You are on page 1of 19

AUDIT OPERASI

Riany P.S Damanik (080503121) Janisty Ayu (080503125) Meiliza Karunia Harahap (080503150)

auditor pemerintah dan akuntan publik juga melakukan aktivitas audit operasi (operational auditing) yang menangani efisiensi dan efektivitas dari suatu organisasi. auditor internal.Di luar aktivitas audit keuangan. .

berfokus pada perbaikan kinerja pada masa yang akan datang. berorientasi pada masa lalu Audit Keuangan umumnya didistribusikan kepada pemakai laporan keuangan eksternal .PERBEDAAN ANTARA AUDIT OPERASI DENGAN AUDIT KEUANGAN Tujuan Audit Distribusi Laporan ditujukan kepada manajemen Dimasukkannya Bidang Nonkeuangan meliputi setiap aspek dari efisiensi dan efektivitas dalam suatu organisasi terbatas pada persoalan yang secara langsung mempengaruhi kewajaran dari penyajian laporan keuangan Audit Operasi menekankan efektivitas dan efisiensi. menekankan informasi historis dicatat dengan benar.

menyelidiki kemungkinan dilakukannya kecurangan dalam suatu divisi. dan membuat rekomendasi untuk mengurangi biaya dari produk yang dimanufaktur. y . seperti menentukan penyebab dari sistem teknologi informasi yang tidak efektif. dimana fungsi adalah cara untuk mengkategorisasikan aktivitas dari suatu bisnis.JENIS AUDIT OPERASI Audit Fungsional Berkaitan dengan satu atau lebih fungsi dalam suatu organisasi. y Audit Organisasi Menekankan pada seberapa efisien dan efektif fungsifungsi organisasi berinteraksi y Penugasan Khusus Muncul atas permintaan manajemen untuk berbagai jenis audit.

SIAPA YANG MELAKSANAKAN AUDIT OPERASI? Auditor Internal y Auditor Pemerintah y Kantor Akuntan Publik y .

. Untuk memaksimalkan efektivitas audit keuangan maupun operasi departemen audit internal harus melapor kepada dewan direksi atau presiden direktur.Auditor Internal y Pengujian efektivitas dari pengendalian internal dilakukan oleh auditor internal. dengan mengembangkan pengetahuan yang cukup banyak mengenai perusahaan bisnisnya dimana ini merupakan hal yang penting dalam audit operasi. Auditor internal memiliki keunggulan dalam melakukan audit operasi.

Auditor Pemerintah .

Biasanya manajemen menugaskan KAP ketika perusahaan tidak memiliki staf audit internal atau staf audit kurang memiliki keahlian dalam bidang tersebut. .Kantor Akuntan Publik y Pada umumnya klien mempekerjakan KAP untuk melakukan audit operasi bagi satu atau lebih bagian tertentu dari bisnisnya.

TAHAPTAHAP-TAHAP DALAM AUDIT OPERASI Perencanaan y Akumulasi dan Evaluasi Bukti y Pelaporan dan Tindak Lanjut y .

Merupakan hal yang penting pula untuk :  Menempatkan staf untuk penugasan dengan benar  Memperoleh informasi latar belakang mengenai unit organisasi  Memahami pengendalian internal  Memutuskan bukti yang sesuai untuk diakumulasikan y .Perencanaan Auditor operasi harus menentukan ruang lingkup penugasannya dan mengkomunikasikannya dengan unit organisasi.

y . y Kedalaman audit operasi membuat penempatan staf menjadi lebih rumit daripada dalam suatu audit keuangan. Tidak hanya bidang yang berbeda. yang sering kali menyulitkan kita memutuskan tujuan spesifik.Perbedaan utama antara perencanaan suatu audit operasi dengan audit keuangan adalah keragaman yang tercipta dari kedalaman audit operasi. seperti pengendalian produksi dan iklan tetapi tujuan dalam bidang tersebut sering kali memerlukan keterampilan teknis khusus.

dan perhitungan ulang digunakan secara kurang ekstensif untuk sebagian besar audit operasi daripada audit keuangan karena tujuan keberadaan dan ketepatannya tidak relevan untuk sebagian besar audit operasi. y . y Auditor operasi harus mengakumulasikan bukti memadai yang cukup untuk memberikan dasar bagi kesimpulan mengenai tujuan yang sedang diuji.Akumulasi dan Evaluasi Bukti Konfirmasi. pengerjaan ulang.

temuan.Pelaporan dan Tindak Lanjut Dua perbedaan utama dalam laporan audit keuangan dan audit operasi mempengaruhi laporan audit operasi :  Dalam audit operasi. dengan salinan untuk unit yang sedang diaudit  Keragaman dari audit operasi mengharuskan penyeragaman dari setiap laporan untuk mengatasi lingkup. dan rekomendasi Auditor operasi seringkali memerlukan durasi waktu yang signifikan untuk mengkomunikasikan secara jelas temuan dan rekomendasi audit. y . laporan biasanya hanya dikirimkan kepada manajemen.

INDEPENDENSI DAN KOMPETENSI DALAM AUDITOR OPERASI Dua kualitas yang paling penting untuk auditor operasi adalah independensi (independence) dan kompetensi (kompetence). y Auditor sebaiknya memberi laporan untuk tingkat manajemen yang sesuai untuk memastikan bahwa penyelidikan dan rekomendasi dibuat tanpa bias. y .

ketika audit operasi berhadapan dengan problem operasi yang memiliki kisaran luas. y .Tanggung jawab auditor operasi juga dapat mempengaruhi independensi mereka. kompetensi dapat menjadi penghalang utama. Auditor seharusnya tidak bertanggung jawab terhadap fungsi operasi dalam suatu perusahaan atau untuk memperbaiki kekurangan ketika operasi yang tidak efektif atau tidak efisien ditemukan. y Kompetensi. Namun. diperlukan untuk menentukan penyebab dari masalah operasi dan untuk membuat rekomendasi yang tepat. tentu saja.

HUBUNGAN ANTARA AUDIT OPERASI DAN PENGENDALIAN INTERNAL Tiga pemikiran berikut merupakan hal yang penting untuk memberntuk pengendalian internal yang baik: Keandalan laporan keuangan Efisiensi dan efektivitas operasi Ketaatan dengan hukum dan peraturan yang ada y .

sedangkan lingkup dari evaluasi pengendalian internal untuk audit keuangan terbatas pada efektivitas pengendalian internal atas laporan keuangan dan dampaknya terhadap penyajian yang wajar dari laporan keuangan.y   Dua hal yang membedakan evaluasi pengendalian internal dengan pengujian untuk audit keuangan dan operasi adalah: Tujuan Tujuan dari audit operasi pengendalian internal adalah mengevaluasi efisiensi dan efektivitas dan membuat rekomendasi untuk manajemen. Lingkup Lingkup audit operasi berkenaan dengan setiap pengendalian yang mempengaruhi efisiensi atau efektivitas. . Sedangkan evaluasi pengendalian internal untuk audit laporan keuangan memiliki tujuan utama: menentukan luas dari pengujian audit substantif yang diperlukan dan melaporkan efektivitas pengendalian internal terhadap pelaporan keuangan untuk perusahaan publik.

y . Untuk menetapkan kriteria bagi audit operasi. auditor dapat mendefinisikan tujuan untuk menentukan apakah beberapa aspek dari entitas dapat dijadikan lebih efektif atau lebih efisien. kemudian merekomendasikan perbaikan.EFEKTIVITAS VS EFISIENSI Secara umum efektivitas merujuk pada pemenuhan tujuan. Efisiensi merujuk pada penentuan sumber daya yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut. y Tantangan utama dalam audit operasi hadir dalam pemilihan kriteria spesifik untuk mengevaluasi telah terdapat atau tidaknya efisiensi dan efektivitas.

Lebih banyak kriteria spesifik biasanya diinginkan sebelum auditor memulai audit operasi. diantaranya kinerja historis. . auditor operasi dapat menggunakan beberapa sumber. Untuk mengembangkan kriteria evaluasi spesifik. serta diskusi dan kesepakatan. benchmarking. standar teknik.