PROPOSAL SKRIPSI PERBEDAAN KEJADIAN GOUT DITINJAU DARI FAKTOR KETURUNAN, DIET DAN JENIS KELAMIN PADA PASIEN

YANG BEROBAT DI RSUD MANNA 2009

OLEH :

ADE CHAIRUL ZAHARI NPM. 0826010205.P JURUSAN KEPERAWATAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN TRI MANDIRI SAKTI BENGKULU 2010

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Penyakit Gout adalah suatu penyakit yang ditandai dengan serangan mendadak dan berulang dari arthritis yang terasa sangat nyeri, yang terkumpul di dalam sendi sebagai akibat dari tingginya kadar asam urat di dalam darah. Peradangan sendi bersifat menahun dan setelah terjadi serangan berulang. Pada zaman dahulu penyakit ini disangka disebabkan oleh adanya racun yang menyerang pada persendian. Kejadian secara perlahan-lahan. Sejak zaman Yunani Kuno, muncullah istilah untuk penyakit persendian ini dengan nama Gout yang berasal dari bahasa Latin Guttan yang berarti tetesan. Galen pada abad ketiga menulis mengenai Tofi yaitu endapan natrium urat dalam jaringan di bawah kulit. Van Leeuwenhoek pada tahun 1679 mengetahui adanya kristal pada tofi piral. Pengertian secara ilmiah baru dikenal pada abad ke-18 dengan mengisolasi asam urat dari batu ginjal. Penelitian berlangsung cukup lama, pada abad berikut yakni abad 19, Sir Alfred Garrot menemukan kadar asam urat tinggi di dalam darah penderita gout. Samapai sekarang kadar asam urat tinggi selalu berhubungan dengan penyakit gout.

1. diet dan jenis kelamin pada pasien-pasien yang berobat di Rumah Sakit Umum Manna.2 Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang di atas dapat dirumuskan permasalahan penelitian adalah apakah ada perbedaan kejadian gout ditinjau dari faktor keturunan. .

‡ Untuk mengetahui perbedaan kejadian gout ditinjau dari faktor jenis kelamin. . Tujuan Khusus ‡ Untuk mengetahui perbedaan kejadian gout ditinjau dari faktor keturunan. ‡ Untuk mengetahui perbedaan kejadian gout ditinjau dari faktor diet.3 Tujuan Penelitian a. b.1. diet dan jenis kelamin pada pasien-pasien yang berobat di Rumah Sakit Umum Manna. Tujuan Umum Untuk mengetahui perbedaan kejadian gout ditinjau dari faktor keturunan.

Manfaat bagi institusi kesehatan Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat dan dapat memberikan masukan terhadap pelayanan keperawatan penyakit gout. terutama mahasiswa STIKES.4 Manfaat Penelitian a.1. untuk dapat melakukan penelitian secara waktu. . Manfaat bagi peneliti Demikianlah penelitian ini diharapkan dapat memberikan i nformasi pada peneliti yang akan datang. Jurusan Keperawatan yang akan memberikan pelayanan keperawatan pada pasienpasien penderita penyakit gout. b. tempat dan sasaran (sample) yang berbeda. c. Manfaat Bagi Akademik Untuk memberikan masukan dan tambahan pengetahuan bagi akademik.

. Bagian tubuh yang terkena terutama adalah bagian sendi yang berada pada ujung tubuh seperti ibu jari kaki. Sedangkan menurut Brunert in Suddarth (2005) gout adalah merupakan kelompok keadaan heterogenous yang berhubungan dengan defek genetic pada metabolisme purin (hiperurismia) Menurut Vitahealth (2008) sakit asam urat atau gout adalah serangan radang persendian yang berulang. Menurut Depkes RI (1992) gout adalah peradangan akibat adanya endapan kristal asam urat pada sendi dan jari.BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Pengertian Gout Menurut ilmu penyakit dalam (1996) gout a dalah suatu sindrom klinis yang mempunyai gambaran khusus yaitu arthritis akut. yang disebabkan oleh deposit atau penimbunan kristal asam urat di dalam persendian.

Pada penyakit gout primer. . 99 persen penyebabnya belum diketahui (idiopatik).2 Penyebab Penyakit asam urat digolongkan menjadi penyakit gout primer dan penyakit gout sekunder. Diduga berkaitan dengan kombinasi faktor genetic dan faktor hormonal yang menyebabkan gangguan metabolisme yang dapat mengakibatkan meningkatnya produksi asam urat atau bisa juga diakibatkan karena berkurangnya pengeluaran asam urat dari tubuh.2.

.3 Anatomi-Fisiologi Sendi Sebagian besar sendi kita adalah sendi sinovial. Keseluruhan daerah sendi dikelilingi sejenis kantong. terbentuk dari jaringan berserat yang disebut kapsul. Permukaan tulang yang bersendi diselubungi oleh tulang rawan yang lunak dan licin.2. Jaringan ini dilapisi membran sinovial yang menghasilkan cairan sinovial untuk meminyaki sendi. menahannya kuat-kuat di tempatnya dan membatasi gerakan yang dapat dilakukan. Bagian luar kapsul diperkuat oleh ligamen berserat yang melekat pada tulang.

4 Patofisiologi Hiperurisemia (konsentrasi asam urat dalam serum yang lebih besar dari 7.4 Qmol/L) dapat (tetapi tidak selalu) menyebabkan penumpukan kristal monosodium urat. Serangan gout tampaknya berhubungan dengan peningkatan atau penurunan mendadak kadar asam urat serum.0 mg/dl (SI: 0. penumpukan kristal natrium urat yang dinamakan tofus akan mengendap di bagian perifer tubuh seperti ibu jari kaki.2. Kalau kristal urat mengendap dalam sebuab sendi. tangan dan telinga. . Dengan serangan yang berulang-ulang. Nefrolitiasis urat (batu ginjal) dengan penyakit renal kronis yang terjadi sekunder akibat penumpukan urat dapat timbul. respons inflasnasi akan terjadi dan serangan gout dimulai.

4. sehingga kadang-kadang mudah menegakkan diagnosis pada beberapa kasus berdasarkan riwayat penyakit yang khas.2. Hiperurisemia Toll .5 Gambaran Kilnis Gambaran klinis artritis gout akut bersifat khusus. 5. 3. 2. Artritis Akut Lokasi Sendi Remisi sempuma antara serangan akut (intercritical gout). Riwayat penyakit yang khas tersebut adalah: 1.

sakit tenggorokan. dengan suhu tubuh 38.3 derajat Celsius atau lebih. .6 Gejala Menurut VItahealth (2008) penyakit ini umumnya ditandai dengan rasa nyeri hebat yang tiba-tiba menyerang sebuah sendi pada saat tengah malam. walaupun telah dilakukan perawatan. c.2. Demam. tidak menurun selama tiga hari.Ruam kulit. b. lidah berwarna merah atau gusi berdarah. gejala lain yang mungkin terjadi adalah berupa: a. Bengkak pada kaki atau peningkatan berat badan yang tiba-tiba. biasanya apda ibu jari kaki (sendi tarsal).

Daun telinga e. Ibu jari c.7 Sasaran Utama Gout a. Ginjal f. Saluran cerna g. Sendi lutut dan pergelangan kaki d. Ujung jari b. Retina mata f.2. Jantung .

tanpa penyebab jelas (9 persen) b. Gout primer. yaitu: a. Gout dibedakan dari ada tidaknya penyebab yang dapat diketahui sebelum serangannya terjadi.2. Gout skunder. dengan penyebab jelas (10 persen) .8 Menetapkan Diagnosis Menurut Vitahealth (2008) the American Rhematism Association menetapkan kriteria diagnostic untuk gout Diagnosis gout ditetapkan bila ditemukan kriteria A dan/atau kriteria B dan/atau 6 insiden atau lebihd ari kriteria C.

peradangan tulang. peradangan menjadi rusak sehingga pincang.9 Komplikasi Menurut Vitahealth (2008) jangan anggap enteng gout ini karena dapat menyebabkan komplikasi yang berbahaya: persendian menjadi rusak sehingga pincang. batu ginjal (kencing batu). pengobatan dokter dan perawatan sendiri setelah memperoleh diagnosa.10 Perawatan Menurut Vitahealth (2008).2. 2. dan gagal ginjal. perawatan yang dapat dilakukan berupa tindakan darurat sewaktu terjadi serangan. . kerusakan ligament dan tendon (otot).

Kadar tinggi (150 180 mg/100 g) . bahkan ikan asin. a. stress. dan makan yang mengandung purin berlebihan seperti daging. belum ditemukan cara yang efektif. jerohan (ginjal. tapi usaha pencegahan asam urat pada umumnya adalah menghindari segala sesuatu yang dapat menjadi pencetus serangan. sedang dan rendah. hati). Kenalilah jenis makanan yang kadar purinnya amat tinggi. misalnya latihan fisik.2. Dengan demikian dapat mengontrol asupan semaksimal mungkin.11 Pencegahan Menurut Vita Healt (2008).

b. kadar tersebut sedikit lebih tinggi.5 mg/dl dan wanita 2. Kadar rendah (di bawah 50 mg/100 g) 2.0 sampai 7. . Bagi mereka yang berusia lanjut.12 Pemeriksaan Laboratorium Menurut Vita Health (2008).1 sampai 8.0 sampai 6. pemeriksaan darah untuk mendiagnosa gout.0 mg/dl. Kadar normal asam urat pria antara 2. Rata-rata kadar normal asam urat adalah 3. pemeriksaan laboratorium untuk memonitor kadar asam urat dalam darah dan urine.0 mg/dl dapat menyebabkan serangan gout dan dianggap berlebihan dan bila lebih dari 12 mg/dl dapat menyebabkan terjadinya batu ginjal. Kadar sedang (50 150 mg/100 g) c.6 mg/dl. Bila lebih dari 7.

Ketoprofen . Ibuprofen 5. 13 Pengobatan Tujuan pengobatan adalah untuk mengatasi gejala serangan akut (mendadak) asam urat. Probenecid 3. 1. Apakah si pasien mengalami serangan berulang karena terbentuknya batu urat. Sedangkan untuk serangan kronis (kambuhan). dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan untuk memastikan kondisi pasiennya. ataukah masih dalam tahap hiperurisemia. mencegah kambuhnya kembali radang sendi dan pembentukan batu urat.2. Allopurinol 2. Indometasin (Indomethacine) 4.

Diklofenak 7.14 Faktor Penyebab Faktor-faktor yang berhubungan Sebagai penyebab Gout adalah : a. Kolsisin (Colchicine) 2. Faktor keturunan adalah adanya riwayat gout dalam silsilah keluarga baik dari pihak keluarga ayah dan dari pihak keluarga ibu.6. (Vita Health 2008) . paman serta kakek nenek yang bias di anggap sebagai faktor pembawa penyakit gout sebelumnya.

Diet adalah makanan yang meningkatkan kadar asam urat karena tinggi protein dan makanan kaya senyawa ourin lainnya. c. sedangkan kadar asam urat tidak meningkat pada perempuan sampai setelah menopause. Purin merupakan senyawa yang akan di rombak menjadi asam urat dalam tubuh.b. Jenis kelamin : kadar asam urat serum pada laki-laki secara normal mulai meningkat setelah pubertas. Hamper 95% kasus ditemukan pada laku-laki .

15 Kerangka Konsep Berdasarkan uraian di atas.2. peneliti kemudian merumuskan kerangka konsep penelitian sebagai berikut: KETURUNAN PENYAKIT GOUT DIET JENIS KELAMIN .

Diet Makanan yang Dengan secara wawancara Ceklist langsung 0 : Ya. bila tidak ada riwayat orang tua mengalami Definisi Cara Ukur Alat Ukur Hasil Ukur Skala pasien mengalami gout mengalami gout 2.2. kepada pasien jantung. Jenis Kelamin Jenis yang banyak kelamin Dengan paling register Manna di melihat Ceklist RSUD 1 : Laki-laki 2 : Perempuan Nominal menderita (gout) 4.16 Defenisi Operasional Variabel 1. bila pasien tidak makanan mengandung purin mengkonsumsi yang mengandung purin hati. Keturunan Gout (asam urat) Dengan yang diturunkan apakah dari orang tua melihat Ceklist orang tua 0 : Ya. dan usus) 3. Penyakit gout Penyakit yang Dengan di melihat Ceklist RSUD Bila gout Nominal menyerang sendi register dan tulang yang Manna disebabkan oleh kristal asam urat . (daging. bila pasien Nominal mengkonsumsi makanan yang mengandung purin 1 : Tidak. bila ada riwayat Nominal orang tua gout 1 : Tidak.

3.1 Tempat dan Waktu Penelitian Penelitian dilakukan di RSUD Manna Bengkulu Selatan dan Objek Penelitian adalah pasien penyakit gout (asam urat) yang berobat di poli klinik.2 Metode dan Jenis Penelitian Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif analitik dengan rancangan penelitian cross sectional yaitu peneliti mengukur variabel di suatu tempat secara bersamaan dari data yang diperoleh menggambarkan kondisi yang terjadi saat penelitian dilaksanakan. .BAB III METODE PENELITIAN 3.

4 Sampel Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pasien penyakit gout yang berobat di RSUD Manna 2009 .3.3 Populasi Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh pasein penyakit gout yang menjalani rawat jalan di poliklinik RSUD Manna yang tercatat di register pasien 3.

Pengolahan.3. Analisa Data 1. Analisa Univariat Data dianalisa untuk melihat distribusi frekwensi dari faktor-faktor dan kejadian penyakit gout (asam urat) 2. Pengumpulan Data b. dan Analisa Data a.5 Pengumpulan. Pengolahan Data c. dengan menggunakan uji statistic ChiSquare. Analisa Bivariat Analisa bivariat yaitu untuk melihat hubungan antara faktor-faktor dengan penyakit gout (asam urat). .

TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful