ASPEK YURIDIS

Tujuan mahasiswa mempelajari aspek yuridis yaitu 1. mahasiswa dapat mengetahui kelayakan suatu bisnis ditinjau dari aspek yuridis. 2. Mengetahui dokumen-dokumen yang diteliti. 3. Mengetahui langkah-langkah yang digunakan untuk mengetahui keabsahan, kesempurnaan dan keaslian dokumen yang dimiliki. 4. Dampak yang ditimbulkan akibat tidak dipenuhinya syarat-syarat kelayakan bisnis dari aspek yuridis.

y Bagaimana kelayakan suatu bisnis ditinjau dari aspek yuridis? y Apa tujuan studi kelayakan berkaitan dengan aspek yuridis? y Dokumen-dokumen apa saja yang harus dipersiapkan untuk mendirikan suatu usaha? y Bagaimana cara menilai keabsahan. keaslian dokumen-dokumen yang dimiliki? y Apa dampak /resiko yang ditimbulkan jika bisnis yang akan didirikan tidak memenuhi kelayakan dari sisi aspek yuridis? Berikan contohnya! .

kesempurnaan. perijinan yang dimiliki oleh perusahaan terkait dengan rencana bisnis yang akan dilaksanakan adalah absah.Definisi y Aspek yuridis digunakan Tujuan y Untuk memastikan bahwa untuk menilai kelayakan bisnis ditinjau dari sisi keabsahan. asli dan lengkap. dan keaslian dokumendokumen yang dimiliki. dokumen-dokumen. .

Dokumen-Dokumen yang Diteliti 1. Bentuk Badan Usaha Perusahaan Perseorangan Firma Perusahaan Komanditer Perseroan Terbatas Perusahaan Negara Perusahaan Daerah Yayasan Koperasi .

izin domisili. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) 5.DOKUMEN-DOKUMEN YANG HARUS DIPERSIAPKAN UNTUK MENDIRIKAN USAHA 2. Keabsahan Dokumen lainnya. Identitas pelaksana bisnis 3. Tanda Daftar Perusahaan 4. . IMB) 6. Izin-izin perusahaan (Surat izin usaha.

y Penelitian untuk mengetahui keabsahan. Seperti: Surat izin usaha perdagangan (SIUP) dikeluarkan oleh Departemen Perindustrian dan Perdagangan. majalah atau perpustakaan yang memuat informasi yang relevan. . o Mencari informasi-informasi dan laporan-laporan. koran. kesempurnaan dan keaslian dokumen dilakukan dengan dua cara : o Mendatangi sumber informasi yang berhak mengeluarkan surat ± surat atau dokumen-dokumen.

Didirikan atas dasar kepercayaan. PT Biasa WNI perorangan atau Badan Hukum Mencari keuntungan Berasal dari para pemegang saham .Badan Usaha Jenis Badan Usaha Perusahaan Perseorangan Pendiri Perorangan Tujuan Mencari keuntungan Modal Berasal dari pemilik. Mencari keuntungan Perusahaan komanditer Mencari keuntungan dan memberikan peluang kepada perseorangan untuk investasi dengan tanggungjawab terbatas Berasal dari pemilik atau anggota sekutu PT Berdasarkan Kepemilikan : 1. Untuk mendirikan usaha ini tidak modal memerlukan modal besar Berasal pemilik Firma 2 orang atau lebih yang menjalankan usaha atas nama perusahaan 2 orang atau lebih .

Tergantung pada pendiri Para pemegang saham. PT Terbuka (saham ditawarkan secara umum ke publik ) Perseorangan/Badan Hukum/Pemerintah WNI atau WNA. Tergantung pada pendiri Para pemegang saham Dalam prakteknya modal PT terdiri dari modal dasar. PT terbuka WNI dan WNA perseorangan atau Badan Hukum Pemerintah melalui BUMN Mencari keuntungan Para pemegang saham. PT Persero Mencari keuntungan dan mendorong pembangunan ekonomi Para pemegang saham (pemerintah/ BUMN). 3.Badan Usaha 2. paid up capital . modal ditempatkan. Berdasarkan status : 1. Perseorangan/Badan Hukum/Pemerintah WNI atau WNA. PT Tertutup ( saham tidak ditawarkan secara umum ke publik hanya pada kalangan terbatas) 2.

3. Perjan Perum Persero 3. Mencari keuntungan dan melayani kepentingan umum. Melayani kepentingan umum. Berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan dan tidak pisahkan. Pemerintah 1. Melayani kepentingan umum dan mencari keuntungan. .Badan Hukum Perusahaan Negara berdasarkan bentuknya terbagi 3 yaitu : 1. 2. 2. Perusahaan Daerah Pemerintah daerah Melaksanakan pembangunan daerah Modal seluruhnya atau sebagian besar berasal dari pemerintah daerah kecuali dengan ketentuan lain atau berdasarkan UU.

hibah) Modal pinjaman (anggota. Modal sendiri (simpanan pokok. 2. simpanan wajib. hibah. Koperasi Mensejahterakan anggotanya 1.Badan Hukum Yayasan Perseorangan/Bada n Bukum/Pemerintah WNI atau WNA Perseorangan/Badan Hukum/pemerintah WNI Tujuan sosial Sumbangan. bank atau lembaga keuangan lain melalui penerbitan obligasi) . wakaf.

Tanda Daftar Perusahaan y Setiap perusahaan yang SIM. y Keterlibatan pidana atau perdata. y Hubungan keluarga akan beroperasi di Indonesia harus membuat TDP.Identitas Pelaksana Bisnis y Kewarganegaraan. y Informasi bank. KTP. TDP biasanya dikeluarkan oleh Departemen teknis yang pengurusannya bersamaan dengan pengurusan akta pendirian usaha. Paspor. .

pertambangan. dst). kesehatan. y Izin usaha biasanya dikeluarkan oleh departemen teknis sesuai dengan bidang usahanya. IMB dan izin tenaga kerja asing jika ada. surat izin domisili. dimiliki antara lain : surat izin usaha sesuai dengan bidang usaha (perdagangan. perhotelan. industri. Pengurusan NPWP dilakukan bersamaan dengan pengajuan akta notaris ke Departemen Kehakiman.NPWP y Untuk mengetahui keabsahan Izin-izin Perusahaan y Surat-surat izin yang harus NPWP dilakukan pada departemen teknis yang mengeluarkan. .

status hukum tanah Keabsahan sertifikat tanah dikeluarkan oleh BPN. hak sewa) Harga tanah sekarang dan diprediksi di masa yad. Surat-surat atau sertifikat lainnya yang dianggap perlu. HGU. 3. Kondisi tanah dalam sengketa atau tidak Rencana tata kota Tanah itu dapat diperjualbelikan atau tidak 2. hak pakai. HGB. kondisi kendaran). . faktur dan kuitansi pembelian. Kendaran Bermotor (BPKP. Nama dan alamat pemilik sebenarnya.y Keabsahan Dokumen lainnya 1. Yang perlu diteliti terkait dengan status tanah antara lain :       Jenis hak atas tanah (hak milik.

y Dokumen-dokumen yang diperlukan dalam pendirian suatu usaha harus dilengkapi sebelum usaha didirikan. sanksi pidana pokok maupun sanksi pidana tambahan seperti pembayaran ganti rugi. . Jika ada beberapa dokumen yang lengkap atau keabsahan atau keasliannya diragukan ini akan menimbulkan resiko bagi perusahaan di kemudian hari berupa pengenaan sanksi baik sanksi administratif. dan pencabutan izin usaha.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful