Penatalaksanaan

‡ Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan Dietilcarbamazine (DEC) sebagai satu-satunya obat yang efektif, aman, dan relatif murah. Pengobatan dilakukan dengan pemberian DEC 6 mg/kgBB/hari selama 12 hari. Pengobatan ini dapat diulang 1 hingga 6 bulan kemudian bila perlu, atau DEC selama 2 hari per bulan (6-8 mg/kgBB/hari).

‡ Obat lain yang dapat digunakan adalah Ivermektin. Albendazol bersifat makrofilarisidal untuk W. bancrofti dengan pemberian setiap hari selama 2-3 minggu. . Meski Ivermektin sangat efektif menurunkan kadar mikrofilaremia. Namun. dari penelitian dikatakan obat ini masih belum optimal. DEC masih digunakan. Jadi untuk mengobati individu. tampaknya tidak dapat membunuh cacing dewasa (nonmakrofilarisidal).

4% selama 9-12 bulan. dengan jangka waktu pemberian yang lebih lama untuk mencapai dosis total yang sama misalnya dalam bentuk garam DEC 0.‡ Pada pengobatan masal DEC diberikan dengan dosis lebih rendah (6 mg/kgBB). atau dosis tunggal setiap 6 bulan atau 1 tahun. . Atau pemberian obat dilakukan seminggu sekali.2-0.

.2-0. malayi. bancrofti.4% selama 9-12 bulan. ‡ Pengobatan filariasis timori menyerupai B. Yang dianjurkan adalah pemberian dosis rendah jangka panjang (100 mg/minggu selama 40 minggu) atau garam DEC 0. pemberian dosis standar dan dosis tunggal tidak dianjurkan.‡ Prinsip pengobatan pada filariasis malayi hampir sama dengan pengobatan pada W. Pada filariasis malayi diberikan DEC dengan dosis 6 mg/KgBB/hari selama 6 hari. Ada kepustakaan lain yang menyebutkan bahwa DEC diberikan dengan dosis 5 mg/KgBB/hari selama 10 hari. Untuk pengobatan masal.

Hidrokel yang dirasakan terlalu berat dan mengganggu pasien dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari. Indikasi kosmetik. ‡ Beberapa indikasi untuk melakukan operasi pada hidrokel adalah: Hidrokel yang besar sehingga dapat menekan pembuluh darah.‡ Non farmakologi : ‡ Aspirasi cairan hidrokel tidak dianjurkan karena selain angka kekambuhannya tinggi. kadang kala dapat menimbulkan penyulit berupa infeksi. .

dilakukan: ‡ Pencucian dengan sabun dan air dua kali per hari ‡ Menaikkan tungkai yang terkena pada malam hari ‡ Ekstremitas digerakkan teratur untuk melancarkan aliran menjaga kebersihan kuku ‡ Memakai alas kaki ‡ Mengobati luka kecil dengan krim antiseptik atau antibiotik ‡ Untuk kiluria. diberikan terapi nutrisi rendah lemak.Pada ekstremitas yang terkena. dengan asupan cairan tinggi dan dapat diberikan suplemen tambahan . tinggi protein.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful