bebas. Lain menguntungkan. dalam tambang maka bijih besi ini akan selalu dikotori oleh batuan lain maupun zat-zat lain dalam tanah. Oleh sekitarnya. . karbonat. sebagi persenyawaan besi oksida atau sebagai persenyawaan karbonat. karena besi sangat reaktif dengan alam sekitarnya. Karena ada di menguntungkan.02 % bila diolah akan menguntungkan. karena itu hanya dapat di temukan sebagai persenyawaan yang dengan melalui proses metalurgi kimia akan dijadikan besi secara menguntungkan. BIjih besi umunya di temukkan zattanah.Dalam alam hampir tidak ditemukan besi dalam keadaan bebas. halnya dengan biji tembaga bila kadarnya 10% atau bijih emas yang 10% kadarnya 0. menguntungkan. Oleh karena itu bila bijih besi mengandung hanya 10 % besi bijih maka tidak akan diolah karena tidak akan menguntungkan.

jembatan. perkakas dan alat-alat bantunya alatsemua terbuat dari besi baja. konstruksi bangunan. alat-alat angkat dan angkut. baja.BESI (Fe) Besi Baja termasuk logam kebutuhan dunia no 1 karena penggunaannya sangat banyak. alatbangunan. jembatan. . banyak. dan juga angkut. mesin-mesin. Hal ini memang dapat dibayangkan dibayangkan karena semua mesin-mesin.

Kutoarjo (Jawa Tengah) dan Lumajang Cilacap.y PADANG--MIOL: Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) PADANG--MIOL: (Sumbar) pebukitan Marantasi Sipayo Kecamatan Tinombo y Cilacap. (Jawa Timur) Timur) y Penambangan Pomala .

Dalam asam encer besi mudah berreaksi dan mengeluarkan H 2. bervalensi 2 dan 3 ( fero dan feri). tinggi hingga pijar. Dan pada temperature yang lebih Fospida. merah.bila pada temperature kamar bila ada oksidasi. . dapat menyimpan Fe2Si: Fe3 FeSi2 NaOH karena membentuk Fe(OH)3 yang pasif.sudah 300oC. maka akan bereaksi dengan s dan p masing-masing masingmembentuk Sulpida dan Fospida. merah. besi dapat membentuk ikatan logam Fe2Si: Fe3Si : dan FeSi2. Fe(OH)3 pasif. maka mudah sekali berkarat. maka dapat bereaksi dengan C membentuk karbida pijar. Besi bisa SO4 pekat. oksidasi.sudah mulai ada oksidasi. oksidasi.SIFAT KIMIA Fe Di udara kering pada temperarur kamar tidak akan berkarat pada 300oC. Fe3 Fe3 C. Bila di panaskan sampai sedikit berkarat. juga dengan silisium. y Fe + 2 HCl y Fe + FeSO4 FeSO4 FeCl2 + H2 FeCl2 FeSO4 +H2 FeSO4 +H2 Dalam asam sulpat pekat yang ± 98 maka besi tidak bereaksi hingga dapat di pakai unyuk menyimpan H2SO4 pekat.

y FeCO3 dengan nama Ferokarbonat atau siderit. coklat. Di beri nama magnetit karena 60bijihini mempunyai sifat dapat ditarik oleh medan magnet. y Fe2O3 dengan nama Ferioksid atau hematit. . magnet. bentuk kristalnya bila kita lihat dibawah kaca pembesar berbentuk belah ketupat.Beberapa macam bijih besi yang perlu dikenal : y FeO Fe2O3 dengan nama Feroferioksida atau magnetit yang warnanya Fe2 coklat dengan kadar besi antara 60-70 %. 40-65% y Fe2O3 nH2O dengan nama Feri Hidroksid atau limonit warnanya coklat Fe2 nH2 maka sering mendapat sebutan bijih besi coklat. Karena tinggi. maka ada juga yang menyebuk bijih besi belah ketupat. warnanya merah coklat Fe2 dengan kadar besi antara 40-65%. kadar besinya antara FeCO3 40-50% 40-50% dan sering tercampur dengan mangan yangcukup tinggi. ketupat.

y B(Boron) Pada baja konstruksi akan memperbaiki pengerasan di dalam dan pengerasan permukaan. .y Al (Alumunium) Adalah deoksidator paling kuat yang dapat mengikat nitrogen. tapi akan menurunkan daya tahan terhadap karat. Bila dipadukan dengan baja tahan karat krom-nikel akan menaikkan batas mulur. y Be(Berilium) Sering dipakai pada pegas koil pada arloji yang sifatnya anti magnet dan lebih tahan dari pada baja pegas biasa. Biasanya dibuat dari paduan tembaga-berilium sebagai pegas. Sering dipakai sebagai logam paduan baja tahan panas karena menahan pengelupasan juga sering dipadukan dengan Fe-Ni-Co-Al menjadi baja magnet permanen. Paduan berilium-nikel sifatnya sangat keras dan tahankorosi hingga banyak dipakai pada alat-alat operasi kedokteran. Dalam jumlah kecil mempengaruhi butir. Alumunium dan nitrogen membentuk nitride yang sangat keras oleh karena itu Al merupakan unsure paduan pada baja nitridasi. Sering dipakai di Instalasi nuklir untuk baja saringan karena mempunyai absorpsi neutron yang tinggi.

.

‡ Tanur tinggi digunakan untuk mengubah bijih besi menjadi besi kasar (pig iron). iron) ‡ Muatannya adalah bijih besi. tungku. 9 . besi. kokas dan batu kapur ‡ Pembakaran dengan udara panas yang ditiupkan kedalan tungku.

.

dan batu kapur berikut. Tahap 1 : 3Fe2O3+CO 2Fe3O4+CO2 ( 250oC) Tahap 2 : Fe3O4+CO 3FeO+CO2 ( 600oC) Tahap 3 : FeO+CO Fe+CO2 (1000oC) Reaksi totalnya : Fe2O3(s)+3CO(s) 2Fe(l)+3CO2(g) . Kokas terbakar pada bagian bawah panas. sehingga suhu didaerah itu dapat mencapai 2000°C. Bijih besi.y Proses/reaksi yang terjadi pada pengolahan besi secara garis besar sebagai berikut. kokas. sementara dari bagian bawah ditiupkan udara panas. gas CO2 yang baru terbentuk itu bereaksi lagi dengan kokas yang bergerak turun membentuk CO. CO2(g)+ C(s) 2CO(g) (1300oC) Gas CO inilah yang mereduksi bijih besi secara bertahap. diumpankan dari puncak tanur. 2000° C(s) + O2(g) CO2(g)+kalor (2000oC) y Ketika bergerak naik. tanur dengan membebaskan kalor.

Terak dikeluarkan dari saluran tersendiri dan dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jalan raya atau bahan pupuk. Besi cair turun ke dasar tanur dan dikeluarkan secara periodik. Si. Adapun terak. . Reaksi pembentukan terak yang menghilangkan pengotor berlangsung sebagai berikut. P. Lapisan terak sekaligus berfungsi melindungi besi cair dari oksidasi kembali. maka akan mengapung diatas besi cair tersebut. MnO+C Mn+CO SiO2+2C Si+2CO P2O5+5C 2P+5CO (1400°C) (1400° (1400°C) (1400° (1400°C) (1400° y Mn. CaCO3(s) CaO(s)+CO2(g) (800-900°C) 800-900° CaO(s)+SiO2(s) CaSiO3(l) (1200°C) (1200° 3CaO(s)+P2O5(s) Ca3(PO4)2(l) (1200°C) (1200° y Reaksi yang menghasilkan pengotor yang larut dalam besi cair.y Oleh karena suhu tanur sangat tinggi. dan S larut dalam besi cair. karena massa jenisnya lebih kecil. besi yang terbentuk berupa cairan. C.

Pada umbih lunak dan tidak rapuh. dan S.Besi yang dihasilkan dari tanur tiup disebut besi gubal (pig iron) atau besi kasar. P. Besi tempa lebih lunak dan tidak rapuh. karbon. Besi gubal bersifat keras tetapi rapuh. . sebagian besar besi gubal langsung diproses untuk membuat baja. rapuh. cetakan seingga diperoleh besi tuang (cast iron). rapuh.unya. Mn. Besi iron). rapuh. mengandung kira-kira 95% kira95% besi. tempa diperoleh dari besi gubal dengan mengurangi kadar karbon. dan sisanya pengotor lain seperti Si. Sebagian lain dapat dialirkan ke dalam baja. 3-4%karbon.

thanks for your attention .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful