BAROMETER

RIA AMITASARI J2D 007 032
DASAR-DASAR INSTRUMENTASI

PROGRAM STUDI FISIKA S1

.

Istilah Yunani báros yang berarti 'berat.WHAT IS BAROMETER    Barometer adalah alat yang di pakai untuk mengukur tekanan udara Istilah 'barometer' (1665-1666) oleh seorang ilmuwan alam (Irlandia) Robert Boyle. . yang berarti ukuran berat udara. bobot' dan métron yang berarti 'ukuran'.

Jenis Barometer .

.Barometer Raksa Tekanan udara atmosfir akan menekan permukaan cairan di bawah sehingga tinggi cairan dalam tabung naik.

tekanan udara atmosfir akan menekan permukaan cairan di bawah sehingga tinggi cairan dalam tabung naik. air raksa mengalirkan ke luar tabung. yang menggunakan gaya pada bagian atas air raksa. Barometer jenis ini secara khas digunakan dalam suatu stasiun pengamatan cuaca atau laboratorium. sehingga tinggi air raksa pada kolom berkurang.Barometer Raksa Pengukuran tinggi oleh barometer melalui suatu kolom air raksa di dalam suatu tabung kaca. . Bagian air raksa diarahkan pada tekanan atmosfer.

Komponen Eksternal Utama dari wheel barometer .

yang mengikuti pergerakan turun naik merkuri ini menyebabkan darongan yang terhubung pada pointer dimana akan mengidentifikasi kenaikan tekanan. Terdapat pemberat kecil yng mengapung di atas merkuri.Jika terjadi penurunan tekanan maka akan terjadi proses sebaliknya. .barometer jenis ini sebaiknya diguncang dulu sebelum digunakan.Prinsip Kerja wheel barometer   Peningkatan tekanan udara akan berpengaruh pada kolom merkuri menyebabkan ketinggian raksa di tuba sebelah kiri meningkat disebelah kanan menurun.

.sehingga memerlukan pengaturan yang lebih rumit dibanding wheel barometer untuk menyesuaikan dengan ketinggian. Prinsip kerjanya hampir sama dengan wheel barometer karena sama-sama menggunakan air raksa.Cara Kerja stick barometer   dirancang untuk dapat membaca tekanan pada sea level dan juga dapat langsung dibaca oleh pengguna pada skala yang biasanya tercatat pada stick barometer tersebut.

Aneroid Barometer .

G merupakan tuas yang digunakan untuk mengatur pointer yang akan dibaca . Suatu seri kumparan C melanjutkan pergerakan ini pada rantai D.Kerja Aneroid Barometer  Barometer anaeroid. dan mendorong pegas E kepada pointer F yang disesuaikan. terdiri dari satu kapsul vacum yang bereaksi terhadap perubahan tekanan udara dan meneruskan pergerakan ringan pada ujung pengungkit B.

PRINSIP KERJA BAROMETER  Prinsip Kerja barometer didasarkan pada pemahaman bahwa tekanan udara akan berkurang dengan penambahan ketinggian. .

mengingat tekanan udara akan berkurang seiring pertambahan ketinggian.sehingga perlu selalu penyettingan awal. Barometer baik raksa maupun aneroid dipengaruhi oleh ketinggian. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful