You are on page 1of 6

TUGAS GEOGRAFI

‡ Awan adalah gumpalan uap air yang terapung di atmosfir. Ia kelihatan seperti asap berwarna putih atau kelabu di langit.

JENISJENIS-JENIS AWAN
‡ Awan menurut bentuknya terbagi menjadi beberapa jenis, jenis, diantaranya: diantaranya: 1. Awan Kumulus ‡ Awan Kumulus adalah awan yang bentuknya seperti bunga kol. Awan ini terjadi karena proses konveksi. Secara kol. konveksi. lebih rinci awan ini terbagi dalam 3 jenis, yaitu: strato jenis, yaitu: kumulus yaitu awan kumulus yang baru tumbuh, kumulus, tumbuh, kumulus, dan kumulonimbus yaitu awan kumulus yang sangat besar dan mungkin terdiri beberapa awan kumulus yang bergabung menjadi satu. satu.

‡ 2. Awan cirrus
Awan cirrus adalah awan tinggi dengan ciri- tipis, ciri-ciri tipis, berserat seperti bulu burung. burung. Pada awan ini terdapat kristalkristalkristal es. Terkadang puncak awan cirrus es. bergerak dengan cepat. Arah anginnya cepat. juga dapat bervariasi. bervariasi.

‡ 3. Awan Stratus
Awan Stratus adalah awan yang berwarna keabukeabuabuan yang biasanya menutupi seluruh langit. langit. Kita menyebutnya langit mendung. Awan ini mirip mendung. kabut yang tak mencapai tanah. Terkadang tanah. gerimis mengiringi awan stratus. Kalau menghasilkan hujan, namanya adalah nimbo hujan, stratus

TERIMA KASIH
WASSALAMU ALAIKUM WR. WB.