BAHAN ISOLASI CAIR

Bahan isolasi cair digunakan sebagai bahan pengisi pada beberapa peralatan listrik .mosalnya : transmator . Dalam hal ini bahan isolasi cair berfunsi sebagai pengisolasi dan sekaligus sebagai pendingin . pemutus beban . rhcostat . . Karena itu persyaratan untuk bahan cair yang dapat digunakan untuk isolasi antara lain : mempunyai tegangan tembus dan daya hantar panas yang tinggi.

Sedangkan kandungan air di dalam minyak transformator dapat dihilangkan dengan memakai bahan higroskopis yaitu Silikage.Minyak transformator Minyak transformator adalah minyak mineral yang diperoleh dengan minyak mentah. Minyak transformator dapat pula yang dapat dibuat dari bahan organik . . Dalam pemakaiannya .Minyak transformator sebagai pendingin perlu diperhatikan kekentalanya tidak terlalu tinggi dan titik nyala cukup tinggi. Keasaman minyak ini dapat dinetralisir dengan menggunakan potas hidroksida (KOH). Ketahanan listrik minyak transformator dapat menurun karena pengaruh asam dan dapat pula karena kandungan air.Maka kekentalan tidak boleh terlalu tinggi agar mudah bersikulasi di dalam tangki sehingga dapat mendinginkan transformator dengan lebih baik .Agar minyak transformator berfungsi sebagai pendingin yang baik . misalnya : minyak piranol .Slikon . karena pengaruh panas tinggi dari rugi-rugi di dalam transformator akan timbul hidrokarbon .

Campuran tersebut konsentrasinya di buat 0.Minyak transformator yang sudah diberi senyawa paraoksi dipenilamin akan berwarna kemerah-merahan .kayu .Ada cara usaha lain untuk memperpanjang umur minyak transformator adalah dengan mencampurkan senyawa tertentu antara lain : paraoksi diphenilamin . Dengan adanya pengotoran maka tegangan tembus minyak akan menurun umur pemakaian miyak.tekstil).1% dan selanjutnya didinginkan . Senyawa tsb dimasukkan ke dalam minyak transformator yang telah dipanasi 80% hingga 85%C .Proses pemurnian minyak transformator Minyak transformator dapat dikotori oleh uap air .fiber (misalnya:kertas .damar dsb. .

 . Air yang terkandung di dalam minyak transformator diserap dengan kertas higroskopis. Sehingga air yang terkandung di dalam minyak akanmenguap.‡ Pemanasan Pada cara ini minyak transformator dipanasi hingga titik didih air pada perangkat khusus yang disebut Penggodok (Oil Boiler ). Penyaringan Pada metode ini digunakan kertas khusus untuk menyaring minyak yang tercemar .Untuk mempercepat waktu penyaringan . Dengan cara ini baik air maupun partikel-partikel pencemar lainnya akan tersaring sekaligus. digunakan tekanan.

maka substansi yang lebuh berat akan berada di bagian pinggir bejana dan minyaknya sendiri yang relative lebih ringan akan berada di tengah benjana . maka minyak di panaskan 45 hingga 55 derajat di dalam suatu tabung dan kemudian di putar atau dipusingkan dengan cepat. . Karena gaya sentrifugal . Pemusiman Untuk mempercepat proses pemisahan .Bagian utama dari pemutar (sentrifuge)adalah sebuah slinder yang memilik lempengan ± lempengan (hingga 50 buah jumlahnya).

Absorben adalah substansi yang siap menyerap produk yang diakibatkan oleh pemakaian dan kelembaban pada minyak transformator. . Pencemaran akan lebih dapat dihilangkan dengan pemurnian khusus yaitu regenerasi. Regenerasi dengan H2SO4 .Selanjutnya jika terjadi kelebihan asam dapat dinetralisir dengan kalium hidroksida. tidak dapat benar-benar dikeluarkan dengan cara-cara seperti telah di jelaskan diatas. ditambah dengan absorben dan kemudian disaring. Regenerasi Pencemaran minyak transformator seperti dijelaskan sebelumnya .Cara ini menggunakan absorben regenesi minyak minyak transformator.

Bahan ±bahan ini diantaranya adalah : Sovol . tidak berwarna . Bahan ±Bahan isolasi cair lain Isolasi caur sintesis yang banyak digunakan adalah cairan yang berisi Chloor (hidrokarbon seperti difenil C10 h12) dimana 3 sampai 5 atom hidrogen diganti dengan atom Chloor.askarel. Sovol adalah cairan yang agak kental . . Pyralen. Shibanol. Araclor.5 g/cm 3.Massa jenisnya jauh lebih besar dari minyak transformator yaitu 1.

TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful