Antibiotik termasuk jenis obat yang cukup sering diresepkan dalam pengobatan modern. .Antibiotik adalah zat yang membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri.

yaitu obat yang dapat membidik/menghancurkan mikroba tanpa menimbulkan keracunan . Tujuan dari penelitian tersebut yaitu untuk menemukan apa yang disebut "peluru ajaib".Pencarian antibiotik telah dimulai sejak penghujung abad ke 18 seiring dengan meningkatnya pemahaman teori kuman penyakit. Saat itu para ilmuwan mulai mencari obat yang dapat membunuh bakteri penyebab sakit. suatu teori yang berhubungan dengan bakteri dan mikroba yang menyebabkan penyakit.

Pada permulaan tahun 1920. ilmuwan Inggris Alexander Fleming melaporkan bahwa suatu produk dalam airmata manusia dapat melisiskan (menghancurkan) sel bakteri. Fleming memperhatikan satu set cawan petri lama yang ia tinggalkan. Zat ini disebut lysozyme. yang merupakan contoh pertama antibakteri yang ditemukan pada manusia. Sekembali liburan akhir pekan. . Ia menemukan bahwa koloni Staphylococcus aureus yang ia goreskan pada cawan petri tersebut telah lisis. Namun pada tahun 1928 Fleming secara kebetulan menemukan antibakteri lain.

sehingga Penisilium dilupakan dalam komunitas ilmiah sampai penemuan kembali oleh Fleming. yang menemukan sifat-sifat penisilium pada tahun 1896. Semula Ernest Duchesne. namun pada kenyataannya secara tehnik Fleming "menemukan kembali" zat tersebut.Lisis sel bakteri terjadi pada daerah yang berdekatan dengan cendawan pencemar yang tumbuh pada cawan petri. namun gagal dalam melaporkan hubungan antara cendawan dan zat yang memiliki sifat-sifat antibakteri. Ia menghipotesa bahwa suatu produk dari cendawan tersebut menyebabkan lisis sel stafilokokus. Produk tersebut kemudian dinamai penisilin karena cendawan pencemar tersebut dikenali sebagai Penicillium notatum. . Walaupun secara umum Fleming menerima pujian karena menemukan penisilin. seorang mahasiswa kedokteran Perancis.

Contohnya golongan ketolida. penisilin. Beberapa contoh antibiotik dari golongan ini adalah amikasin. Contohnya ramoplanin. netilmisin. Polipetida.Jenis Antibiotik Ada banyak cara untuk menggolongkan antibiotik. salah satunya berdasarkan struktur kimianya. Aminoglikosida. Contohnya adalah trimetoprim dan kotrimoksazol. Glikopeptida. dan teikoplanin. Berdasarkan struktur kimianya. golongan makrolida. streptomisin. neomisin.     . vankomisin. Meliputi golongan karbapenem. paromomisin. golongan beta-laktam monosiklik. golongan sefalosporin. golongan tetrasiklin. sisomisin. Sulfonamida. antibiotik dikelompokkan sebagai berikut:  Beta-laktam.

Contohnya adalah golongan penicillin dan golongan polipeptida. terutama golongan tetrasiklin dan golongan aminoglikosida. Banyak sekali antibiotik jenis ini. * Antibiotik yang mentranskripsi dan mereplikasi susunan genetika (DNA dan RNA) mikroba. Contohnya adalah golongan polimiksin. * Antibiotik yang mengganggu proses sintesa folat sel mikroba. Contohnya adalah golongan sulfonamida.Jenis-Jenis Antibiotik Berdasarkan Cara Kerja * Antibitotik yang mensintesis dinding sel mikroba. Contohnya golongan kinolon atau quinolone. Contohnya adalah golongan azzerine . * Antibiotik yang bekerja dengan cara menganggu sintesa protein mikroba. * Antibiotik yang berfungsi menganggu metabolisme atau sebagai zat antimetabolit. * Antibiotik yang mengganggu membran sel mikroba.

.

kalaupun ada pengaruhnya hanya bakteriostatik (menghambat perkembangan). Terhadap mikroba yang sensitif.Penisilin Penisilin adalah salah satu dari macam ² macam antibiotik dalam hal kesehatan Penisilin merupakan kelompok antibiotika Beta Laktam yang telah lama dikenal. Mikroba dalam keadaan metabolik tidak aktif (tidak membelah) praktis tidak dipengaruhi oleh Penisilin. Penisilin akan menghasilkan efek bakterisid (membunuh kuman) pada mikroba yang sedang aktif membelah. . Penisilin menghambat pembentukan Mukopeptida yang diperlukan untuk sintesis dinding sel mikroba.

kemudian menjadi resisten.Resistensi Antibiotik Salah satu perhatian terdepan dalam pengobatan modern adalah terjadinya resistensi antibiotik. Resistensi ini menghasilkan perubahan bentuk pada gen bakteri yang disebabkan oleh dua proses genetik dalam bakteri: . Bakteri dapat mengembangkan resistensi terhadap antibiotik. misalnya bakteri yang awalnya sensitif terhadap antibiotik.

2. Mutasi dan seleksi (atau evolusi vertikal) Evolusi vertikal didorong oleh prinsip seleksi alam. coli atau Shigella sp.1. sedangkan antibiotika yang termutasi (mutan) menjadi resisten yang kemudian tumbuh dan berkembang biak. Mutasi spontan pada kromosom bakteri memberikan resistensi terhadap satu populasi bakteri. tetapi kemudian gen ini lepas dan masuk ke dalam E. Pada lingkungan tertentu antibiotika yang tidak termutasi (non-mutan) mati. . Contohnya. Perubahan gen antar strain dan spesies (atau evolusi horisontal) Evolusi horisontal yaitu pengambil-alihan gen resistensi dari organisme lain. streptomises mempunyai gen resistensi terhadap streptomisin (antibiotik yang dihasilkannya sendiri).

.

Mekanisme kerja antibiotik .

Meskipun antibiotik tidak efektif melawan virus. diare ringan. dan mual. . banyak pasien berharap mendapatkan resep mengandung antibiotik ketika mengunjungi dokter.Efek samping yang umum terjadi adalah sakit kepala ringan.

The end .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful