Di susun oleh: ‡ Arya Mahardika ‡ Alfan Danesta

.

Penyebab Timbulnya Sengketa ‡ Sengketa teritorial antara Kamboja dengan Thailand di wilayah perbatasan tersebut memiliki arti penting bagi kedua negara karena di wilayah perbatasan tersebut terdapat situs Kuil Preah Vihear yang merupakan tempat wisata. maka kepemilikan atas kuil ini dapat mendatangkan keuntungan pada negara yang memilikinya. wilayah perbatasan kaya akan bahan tambang seperti batu mulia dan permata. . ‡ Disamping itu. ‡ Karena alasan-alasan tersebut.

Dewan Keamanan menyatakan dukungannya terhadap upaya aktif ASEAN untuk membantu penyelesaian masalah Kamboja dan Thailand. Diadakan penggelaran tim pengamat dari Indonesia ke perbatasan Thailand dan Kamboja sebagai upaya untuk menjaga ³gencatan senjata´ militer kedua negara bertikai itu. Tapi tidak menemukan keputusan akhir. Thailand dan Kamboja sepakat menyelesaikan masalah tersebut dgn jalan damai dan menunggu hasil sidang tertutup oleh Mahkamah Internasional dan Indonesia. 5. sedangkan Thailand ingin menyelesaikan situasi ini secara negosiasi. Kamboja ingin menyelesaikan melalui mahkamah internasionl. 2.Prosedur Penyelesaian 1. Kedua negara tersebut setuju dan mempercayakan sengketa kuil Preah Vihear pada Indonesia (selaku ketua ASEAN). 4. . 3. Kamboja dan Thialand menyelesaikan dengan cara bilateral.

Arbitrase merupakan proses penyelesaian pertikaian secara damai dgn memilih seorang wasit/arbitrator secara bebas oleh pihak yg bersengketa . 2.Cara Penyelesaiannya Sengketa kuil Preah Vihear diselesaikan dengan proses : 1. Konsiliasi merupakan proses penyelesaian sengketa secara damai melalui pihak ketiga atau badan pemeriksa yg tidak memihak dan adanya komite penasehat yg akan membuat suatu laporan disertai usul penyelesaian para pihak.

. dan Thailand harus menarik personil kepolisian dan militer dari kuil tersebut atau dari daerah sekitarnya dalam wilayah kedaulatan Kamboja. Mayoritas hakim (9 dari 12) Mahkamah Internasional menyatakan bahwa Kuil Preah Vihear berada dalam wilayah kedaulatan Kamboja.Hasil Keputusannya Berdasarkan ³Annex I Map´ yang dipergunakan oleh Mahkamah Internasional (International Court of Justice) pada tahun 1962 diputuskan bahwa Preah Vihear Pagoda berada pada jarak 700 meter di dalam wilayah teritorial kerajaan Kamboja.

. Kuil Preah Vihear berdiri di suatu tanjung Preah Vihear yang terletak di sektor Timur wilayah pegunungan Dangrek dan secara umum terdapat batas antara kedua negara di dalam satu wilayah tersebut.Kuil Preah Vihear Kuil Preah Vihear adalah tempat suci yang terletak di perbatasan antara Kamboja dan Thailand. akan tetapi kuil ini masih mempunyai nilai arkeologis dan artistik yang sangat tinggi dan masih digunakan sebagai suatu tempat ziarah. Kebanyakan daerah ini terdiri dari tebing curam yang sangat tinggi dan kasar menjulang di atas wilayah Kamboja yang datar. yaitu Kamboja berada di Selatan dan Thailand berada di Utara. Meski sekarang hanyalah berupa puing-puing bangunan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful