Kelompok 5

FUNGSI DAN CARA KERJA GOVERNOR VAKUM DAN SENTRIFUGAL
OLEH: KRESNA AGUNG F. PIPIT AGUNG P. ANDRI SAIKUL I.

meskipun terjadi perubahan beban.Governor ‡ Governor dirancang untuk menstabilkan putaran mesin. ‡ Cara mengatur putaran daya mesin yaitu dengan mengontrol volume penyemprotan berdasarkan fluktuasi beban mesin yang tak terkontrol dari pedal gas. Perubahan beban yang dapat diterima governor tentunya dalam batas tertentu. .

Cara Kerja Governor ‡ Governor bekerja dengan menggerakkan rak pengontrol pompa injeksi yang mengatur langkah efektif plunyer sesuai beban yang terjadi. bila beban berkurang maka governor akan menggerakkan rack kearah pengurangan jumlah bahan bakar yang di injeksikan . maka governor akan menggerakkan rack kea rah penambahan jumlah bahan bakar yang di injeksikan. ‡ Sebaliknya. ‡ Beban mesin bertambah.

Disamping itu juga mendorong governor pada posisi menguncup.Prinsip Kerja Governor ‡ . Pompa injeksi menginjeksikan bahan bakaar dalam jumlah banyak. pegas governor mendorong rack kea rah injeksi besar. sehingga putaran mesin bertambah kembali pada putaran sebelumnya . Saat beban bertambah putaran mesin berkurang.

karena governor mengurangi jumlah bahan bakar yang diinjeksikan . Sehingga putaran mesin akan turun kembali pada putaran semula. Gaya ini bila lebih besar dari tegangan pegas governor. maka gaya sentrifugal bertambah juga.‡ Saat beban mesin berkurang. Bertambahnya putaran mesin diikuti dengan bertambahnya putaran governor. maka putaran mesin akan bertambah. maka rack akan ditarik kearah injeksi kecil. Karena putaran governor bertambah.

Jenis Governor ‡ Governor Mekanik Governor mekanik volume penyemprotan bahan bakar diatur oleh bobot sentrifugal governor yang diputar oleh poros nok pompa injeksi .

Governor mekanik ada 2 ‡ Governor sentrifugal jenis RQ/RQV .

5. 3.Batang pengatur . Bantalan antar 9.Tuas ayun 11.Tuas pengatur 8. 2. 6. Pegas start Tuas penyetel Tuas tarik Tuas antar Pegas pengatur Pegas tambahan ( idle ) 7.Governor sentrifugal jenis RS/RSV 1. 4.Bobot sentrifugal 10.

Governor Pneumatik ‡ Pada governor pneumatic/hidrolik volume injeksi bahan bakar diatur berdasarkan kevakuman venturi pada saliran masuk mesin diesel atau tekanan hidraulik bahan bakar .

pertambahan beban mesin tidak merubah putaran mesin. Hal ini akan diikuti oleh turunnya kevacuman. Dengan demikian putaran mesin akan kembali ke putaran semula. pada saat menginginkan perubahan tingkat kecepatan. terjadi penambahan beban maka akan menyebabkan putaran mesin turun. Pada saat kecepatan tertentu. . maka operator merubah posisi membukanya katup kupu-kupu.Prinsip kerja ‡ Prinsip kerjanya. yang berarti tegangan pegas lebih besar dari kevacuman dan mendorong rack ke kiri atau menambah injeksi bahan bakar.

Oleh karena itu kevacuman akan menarik diapragma ke kanan. yang diikuti oleh kenaikan kevacuman. hingga kevacuman lebih besar dari tegangan pegas governor. dan putaran mesin akan kembali ke putaran semula . aliran udara ke silinder stabil.‡ Pada saat tidak ada putaran beban. Dengan demikian putaran mesin akan turun karena jumlah bahan bakar berkurang. ‡ Pada saat beban berkurang. maka rack tidak bergerakmenambah atau mengurangi injeksi karena tegangan pegas governor sama dengan kevacuman. kevacuman juga tetap. putaran mesin akan naik. yang diikuti oleh rack pompa injeksi juga tertarik kekanan ke posisi pengurangan injeksi bahan bakar.

.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful