PERANG DUNIA II 1939-1945

Komunisme unisoviet. kepercayaan dan paham dari masyarakat. fasisme italia. Partai politik tunggal ideologi yang disebarkan dan dimasukkan ke dalam berbagai aspek kehidupan agar seluruh masyarakat bisa dimobilisir melalui partai tunggal tersebut. Nazisme Jerman. Militerisme Jepang .LAHIRNYA NEGARA TOTALITARIAN Sistem totalitarian adalah bentuk pemerintahan dari suatu negara yang selalu berusaha menentukan nilai-nilai 'baik' dan 'buruk' dari prilaku.

FASISME ITALI Fasisme merupakan sebuah paham politik yang mengangungkan kekuasaan absolut Kata fasisme diambil dari bahasa Italia. Ikatan kayu ini lalu tengahnya ada kapaknya dan pada zaman Kekaisaran Romawi dibawa di depan pejabat tinggi. Fascis ini merupakan simbol daripada kekuasaan pejabat pemerintah. yang berarti seikat tangkai-tangkai kayu. .

kirche) 6. Pengingkaran derajat kemanusiaan (menolak konsep persamaan ) 3. negara adalah satu (tidak ada oposisi) 4. Rasialisme dan imperialisme 7.1. Totaliterisme (3 K =kinder . menentang hukum dan ketertiban internasional . pemerintahan oleh kelompok elit 5.kuche . Ketidakpercayaan pada kemampuan nalar (doktrin) 2.

Italia utara. Ia dipaksa mundur dari jabatan Perdana Menteri Italia pada 28 Juli 1943 setelah serangkaian kekalahan Italia di Afrika. Dua tahun kemudian. Setelah ditangkap. .Benito Amilcare Andrea Mussolini (29 Juli 1883 ± 28 April 1945) adalah seorang diktator Italia yang menganut Fasis Ia adalah diktator Italia pada periode 1922-1943. ia dieksekusi di Como. ia diisolasi.

dan homokesual). Orang Rom. Partai Pekerja Nasional-Sosialis Jerman) atau Partai Nazi adalah sebuah partai politik yang pernah dimiliki oleh Jerman yang didirikan pada 1920 dan berbasis di München Ideologi Nazi menekankan pada kemurnian ras orang-orang Jerman menyingkirkan kaum Yahudi. kelompok Saksi-Saksi Yehuwa. orang-orang cacat mental atau fisik. dan komunis Holocaust pembunuhan sistematis terhadap 6 juta Yahudi .NAZISME JERMAN nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei (NSDAP. orang Slavia.

.

Militerisme Jepang Militerisme adalah suatu pemerintahan yang didasarkan pada jaminan keamanannya terletak pada kekuatan militernya dan mengklaim bahwa perkembangan dan pemeliharaan militernya untuk menjamin kemampuan itu adalah tujuan terpenting dari masyarakat Perdana menteri Hideki Tojo Militerisme Jepang berkaitan dengan Patriotisme yang fanatik .

B. ‡ Latar Belakang Perang Dunia II Penyebab tidak langsung Perang Dunia II Munculnya Nasionalisme Berlebihan Kebanggaan terhadap bangsa sendiri dan merendahkan bangsa lain Di Itali muncul klaim atas wilayah yang pernah menjadi bagian kekaisaran Romawi Di Jerman muncul pengejaran terhadap bangsa Yahudi dalam rangka pemurnian ras Arya Di Jepang muncul klaim atas asia sebagai kesatuan kawasan di bawah Jepang .

Spanyol. Uni Soviet dan Jepang .Timbulnya pemerintah diktator -Kesuksesan pemerintah diktator memulihkan perekonomian mendorong negara lain menerapkan sistem pemerintah sama -Pemerintah diktator muncul di Italia. Jerman.

Serangan Jerman ke Rhineland dan Austria .Serangan Jepang ke Manchuria dan China .Agresi militer Jerman berdasarkan doktrin Lebensraum (ruang hidup bagi orang Jerman) .Doktrin pemerintahan diktator dan klaim wilayah menyebabkan agresi militer Italia.Politik agresi militer untuk bahan mentah industri perang .Agresi militer Itali berdasarkan doktrin Italia Iredenta (mengakui wilayah kerajaan romawi) .Serangan Italia ke Afrika Utara dan Ethiopia . Jerman dan Jepang pada tahun 1930 .Munculnya Politik Agresi Militer .Agresi militer Jepang berdasarkan doktrin Hakko-ichi-u (kesatuan keluarga umat manusia) .

Perang dingin (the cold war) .Pertempuran di Front Pasifik di mulai serangan jepang ke pangkalan angkatan laut Pearl Habour di Hawai C.Muncul pakta pertahanan AS dengan NATO (North Atlantic Treaty Organization) . Dampak Perang Dunia II Bidang Politik .Muncul negara super power pemenang perang Amerika Serikat (demokrasi liberal) dan Uni soviet (komunisme) . India.Pertempuran front Eropa dan Afrika Utara dimulai dengan serangan Jerman atas Polandia pada 1 September 1939 .Penyebab langsung Perang Dunia II . Srilanka Filipina . Indonesia.Muncul pakta pertahanan Unisoviet dengan Pakta Warsawa .Munculnya negara negara merdeka di Asia. Pakistan.Tersebarnya pengaruh ideologi Demokrasi Liberal dan Komunisme .

PBB -Tokoh perdamaian yang muncul Franklin Delano Roosevelt. Harry S.Bidang Ekonomi .Perekonomian dunia terbagi atas sistem Ekonomi Liberal.Muncul gerakan sosial untuk memulihkan kesejahteraan rakyat yang porak poranda akibat perang -Timbulnya inisiatif mendirikan lembaga internasional yang berwibawa untuk memelihara perdamaian dunia. Joseph Stalin (Uni soviet) .As melancarkan Marshall Plan yaitu program untuk membantu perekonomian negara-negara barat . Ekonomi Komando dan Ekonomi Campuran Bidang Sosial . Truman Winston Churchill (Inggris).

Peta Itali .

ASIA .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful