PENERAPAN AKIDAH ISLAM DALAM KEHIDUPAN

Bayu Dita Ayu Suhari, 1006690310 Lana Puspitasari, 1006699404 Kais Abdulah Faqih Maulana Yodha Permana, 1006776914 Rizky Tri Anggara,

. Secara terminologi (istilah): Akidah adalah iman yang teguh dan pasti. tidak ada keraguan sedikit pun bagi orang yang meyakini-Nya.Apa itu Akidah? Akidah Secara etimologi (bahasa): Berasal dari kata al-µaqdu ( ) yang berarti ikatan atau 'aqada yang berarti ³ikatan dua utas tali dalam satu buhul yang akhirnya tersambung´.

. . takdir baik dan buruk. segala pelaksanaan kewajiban. dan mengimani seluruh apa-apa yang telah shahih tentang prinsip (Ushuluddin).. . bertauhid dan taat kepada-Nya. Kitab-kitab-Nya. beriman kepada Malaikat-malaikat-Nya. beriman kepada apa yang menjadi ijma' (konsensus) dari Salafush Shalih..Akidah Islam adalah. keimanan yang teguh dan bersifat pasti kepada Allah swt. perkara-perkara yang ghaib. serta seluruh berita-berita qath¶i (pasti). baik secara ilmiah maupun secara amaliyah yang telah ditetapkan menurut Al-Qur'an dan As-Sunnah yang shahih serta ijma¶ Salafush Shalih. hari akhir. Rasul-rasul-Nya..

Mengapa Akidah itu penting? Akidah adalah dasar keteguhan iman seseorang Akidah merupakan kunci diterimanya amal perbuatan .

. .Penerapan Nilai-Nilai Akidah dalam kehidupan Pemahaman akidah tidak hanya harus diyakini di dalam hati. tapi juga harus diimplementasikan dalam kegiatan hidup kita sehari-hari agar setiap apa-apa yang kita lakukan mendapat ridha Allah...

memperbaiki diri dengan senantiasa berinstropeksi. serta meluruskan hati dan menyingkirkan pikiran-pikiran buruk yang dapat merusak akidah kita. berusaha memenuhi kebutuhan jasmani & rohani. .Penerapan Akidah dalam Kehidupan Pribadi Penerapan akidah dalam kehidupan pribadi dapat dilakukan dengan cara selalu mendekatkan diri kepada Allah melalui pemahaman kita terhadap AlQuran dan As-Sunnah.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan aktivitas saling membantu sesama manusia. . saling mengajak dalam hal kebaikan serta mengingatkan saudara kita yang lupa.Penerapan Akidah dalam Kehidupan Sosial Kita sebagai makhluk sosial sekaligus seorang muslim harus dapat mengimplementasikan akidah yang kita pahami ke dalam interaksi kita dengan masyarakat. dan lain sebagainya.

Akan tetapi. . filsafat modern. dan dalam hal ini peran Akidah begitu penting untuk memfilter dan menjaga aktivitas kita agar tetap selaras ajaran Rasulullah dan mendapat ridha Allah. Budaya modern. serta ilmu pengetahuan dari segala penjuru dunia berasimilasi satu sama lain. semua hal yang berbau modern memaksa kita untuk mengikuti mereka jika ingin terus bertahan hidup di zaman yang serba maju dan modern ini. perkembangan kesemuanya perlu tetap diimbangi dengan agama. hingga teknologi modern di dunia.Zaman Globalisasi ± masih perlukah akidah? Globalisasi menciptakan budaya. pemikiran.

Bagaimana Cara Memperkokoh Akidah kita? Pembelajaran Akidah Islam sejak dini   Mendekatkan diri pada Allah dengan Al-Quran  Membentuk lingkaran kebaikan  Berusaha memenuhi kebutuhan jasmani & rohani .

dan menggunakan Al quran dan Al Hadist sebagai pedoman utama .Kesimpulan Sebagai umat islam kita memperdalam pengetahuan kita mengenai akidah.

Terima Kasih :) .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful