loss model bukan berdasarkan expected loss model y . Evaluasi atas apakah terdapat bukti obyektif penurunan nilai harus dilakukan setiap tanggal neraca.

 Pengakuan gain/loss dalam penarikan atas financial liabilities ketika utang baru memiliki perbedaan jangka waktu dibandingkan dengan utang lama.Revisi PSAK 55  Financial instrument diukur pada saat perolehan sebesar fair value ditambah biaya transaksi kecuali untuk instrument disignated at fair value.  Restrukturisasi utang dipertanggungjawabkan sebagai modifikasi secara substansi atas term dari financial liablities sehingga menghasilkan laba dan financial liabilities yang baru. .  Derecogntion atas financial asset didasarkan atas kombinasi dari risk & reward dan pendekatan pengendalian. Evaluasi atas Risk and Reward mendahului evaluasi atas transfer pengendalian.

 Beberapa perbedaan dalam praktik identifikasi atas embedded derivaties  Harga pasar untuk asset yang dipegang dan liabilities yang diterbitkan adalah nilai sekarang. held to maturity. sedangkan untuk asset yang diperoleh dan liabilities yang dipegang adalah harga penawaran. pinjaman dan piutang dan available for sale financial asset.  2 kategori dari financial asset : faif value to profit and loss dan other financial liabilities.  Pengukuran financial asset dengan FV pada skop yang lebih luas.Revisi PSAK 55 4 kategori dari financial asset: fair value to profit and loss. (asking price) .

HTM investment dan AFS debt instrument jika kriteria memenuhi.Revisi PSAK 55  Pengukuran financial instrument sebesar amortized cost di mana premium dan diskon dimortisasi dengan effective interest rate.  Dibutuhkan bukti obyektif atas impairment dari financial asset dan peninjauan setiap tanggal neraca  Peninjauan atas asset secara individu dan kolektif dilakukan untuk impairment.  Reklasifikasi ke dan dari FVPL dilarang kecuali derivatives designated dalam rangka hedging.  Tainting atas HTM dibatasi 2 tahun dan restriksi dari transfer. .  Reversal atas impairment loss atas loans dan receivable.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful