Kronologis Pendudukan Jepang
Semangat Hakko-Ichi-u (Ajaran tentang Hakko-Ichikesatuan keluarga umat manusia) mendorong Jepang menjadi Imperialis, dan bertujuan mempersatukan seluruh Asia dibawah kekuasaannya Jepang Menginvasi Cina pada tahun 1937 7 Desember 1941, Jepang menyerang Pangkalan militer AS di Pearl Harbour, maka dimulailah perang Pasifik

AS menyatakan perang dengan Jepang dan merupakan awal dari perang Pasifik Jepang menyerang ke Burma. Filipina.8 Desember 1941. Singapura dan Filipina jatuh ke tangan Jepang dan ini awal masuknya Jepang ke indonesia dengan dilancarkannya operasi Gurita. Jepang menenggelamkan kapal milik sekutu yaitu Prince of wales dan Repulse 14 Februari 1942. . Malaysia dan Singapura Mengantisipasi serangan kilat Jepang di Asia Tenggara sekutu membentuk Front ABDACOM 10 Desember 1941.

.

.

.

Data kerugian yang dialami AS 19 kapal tenggelam.403 orang tewas dan 1. 56 pesawat hancur 2.178 luka-luka .

.

Pendudukan Jepang di Singapura .

Balikpapan 23 jan. Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang di Kalijati. dan menguasai Padang tanggal 18 maret 1942 Seluruh wilayah Indonesia telah menjadi bagian dari kekuasaan penjajahan Jepang . Makassar 10 feb Memasuki Batavia 5 maret.Menginvasi Tarakan 11 Jan. Manado 13 jan. Subang 8 Maret 1942. Kendari 25 jan Menguasai Pontianak 1 feb.

karena tempat ladang minyak .Tarakan Daerah pertama yang dikuasai oleh Jepang.

Propaganda Jepang Untuk Menarik Simpati Rakyat Indonesia 1. Gerakan 3A 4. Tokoh-tokoh nasional diikutsertakan dalam Tokohpemerintahan 5. Mengaku sebagai saudara tua 2. Diberi kemudahan kepada Ummat Islam untuk naik haji . Jepang datang untuk tidak menjajah. tetapi ingin membebaskan penjajahan dari Belanda dan Sekutu 3.

.

ekonomi.1. Melaksanakan politik autarki. . sosial dan agama dihapus dan diganti dengan organisasi buatan Jepang Ekonomi a. Bidang Politik a. Organisasi politik. Melarang aktivitas politik b. Melakukan eksploitasi dan monopoli b. untuk memenuhi kebutuhan perang Jepang 2. Menguasai perusahaan vital milik Belanda c.

memperlancar dan mengendalikan kewajiban terhadap Jepang b. Munculnya Jugun Ianfu . Sosial a. Eksploitasi tenaga manusia (Romusha) d. mengawasi penduduk.3. Dibentuk Rumokyukai (Bertugas dalam pengerahan tenaga Romusha) c. Memperkenalkan sistem Tonarigumi (RT) Tujuan.

Mantan Jugun Ianfu sedang Demo Pengerahan tenaga Romusha Pengawasan kepada tomusha .

Rikugun . Rikugun (AD) Batavia.Pembagian Wilayah Kekuasaan Oleh Jepang Makassar. Kaigun (AL) Bukit Tinggi.

Seikerei (Menghormati Kaisar). upacara bendera. Celebes dll d. Pergantian nama tempat seperti Borneo. Budaya a. Taisho (Senam). Banyak memberi kesempatan untuk mendapat pendidikan b. Pendidikan a. drama untuk propaganda 5. Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar . Mempengaruhi dalam film. Penggunaan tanggalan Jepang b.4. c.

Orang Indonesia banyak menempati posisi penting dalam pemerintahan 7. Militer a. Keibodan (Pembantu polisi) g. Gakutokai (Barisan pelajar) e. Suishintai (Barisan pelopor) d. Jibakutai (Pasukan berani mati) c. Seinendan (Barisan pemuda) f. PETA b. Birokrasi a.6. Fujinkai (Barisan wanita) . Pembagian wilayah yang dikuasai oleh Rikugun dan Kaigun b.

Gakutokai Keibodan Heiho latihan .

Bendera PETA Latihan Militer Tentara PETA .

8. Dibentuk Keimin Bunka Shidosho (Pusat kebudayaan Jepang) . Karya sastra berkembang yang disebut angkatan 45. Bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa resmi di Instansi pemerintah dan lembaga pendidikan b. Chairil Anwar c. dengan tokohnya : Armijn Pane. Bahasa Indonesia dan sastra a.

karena gerakan 3A tidak mendapat simpati maka dibuatlah PUTERA. Gerakan ini dipimpin oleh Mr Syamsudin. bertujuan untuk menarik simpati 3A.1. KI Hajar Dewantara dan KH Mas Mansyur. Moh Hatta. Syamsudin.Dipimpin oleh 4 Serangkai yaitu : Soekarno.Gerakan gagal karena para anggotanya memiliki jiwa Patriotisme tinggi untuk mencapai Indonesia Merdeka. Gerakan 3A. . rakyat Indonesia agar bersedia membantu Jepang dalam perang Asia Timur Raya. PUTERA (Pusat Tenaga Rakyat). 2.Gerakan ini Mansyur.

dalam organisasi ini para pemuda dilatih militer oleh Jepang tujuan untuk memenuhi kebutuhan perang Pasifik. tugasnya Menyampaikan usul dan saran kepada pemerintah Jepang dengan Ketuanya Soekarno. Tahun 1944 dibubarkan karena tidak PETA. Cuo Sangi In (Badan Perwakilan Rakyat Pusat). Sudirman dan AH Nasution yang pernah menjadi pemimpin PETA. menguntungkan Jepang. Kusumo Utoyo. MIAI (Majelis Islam A la Indonesia). . 4.3. dan Buntaran Martoatmojo. PETA (Pembela Tanah Air). organisasi ini dibubarkan dan diganti dengan MASYUMI 5. Dalam perkembangan berikutnya PETA sangat berperan dalam meraih kemerdekaan dengan cara perjuangan fisik.

Melaksanakan sesuatu dengan bukti nyata c. Jawa Hokokai (Himpunan Kebaktian Jawa) tujuan gerakan.Diwujudkan dalam bentuk Raya.6. Fujinkai (Himpunan Kebaktian Pemudi) . Kyoku Hokokai (Himpunan Kebaktian Guru) 2. Mempertebal rasa persaudaraan Gerakan ini terbagi menjadi beberapa organisasi gabungan yaitu : 1. Izi Hokokai (Himpunan Kebaktian Dokter) 3. Rela untuk mengorbankan diri b. agar rakyat terhimpun tenaganya secara lahir dan batin untuk meningkatkan semangat kebaktian (Hokoseisin) dalam menghadapi perang Asia Timur Raya.Diwujudkan a.

Golongan Kaigun. SindangSindangIndramayu (Haji Madriyan) SukamanahSukamanahTasikmalaya (KH Zainal Mustafa) BlitarBlitar-Pemberontakan tentara PETA (Supriyadi) Perlawanan Bawah Tanah/Rahasia 1. berperan besar menjelang Proklamasi Kemerdekaan 4. 4. Cot PliengPliengLhokseumawe (Tengku Abdul Jalil) Karang Ampel. didukung oleh para pelajar 3. Perlawanan Frontal Aceh. Golongan Amir Syarifudin 2. 2. Golongan Sutan Syahrir. Golongan Sukarni. yang dipimpin oleh Ahmad Subardjo .1. 3.

Hiroshima Nagasaki .

Kapal perang AS Missouri sebagai tempat Penandatanganan tak bersyarat Jepang kepada Sekutu sebagai akhir PD II .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful