‡ NAMA KELOMPOK .

.

2.juga dapat berperan mempertahankan dan melindungi hak-hak pasien yang meliputi hak atas pelayanan sebaik-baiknya .Peran sebagai advokat klien (client advocate ) Peran ini dilakukan perawat dalam membantu klien dan keluarga dalam menginterprestasikan berbagai informasi dari pemberi pelayanan atau informasi lain khususnya dalam pengambilan persetujuan atas tindakan keperawatan yang diberikan kepada pasien. .hak atas informasi tentang penyakitnya .hak atas privasi.hak untuk menentukan nasibnya sendiri dan hak untuk menerima ganti rugi akibat kelalaian.

perawat membantu klien meningkatkan kesehatan melalui pemberian pengetahuan yang terkait dengan keperawatan dan tindakan medic yang diterima sehingga klien /keluarga dapat menerima tanggung jawab terhadap hal-hal yang diketahuinya. .Sebagai pendidik.kader kesehatan dan lain sebagainya.Peran educator atau pendidik klien ‡ Sebagai pendidik klien .‡ 3.perawat juga dapat memberikan pendidikan kesehatan kepada kelompok keluarga yang berisiko tinggi.

.baik materi maupun kemampuan klien secara terkoordinasi sehingga tidak ada intervensi yang terlewatkan maupun tumpang tindih. ‡ Mengoordinasikan seluruh pelayanan keperawatan ‡ Menagtur tenaga keperawatan yang akan bertugas ‡ Mengembangkan sistem pelayanan keperawatan ‡ Memberikan informasi tentang hal-hal yang terkait dengan pelayanan keperawatan pada sarana kesehatan.Peran koordinator ‡ Perawat memanfaatkan semua sumber-sumber dan potensi yang ada. ‡ Dalam menjalankan peran sebagai coordinator perawat dapat melakukan hal-hal berikut.‡ 4.

Peran kolaborator ‡ Perawat bekerja sama dengan tim kesehatan lain dan keluarga dalam menentukan rencana maupun pelaksanaan asuhan keperawatan guna memenuhi kebutuhan kesehatan klien .Peran konsultan ‡ Elemen ini secara tidak langsung berkaitan dengan permintaan klien terhadap informasi tentang tujuan keperawaatan yang diberikan.Dengan peran ini dapat dikatakan . ‡ 6.‡ 5. .perawat adalah sumber informasi yang berkaitan deengan kondisi spesifik klien.

Memberikan konseling/bimbingan kepada klien.kerjasama.mengubah perilaku hidup kea rah perilaku hidup sehat.Konseling diberikan kepada individu/keluarga dalam mengintegrasikan pengalaman kesehatan dengan pengalaman yang lalu.pemecahan masalah difokuskan pada masalah keperawatan .kelurga dan masyarakat tentang masalah kesehatan sesuai prioritas.Adanya pola interaksi ini merupakan dasar dalam merencanakan metode untuk meningkatkan kemampuan adaptasinya.‡ 7 Counsellor. sebagai pemberi bimbingan dan konseling klien ‡ Tugas utama perawat adalah mengidentifikasi perubahan pola interaksi klien terhadap keadaan sehat sakitnya.bertingkah laku dan menin gkatkan keterampilan klien /kelurga agar menjadi sehta. ‡ 8 peran pembaharu ( change agent) ‡ Perawat mengadakan inovasi daalm cara berpikir .bersikap.Elemen ini mencakup perencanaan.perubahan yang sistematis dalam berhubungan .

pemenuhan kebutuhan harga diri dan aktualisasi diri.dimana perawat dalam melaksanakan tugasnya dilakukan secara sendiri dengan keputusan sendiri dalam melakukan tindakan dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar manusia seperti pemenuhan kebutuhan fisiologis (pemenuhan kebutuhan oksigenasi.Contoh dari tindakan keperawatan mandiri adalah seorang perawat merencanakan dan mempersiapkan perawatan khusus pada mulut klien setelah mengkaji keadaan mulutnya.. .pemenuhan kebutuhan keamanan dan kenyamanan .pemenuhan kebutuhan cinta mencintai.Fungsi perawat ‡ 1.pemenuhan kebutuhan cairan dan elektrolit .Fungsi independen ‡ Merupakan fungsi mandiri dan tidak tergantung pada orang lain.pemenuhan kebutuhan nutrisi.pemenuhan kebutuhan aktivitas dan lain-lain ).

seperti dokter dalam memberikan tindakan pengobatan bekerjasama dengan perawat dalam pemantauan reaksi obat yang telah diberikan .Fungsi interdependen ‡ Fungsi ini dilakukan dalam kelompok tim yang bersifat saling ketergantungan di antara tim satu dengan lainnya. .‡ 2.Fungsi Dependen ‡ Tindakan keperawatan ketergantungan (dependen) adalah aktivitas keperawatan yang dilaksanakan atas instruksi dokter atau dibawah pengawasan dokter dalam melaksanakan tindakaan rutin yang spesifik. ‡ 3.Contoh dari tindakan fungsi ketergantungan adaalh memberikan injeksi antibiotic.Keadaan ini tidak dapat diatasi dengan tim perawat saja melainkan juga dari dokter ataupun lainnya.Fungsi ini dapat terjadi apabila bentuk pelayanan membutuhkan kerjasama tim dalam pemberian pelayanan seperti dalam memberikan asuhan keperawatan pada penderita yang mempunyai penyai kompleks.Aktivitas ketergantungan dalam praktik keperawatan dilaksanakan sehubungan dengan penyakit klien dan hal ini sangat penting untuk mengurangi keluhan yang diderita klien.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful