OLIGOHIDRAMNION

KELOMPOK 16 1. AGUSTIN RAHMAWATI 2. FIRDA AZIZAH

(Rustam Mochtar) ‡ Suatu keadaan abnormal di mana volume cairan amnion kurang dari normal. Ruth Bennett) .Definisi ‡ Suatu keadaan dimana air ketuban kurang dari normal. tetapi dalam kasus oligohidramnion volume air ketuban kurang dari normal. yaitu kurang dari500 cc atau setengah liter. Brown dan V. (Linda K. Volume ketuban seharusnya mencapai 300-500 ml.

.

Penyebab primer mungkin oleh karena amnion kurang baik tumbuhnya. Sedangkan penyebab sekunder terjadi pada kasus ketuban pecah dini. .Penyebab Penyebab terjadinya oligohidramnion hingga kini belum diketahui dengan pasti.

Gejala Oligohidramnion ‡ Perut ibu kelihatan kurang membuncit dibandingkan dengan usia kehamilannya ‡ Ibu merasa nyeri di perut pada tiap pergerakan anak ‡ Persalinan lebih lama dari biasanya ‡ Sewaktu his akan terasa sakit sekali ‡ Bila ketuban pecah. air ketuban sedikit sekali bahkan tidak ada yang keluar .

cacat bawaan karena tekanan atau kulit jadi tenal dan kering (lethery appereance). ‡ Syndrome potter . ‡ Bila terjadi pada kehamilan yang lebih lanjut akan terjadi cacat bawaan seperti club-foot.Pengaruh Oligohidramnion Pada Kehamilan ‡ Bila terjadi pada permulaan kehamilan janin akan menderita cacat bawaan dan pertumbuhan janin dapat terganggu bahkan bisa terjadi partus prematurus yaitu picak seperti kertas kusut karena janin mengalami tekanan dinding rahim.

Perbaikan nutrisi.Penatalaksanaan Kehamilan dengan Oligohidramnion Tirah baring Hidrasi. Pemantauan kesejahteraan Pemeriksaan USG yang umum dari volume cairan amnion ‡ Amnion infusion ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful