Oleh: Desiandra M G

Peta rusia

Keadaan sebelum revolusi

Sebab sebab revolusi

Jalannya revolusi

Akibat revolusi

Keadaan sebelum revolusi .

menjamin kebebasan berserikat dan berkumpul. serta kebebasan perorangan diperluas. Tsar Nicholas II . Tsar Nicholas II masih mampu mengatasi keadaan dengan mengambil tindakan sebagai berikut: a.Keadaan sebelum revolusi Di tengah-tengah situasi yang sedang kacau itu.

Hal inilah yang kemudian mendorong timbulnya revolusi. membentuk Duma (DPR). dan memihak kepada kaum Sosialis sehingga Duma dibubarkan. Nicolas II bersikap keras.Keadaan sebelum revolusi b. . ‡ Namun dalam Duma itu sendiri terjadi pertentangan antara kaum Sosialis dan kaum Liberalis. Kaum Sosialis menghendaki susunan masyarakat yang sosialis.sedangkan kaum Liberal menghendaki adanya monarkhi konstitusional.

.dst.seperti industri tekstil. Menteri Keuangan yaitu sergey witte.besi.Keadaan sebelum revolusi ‡ Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada masa pemerintahan Tsar Nicholas ii adalah sbb: a.minyak.Industri ini dibangun agar dapat bersaing dengan negara-negara Eropa Barat.Industri yang dibangun. ‡ Industralisasi.pertambangan batu bara. 1892.berjasa dalam perkembangan industri di Rusia sejak th.

Keadaan sebelum revolusi b. ‡ Perkembangan industri yang cukup pesat menyebabkan munculnya golongan buruh(proletar)yang berakibat kemunculan gerakan sosialisme pada masa pemerintahan Tsar Nicholas ii.Partai lainnya adalah Partai Komunis(Bolsjewiki/Bolshevik)yang dipimpin oleh Vladimir Ulyanov(nama samaran Lenin).kemudian beralih kepada Josef Dschugaschvili (terkenal dengan nama Salatin). Munculnya Sosialisme di Rusia . ‡ Pada tahun 1903 Partai Sosial Demokrat pecah menjadi Partai Sosialis(Mensjewiki/Menshevik)yang dipimpin oleh George Plikhanov kemudian dilanjutkan oleh Kerensky. .berkumpul serta perbaikan nasib buruh dan tani.George Plekhanov mendirikan Partai Sosial Demokrat(1898)programnya adalah persamaan dalam hukum kemerdekaan pers berbicara.

‡ Pada perang ini Rusia mengalami kekalahan yang menyebabkan derajat & kepercayaan Tsar di mata rakyat semakin morosot. Perang RusiaJepang(1904-1905).Keadaan sebelum revolusi c.Baik kaum Menshevik maupun Bolshevik menuntut kepada pemerintahan Tsar untuk melaksanakan perubahan-perubahan secara liberal. .

‡ Pada hari minggu. ‡ Karena tidak bersenjata & tidak agresif itu disambut dengan tembakan-tembakan oleh pasukan pengawal istana.Keadaan sebelum revolusi d. Situasi saat perang Foto orang yang terbunuh . 1905.22 Januari 1905 kaum buruh (laki-laki & perempuan) yang dipimpin oleh Gapon (nama lengkapnya Georgy Apollonovica Gapon seorangpendeta)berbaris meuju istana Tsar untuk menyampaikan (petisi)tentang pemerintahan liberal & perbaikan nasib kaum buruh. Minggu berdarah(22 Januari 1905).Peristiwa ini menyebabkan rakyat marah & bahkan menjadi salah satu penyebab Revolusi th.

Sebab-sebab revolusi .

Sebab-sebab revolusi .

Revolusi kedua ini Memiliki efek yang sangat luas.Sebab-sebab revolusi ‡ Fase kedua adalah Revolusi Oktober yang diinspirasikan oleh Vladimir Lenin dari partai Bolshevik. memegang kuasa dari Pemerintahan Provinsi. memengaruhi daerah kota dan pedesaan Meskipun banyak kejadian bersejarah terjadi di Moskwa dan Saint Petersburg. ada juga gerakan di pedesaan di mana rakyat jelata merebut dan membagi tanah .

Tsar masih saja tidak memberikan hak-hak politik bagi warga negaranya Duma (DPR) tidak menampakkan dasar-dasar demokratis.Sebab-sebab revolusi Sebab-sebab timbul revolusi Rusia 1917 meliputi bidang bidang politik dan sosial ekonomi a. Di negara-negara lain telah mengakui adanya hak-hak politik warga negaranya. ‡ . Bidang Politik ‡ Adanya pemerintahan Tsar Nicholas yang reaksioner.

.hanya sebagai badan penasehat Tsar.Sebab-sebab revolusi ‡ Pemerintahan Tsar Nicholas ii yang reaksioner. Tsar tidak mau memberikan hak-hak politik yang sungguh-sungguh kepada warga negaranya. Duma (Dewan Rakyat)yang dibentuk atas perintah Tsar tidak sepenuhnya mewakili rakyat.

Pemerintahan tidak disusun secara rasional. .Sebab-sebab revolusi ‡ Susunan pemerintahan Tsar yang buruk.Tsar tidak memilih orang-orang yang cakap.tetapi orang yang disukainya untuk duduk di pemerintahan.tetapi atas dasar favoritisme(mementingkan kesukaan terhadap seseorang).

Bidang Sosial Ekonomi ‡ Penghargaan tuan-tuan tanah terhadap buruh tani sangat rendah. . Tanah pertanian sebagian besar dimiliki oleh tuan tanah.Sebab-sebab revolusi b.

Para petani itu menuntut tanah menjadi miliknya.karena kaum bangsawan masih tetap menjadi penguas atas tanah-tanah yang cukup luas & dikerjakan oleh para petani.tidak dapat sepenuhnya untuk dilakukan. Menteri Stolypin(nama lengkapnya Pyotr Arkadyevich Stolypin)yang melakukan perubahan agrarian tahun 1906.Sebab-sebab revolusi ‡ Persoalan Tanah. .

. ‡ Kaum pengusaha dan intelektual tidak puas dengan situasi pemerintahan Tsar Nicholas II. sedangkan rakyat terutama kaum buruh dan petani hidup miskin dan menderita. ‡ Tsar bersama para bangsawan Rusia hidup dalam kemewahan.Sebab-sebab revolusi ‡ Adanya perbedaan kehidupan antara Tsar dan para bangsawan dengan rakyat yang sangat mencolok.

kaum Sosialis juga menuntut pemerintahan yang modern dan demokratis. . ‡ Kaum Sosialis menghendaki susunan masyarakat yang sosialis. Selain itu. Timbulnya Aliran-Aliran yang Menentang Tsar Nicholas II ‡ Kaum Liberal (disebut kaum Kadet) menghendaki monarki konstitusional.Sebab-sebab revolusi c.

.Rakyat jemu menginginkan perang dan mereka menginginkan perdamaian.Sebab-sebab revolusi ‡ kekalahan Perang pasukan Rusia didaerah Tannenberg & Danau Misuri sangat mengecewakan rakyat & menghilangkan kepercayaan rakyat terhadap Tsar.

Sebab-sebab revolusi ‡ Bahaya Kelaparan Mengancam lima belas juta rakyat Rusia dimobilisasi untuk perang.ekonomi Negara kacau & akibatnya bahaya kelaparan mengancam.Pertanian terbelengkai. .Hal ini menimbulkan kekurangan tenaga kerja pada bidang industri maupun pertanian.

Revolusi yang digerakan oleh kaum Kadet. Menshewiki.Jalannya revolusi Revolusi Rusia tahun 1917 dapat dibagi menjadi dua tahap. Revolusi Februari 1917 Revolusi ini dimulai dari Petrograd (sekarang Leningrad) dengan demonstrasi yang menuntut bahan makanan. dan Bolshewiki ini kemudian berhasil menggulingkan Tsar Nicholas II. kemudian diikuti dengan pemogokan di perusahaan-perusahaan. yakni Revolusi Februari 1917 dan Revolusi Oktober 1917. . Tampuk pemerintahan dikendalikan oleh kaum Kadet dengan bentuk pemerintahan sementara. ‡ a.

namun gagal. Kesempatan ini digunakan dengan sebaikbaiknya oleh kaum Bolshewiki untuk menyusun kekuatan guna merebut pemerintahan . ‡ Hal inilah mengakibatkan hilangnya kepercayaan rakyat terhadap pemerintahan Menshewiki. Kaum Menshewiki di bawah pimpinan Karensky kemudian menggulingkan kaum Kadet dan memegang tampuk pemerintahan. Program kaum Menshewiki pertama-tama ialah menjunjung kembali kehormatan Rusia di mata dunia internasional (karena kekalahan-kekalahan Rusia dalam peperangan). kaum Kadet tidak segera mengadakan perubahan-perubahan seperti yang dituntut oleh rakyat. Serangan besar-besaran terhadap Jerman (dalam Perang Dunia I) segera dilangsungkan. setelah itu baru mengadakan perubahan pemerintahan dalam negeri.Jalannya revolusi Akan tetapi.

Revolusi Oktober 1917 ‡ Ketika pemerintahan Menshewiki kehilangan kepercayaan di mata rakyat. siap untuk merebut kekuasaan. kaum Bolshewiki segera mendekati rakyat dan menjanjikan adanya kedamaian dan pembagian tanah.Jalannya revolusi b. Kaum Bolshewiki yang semula telah mempersiapkan diri dengan mengadakan wajib militer kepada para pekerja (yang kemudian menjadi Pengawal Merah) di bawah pimpinan Trotsky. . Dengan cara ini kaum Bolshewiki mendapatkan simpati dan dukungan dari rakyat.

Jalannya revolusi ‡ Revolusi di mulai di Petrograd lagi di bawah pimpinan Lenin yang menyerukan untuk mendirikan Republik Soviet. Pada tanggal 25 Oktober 1917 pemerintah Menshewiki di bawah pimpinan Kerensky berhasil digulingkan. Angkatan Darat dan Angkatan Laut di Petrograd memihak Lenin. Kaum Bolshewiki akhirnya berhasil memegang tampuk pemerintahan baru di Rusia. .

. ekonomi. Bidang Pemerintahan 1) Dihapusnya pemerintahan Tsar Nicholas II yang reaksioner.Akibat revolusi Revolusi Oktober 1917 membawa akibat yang luas bagi Rusia khususnya dan dunia pada umumnya. maupun ideologi. baik di bidang pemerintahan. a. 2) Rusia menjadi negara Serikat yang berbentuk Republik dengan nama USSR dengan Moskow sebagai ibukotanya.

Bidang Ekonomi ‡ 1) Pertanian dan perindustrian dinasionalisasi. Tanah pertanian sebagian diselenggarakan oleh pemerintah dan sebagian dijadikan pertanian kolektif. pabrik-pabrik. dan jalanjalan kereta api dinasionalisasi. . ‡ 2) Kantor-kantor.Akibat revolusi b. bank-bank.

.Akibat revolusi c. Bidang Ideologi ‡ Kemenangan kaum Bolshewiki menyebabkan paham komunis menyebar ke seluruh dunia.

‡ a. Dalam Bidang Pemerintahan 1) Merubah negerinya menjadi diktator militer. Lenin sebagai pemimpinkaum Bolshewiki. memegang pucuk pemerintahan di Rusia. . lebih lanjut adalah sebagai berikut. Tindakan-tindakan Lenin.Rusia Di bawah Pemerintahan Lenin (1917 1924) Setelah kaum Menshewiki berhasil digulingkan.

industriindustri besar bankbank dan jalan kereta api. . ‡ 2) Menciptakan New Economical Policy (NEP) di mana hasil bumi dapat dijual dengan bebas.Rusia Di bawah Pemerintahan Lenin (1917 1924) ‡ 1) Menasionalisasi tanah-tanah bangsawan.

Ukraina. . dan Rusia (terbentuk pada tanggal 30 Desember 1922). Berdasarkan UUD baru ini bentuk negara Rusia adalah negara serikat dengan nama Republik Sosialis Uni Soviet atau Union of Soviet Sosialis Republics (USSR) yang terdiri atas Belarusia. Azerbaijan. Armenia.Rusia Di bawah Pemerintahan Lenin (1917 1924) ‡ 2) Membentuk Undang-Undang Dasar (UUD) baru.

untuk menyebarkan paham komunis ke seluruh dunia. Dalam Bidang Ideologi Rusia membentuk Comintern (perkumpulan komunis internasional).Rusia Di bawah Pemerintahan Lenin (1917 1924) ‡ c. .

Rakyat yang sudah tidak mampu menahan berbagai beban berat. akhirnya berjuang menunbangkan kekuasaan Tsar Nicholas II dalam bentuk revolusi.RANGKUMAN ‡ Munculnya revolusi rusia 1917 karena adanya pemerintahan tsar Nicholas II yang absolut. . Revolusi rusia mengantarkan Rusia menjadi negara komunis dunia dengan Lenin sebagai peletak dasarnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful