BAB IV

HUBUNGAN DASAR NEGARA DENGAN KONSTITUSI

Dasar Negara
‡ ‡ ‡ ‡ Philosophische grounslag (Belanda) Weltanschaung (Jerman) Ideology (Inggris) Ideologi (Indonesia)

Ideologi
‡ Konsensus mayoritas warganegara tentang nilai-nilai dasar yang ingin diwujudkan dengan mengadakan negara mereka itu.

»

Adolf Houken (1988)

Ideologi selalu berupa gagasangagasan yang memiliki sifat ‡ 1. Sistematis : tersusun scr terpadu, unsurnya tdk bertentangan satu sama lain. ‡ 2. Berfungsi sbg pedoman dlm kehidupan bernegara (bagi penganutnya atau yg mempercayai) ‡ 3. Masih berupa gagasan dasar shg mmerlukan penjabarn operasional.

dan negara-negara Eropa Timur sampai tahun 1990. ‡ Pancasila di Indonesia . Korea Utara.Contoh Ideologi ‡ Liberalisme di negara Amerika dan negara-negara Barat ‡ Sosialisme/ Komunisme di RRC.

Substansi dasar Negara ‡ Dipengaruhi oleh cara pandang terhadap hakekat manusia sebagai makhluk pribadi dan makhluk sosial ‡ Ada pemikir dasar negara yang mengutamakan salah satu sisi dari kedua dimensi itu. ‡ Ada yang melihat keduanya sebagai suatu yang padu yang tidak bisa dipisahkan .

negara menguasai cabang prod yg merupakan hajat hidup orang banyak Sosialis Manusia adalah makhluk sosial Demokrasi sosialis dengan partai tunggal Kesejahteraan dpt diperoleh melalui kerjasama dan pengambilalihan alat produksi oleh negara Politik Ekonomi .Perbedaan Liberalisme. dan Pancasila Ideologi Aspek Moralitas Liberal Manusia adalah makhluk individu Demokrasi Liberal dan pengakuan HAM Dan multi partai Kesejahteraan dpt dicapai oleh masingmasing ind yg bebas mengejar kepentingannya tanpa campur tangan negara Pancasila Manusia adl makhluk monodualis Demokrasi Pancasila dg sistem perwakilan Kesejahteraan dp dicapai via usaha bersama. Sosialisme.

Dasar dan sumber hukum nasional . Dasar pergaulan antarwarga negara ‡ 5. Dasar partisipasi warga negara ‡ 4. Dasar berdiri dan tegaknya negara ‡ 2.Fungsi Dasar Negara ‡ 1. Dasar kegiatan penyelenggara negara ‡ 3.

XVIII/MPR/1998) . IX/MPR/ 1978.Pancasila sebagai dasar Negara ‡ Pancasila sebagai dasar negara berkedudukan sebagai norma objektif dan norma tertinggi dalam negara. ‡ (Tap MPRS No.XX/MPRS/1966. serta sebagai sumber dari segala sumber hukum. No. jo. Tap MPR. jo Tap MPR No. jo Tap MPR No. V/ 1973.

yang memuat ketentuan-ketentuan yang bersifat dasar dari ketatanegaraan suatu negara . keseluruhan aturan dasar .KONSTITUSI ‡ Arti Luas : Hukum Dasar. yang mengatur bagaimana suatu pemerintah diselenggarakan dalam suatu negara ‡ Arti Sempit : Undang-Undang Dasar. baik yang tertulis maupun tidak tertulis.

shg aturan lain harus sesuai dg konstitusi . memuat ttg lembaga negara dan sekaligus kewenangannya juga peraturan perundangundangan besrta isinya. ‡ Sebagai Hukum tertinggi: Aturan yg terdapat dlm konstitusi secara hirarki mempunyai kedudukan lebih tinggi terhadap aturan lainnya.Kedudukan Konstitusi ‡ Sebagai Hukum dasar: karena berisi aturan dan ketentuan tentang halhal yang mendasar dalam dlm kehidupan suatu negara.

jika dapat diubah dengan prosedur yang sama dengan prosedur pembuatan Undang-undang. ‡ Fleksibel (supel). Strong. . kaku atau supelnya konstitusi ditentukan oleh prosedur mmbuat UU di negara ybs. jika hanya dapat diubah melalui prosedur yang berbeda dengan prosedur pembuatan UndangUndang biasa.Sifat Konstitusi ‡ Kaku (rigid). ‡ CF.

Bagaimana sifat UUD·1945 ? ‡ Rigit atau Fleksibel ? ‡ Berikan alasannya ! .

Fungsi (khusus)Konstitusi ‡ 1. ‡ 2. not by menµ atau ´Rule of lawµ . Menentukan dan membatasi kekuasaan negara. Menjamin Hak-hak asasi warga negara ‡ Sehingga terwujud prinsip ´Goverment by laws.

‡ 3. Ketentuan Larangan mengubah sifat tertentu dari UUD.adendum) .(Pemb. () Pembukaan ‡ 2.( Pasal :37 ) ‡ 5. moral. dan keagamaan.34 ) ‡ 4. Bag.Kesatuan. presidensial. Ketentuan tentang struktur organisasi negara. Ketentuan tentang prosedur mengubah UUD. Pernyataan tentang gagasan politik.Substansi Konstitusi ‡ 1. Ketentuan tentang perlindungan HAM (Pasal 27.(Ps 2-25 ).

...... Gagasan politik.. .dst... Pasal. Pasal . moral. Pres+Wapres... Bab :... Larangan mengubah sifat tertentu dari UUD ² 1... akan dijamin dalam UUD) ‡ b)....(pernyataan pengakuan adanya Tuhan. MPR Bab:.sd.. ‡ Pelajari seksama apakah UUD 1945 memuat tentang: ‡ a)..sd.. ... Prosedur mengubah UUD ‡ e). pernyataan bahwa keadilan. 3.. ² 3.. Perlindungan HAM ‡ d). dan keagamaan...Aktivitas Belajar ‡ Buatlah kelompok belajar yang beranggotakan 2 orang. ² 2... . ‡ c).. ... 4. ... ² 2. Struktur organisasi negara: ² 1...

materi.Cara pembentukan dan mengubah konsitusi. ‡ ..Tujuan.Hubungan dasar negara dan konstitusi ‡ Kegiatan : Kerja kelompok dan presentasi hasil analisa hubungan Dasar Negara dan Konstitusi.. ‡ Tujuan (KD) : Mendiskripsikan hubungan dasar negara dan konstitusi. dan kegiatan hari ini . . ‡ Materi : ‡ .

. Pemberian : ² Raja memberi kepada warganya UUD dan berjanji akan mempergunakan kekuasaan berdasarkan asas-asas tertentu. Sengaja dibentuk : ² Pembuatan UUD dilakukan setelah negara itu didirikan. ‡ 2.CARA PEMBENTUKAN KONSTITUSI ‡ 1.

Cara Evolusi :Perubahan secara berangsur-angsur dapat menimbulkan suatu UUD sehingga UUD yang lama tidak berlaku lagi .‡ 3. 4. Cara Revolusi : ² Pemerintahan hasil revolusi membuat UUD yang kemudian mendapat persetujuan rakyatnya.

. Referandum. Khusus di negara federasi. 3. 4. Oleh Badan Khusus. Oleh Badan Legislatif. 2.CARA MENGUBAH UUD ‡ ‡ ‡ ‡ 1.

‡ Nampak pada gagasan dasar.. . cita-cita.Hubungan dasar Negara dan Konstitusi ‡ Hubungan dasar negara Pancasila dg Konstitusi dapat dilihat dari hubungan silasila Pancasila dlm pembukaan dengan pasalpasal UUD 1945. dan tujuan yang tertuang dalam Pembukaan UUD yang dituangkan dalam bentuk peraturan perundang-undangan..

5 orang.Aktifitas Belajar ‡ Bentuk kelompok max. ‡ Tulislah hasil kerja pada lembar kerja yang telah disediakan ! . ‡ Lakukan analisa UUD 1945 untuk menemukan hubungan Pancasila denga Pasal-pasal dalam UUD 1945.

. 5.Lembar Kerja Hubungan Dasar Negara dengan Konstitusi No Sila 1. 2.. Ketuhanan Yang Mahaesa Kemanusiaan yang adil dan beradab Persatuan Indonesia Kerakyatan yang di pimpin . 4.. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia Pasal dalam UUD·1945 . 3.

Pasal 1 (2).33. Pasal: 1 (1). Ketuhanan Yang Mahaesa Kemanusiaan yang adil dan beradab Persatuan Indonesia Kerakyatan yang di pimpin . pasal 2 sd 24 Pasal : 33 dan 34 ... 18a. 2..31.Lembar Kerja Hubungan Dasar Negara dengan Konstitusi No Sila 1.36. 5.. dan 34.32. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia Pasal dalam UUD·1945 Pasal: 28 E (1) dan 29. 30.29.35. Pasal :27 (1-2). 18b. 18. 28. dan 36b. 4. 36a. 3.

Neg. Konstitusi AS.Kegiatan Hari Ini ‡ Tujuan : Mendiskripsikan Hubungan Dasar Negara dan Konstitusi di Ind. Liberal. dan Komunis/Uni Soviet. dan Uni Soviet. ‡ Kegiatan : Menelaah UUD·45. .

Ingatkah ? ‡ Apa fungsi pokok konstitusi ? ‡ Membatasi kekuasaan pemerintah agar tidak sewenang-wenang ! ‡ Bagaimana caranya ? .

menetapkan dan mengesahkan konstitusi ini untuk Amerika Serikatµ ‡ Bagian Awal Konstitsi AS 1787 . menyediakan pertahanan umum. menjamin keamanan dalam negeri.Hubungan Dasar Negara dan Konstitusi di Negara Liberal (AS) ‡ ´Kami rakyat Amerika Serikat dalam rangka membentuk persatuan yang lebih sempurna. menegakkan keadilan. dan mengamankan Anugerah kemerdekaan bagi diri kita sendiri dan keturunan kita.

Liberty. that they are endowed by their Creator with certain unalienable Right.Piagam Kemerdekaan AS 1776 ‡ ´We hold these truths to be selfevident. that all men are created equal. that among these are Life. deriving their just powers from the consen of the governedµ . That to secure these rights Governments are instituted Men. and the persuit of Happines.

Hal pokok yang diatur dalam sistem pemerintahan demokrasi yang melindungi kebebasan manusia ‡ 1. Pembagian Kekuasaan ‡ 2. Sistem Check and balance .

Pembagian Kekuasaan Negara dalam Konstitusi AS LEGESLATIF EKSEKUTIF YUDIKATIF SENAT PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN KONGGRES SUPREME COURT (MA) DPR(HR) .

-Mahkamah Agung dapat menyatakan tindakan eksekutif tidak konstitusional -Mahkamah Agung berhak menyatakan aturan buatan Konggres tak konstitusional . membentuk badan peradilan di bawah MA dan menentukan gaji hakim -menolak hasil pemilihan para hakim -µmengadiliµ dan memecat hakim.Sistem Check and Balance dalam Konstitusi AS LEGESLATIF EKSEKUTIF -Presiden dapat memveto RUU yang telah disetujui Senat dan DPR -Presiden dapat minta sidang istimewa konggres -Presiden dapat memilih dan mengangkat hakim agung -Presiden berhak memberi pengampunan hukum -Presiden dapat mengajukan rekomendasi hukum YUDIKATIF -Konggres dapat membatalkan veto Presiden -Konggres dapat ´mengadiliµ dan memecat Presiden -Senat dapat menolak perjanjian internasional -Senat dapat nmenolak pejabat yang ditunjuk Presiden -Konggres dapat mengajukan amandement konstitusi untuk melawan MA.

Selamat dan sukses !!!! . Cermati bagan sistem check and balances menurut Konstitusi AS di atas ! ‡ 2.Pelajari pasal-pasal yang mengatur hubungan antar lembaga negara dalam UUD 1945. Buatlah bagan check and balances menurut UUD 1945 ‡ 4. ‡ 3.Tantangan hari ini ‡ 1.

Menjelaskan makna yang terkandun gdalam masing-masing alinea pembukaan UUD 1945 ‡ 2. Menjelaskan kedudukan pembukaan UUD 1945 .Kompetensi Dasar ‡ Menganalisis kedudukan pembukaan UUD 1945 ‡ Kegiatan : ‡ 1.

Lembar Kerja LEGESLATIF(MPR(DPR +DPD) Dapat memberhentikan Presiden. . memutuskan seadiadilnya atas pendapat DPR mengenai dugaan pelanggaran oleh Presiden Calon Hakim Agung diusulkan KY kepada DPR dan ditetapkan oleh Presiden.MK.KY) MK memeriksa. Setiap RUU dibahas oleh DPR dan Presiden EKSEKUTIF (PRES) Mengajukan RUU kpd DPR Dpt diberhentikan MPR atas usul DPR Presiden tidak bisa membekukan DPR Dalam hal kegentingan yang memaksa Presiden berhak menetapkan Perpu Memberi grasi dan rehabilitasi dg pertimbangan MA Memberi amnesti dan abolisi dengan pertimbangan DPR YUDIKATIF (MA.

Mao Tse Tung) ‡ Komunisme bukan hanya mrp sistem politik tetapi juga gaya hidup yg berdasarkan nilai-nilai tertentu: ‡ 1. Gagasan monoisme ‡ 2. Kekerasan sbg alat yang sah guna mencapai komunisme ‡ 3.Konstitusi pada negara Komunis (RRC. Negara merupakan alat untuk mencapai komunisme .

.Mekanisme konstitusional demokrasi rakyat (ala komunis) ‡ Pembuat keputusan tertinggi adalah PKC yang menentukan semua kebijakan. ‡ Tidak ada proses legeslasi secara terbuka.

Konggres Rakyat Cina (legeslatif) ‡ 3.Lembaga-lembaga kenegaraan ‡ 1. Ketua dan Sekjen PKC (eksekutif) ‡ 2. Mahkamah rakyat tertinggi dan kejaksaan rakyat tertinggi (yudikatif) .

.SAMPAI KETEMU MINGGU DEPAN. INSYA ALLAH «. .

bentuk negara. d.Kedudukan Pembukaan UUD 1945 sbg Staatsfundamentalnorm. ‡ a. dasar filsafat negara. . memuat dasar-dasar pokok negara tujuan negara. ketentuan diadakannya UUD. c. karena ‡ 1. b. Dari segi terjadinya ditentukan oleh pembentuk negara. 2. Dari segi isi.

Tetap mempertahankan NKRI. ‡ 4. Perubahan UUD 1945 dilakukan dengan cara Adendum. Mempertegas sistem pemerintahan presidensial. ‡ 3.5 Kesepakatan Dasar MPR tentang Perubahan UUD 1945 ‡ 1. ‡ 2. Penjelasan UUD 1945 ditiadakan ‡ 5. Tidak mengubah Pembukaan UUD 1945. .

Makna yang terkandung dalam Pembukaan UUD·45 ‡ Alinea 1 ‡ Keteguhan dan kuatnya pendirian bangsa Ind thd mslh kemerdekaan. ‡ Penjajahan tdk sesuai peri kemanusiaan dan peri keadilan ‡ Aspirasi bgs Ind unt membebaskan diri dari penjajahan .

Alinea 2 ‡ Perjuangan bangsa ind sudah sampai pada saat yang tepat untuk memproklamasikan. ‡ Kemerdekaan bukan akhir dari perjuangan ‡ Perlu usaha untuk mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan masy adil makmur .

Alinea 3 *Ketaqwaan bgs ind thd Tuhan YME *Kemerdekaan dimotivasi oleh keinginan luhur untuk menjadi bangsa yang bebas dari penjajahan .

Alinea 4 ‡ Terdapat rumusan tentang tujuan negara ‡ Pentingnya mengatur kehidupan negara dalam UUD ‡ Bentuk pemerintah republik ‡ Dasar negara Indonesia Pancasila .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful