Tipe-tipe Sel dan Jaringan Tumbuhan

Kambium pembuluh/vaskuler

Parenkim

Macam-macam parenkim
‡ Berdasarkan bentuk:
± Aktinenkim: parenkim berbentuk bintang, mis. pada tulang daun Canna sp sebagai jaringan penyokong dengan rongga udara. ± Palisade: parenkim berbentuk batang, pada mesofil daun Dicotyl. ± Parenkim spons: parenkim dengan bentuk tak beraturan, dan banyak rongga udara, pada mesofil daun Dicotyl. ± Parenkim lipatan: parenkim dengan pinggiran sel berlipat-lipat, pada mesofil daun Pinus sp (Gymnospermae)

Macam-macam Parenkim
‡ Berdasarkan fungsi:
± Aerenkim: parenkim penyimpan udara, mis. Pada batang keladi dan teratai (Colocasia sp, Nelumbium sp) ± Klorenkim: parenkim fotosintesis/asimilasi yg banyak mengandung kloroplas banyak pada mesofil daun ± Parenkim penimbun makanan: pada umbi-umbian atau buah-buahan. ± Parenkim penyimpan air: pada tumbuhan xerofit (yg hidup di daerah guruh. ± Parenkim berkas pembuluh: pada jaringan pembuluh, sebagai pengisi.

Epidermis
‡ Biasanya pipih, dapat satu lapis atau beberapa lapis, melindungi bagian paling luar tuuh tumbuhan. Biasanya epidermis paling luar dilindungi lagi oleh lapisan kutikula yang kedap air. ‡ Ada lima turunan epidermis:
± ± ± ± ± Stomata Trikoma Sel kipas (buliform) Sel gabus Sel silika

: mulut daun, terdiri dari celah stomata, dua sel penjaga (guard cell), dan sel-sel epidermis yang mengelilinginya disebut sel tetangga.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful