Kuliah Universitas Bale Bandung Harnovinsah

AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK

Regulasi dan Standar

Latar Belakang
Organisasi sektor publik harus bisa memberikan pertanggungjawaban melalui laporan keuangannya. y Perlu dibuat standar akuntansi untuk acuan dan pedoman proses akuntansi dalam organisasi sektor publik.
y

Standar yang ada untuk Akuntansi Sektor Publik
IAI Pemerintah IFAC USA PSAK 45 organisasi nirlaba Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintah (PSAP) International Public Sector Accounting Standards (IPSAS) GASB dan FASAB

tapi untuk mengembangkan atau merevisi standar yang ada y IPSAS dikembangkan menurut basis akrual y .IPSAS Mengacu pada International Accounting Standards (IAS / IFRS) y IPSAS bukan untuk mengganti standar yang ada di suatu negara.

IPSAS (cont·d) IPSAS 1 IPSAS 2 IPSAS 3 IPSAS 4 IPSAS 5 IPSAS 6 IPSAS 7 IPSAS 8 IPSAS 9 IPSAS 10 Presentation Of Financial Statements. Fundamental Errors And Changes In Accounting Policies The Effects Of Changes In Foreign Exchange Rates Borrowing Costs Consolidated Financial Statements And Accounting For Controlled Entities Accounting For Investments In Associates Financial Reporting Of Interests In Joint Ventures Revenue From Exchange Transactions Financial Reporting In Hyperinflationary Economies . Cash Flow Statements Net Surplus Or Deficit For The Period.

Plant And Equipment Segment Reporting Provisions.IPSAS (cont·d) IPSAS 11 IPSAS 12 IPSAS 13 IPSAS 14 IPSAS 15 Construction Contracts Inventories Leases: International Public Sector Accounting Standard Events After The Reporting Date Financial Instruments: Disclosure And Presentation Investment Property Property. Contingent Liabilities And Contingent IPSAS 16 IPSAS 17 IPSAS 18 IPSAS 19 Assets IPSAS 20 Related Party Disclosures -----------Financial Reporting under Cash Basis of Accounting .

International Accounting Standards Committee .Governmental Accounting Standard Board .Ikatan Akuntan Indonesia SAK .International Monetary Fund .International Federation of Accountant IPSAS .Financial Accounting Standard Board .UU dan Perpu .Organisasi profesional lain di berbagai negara y .PSAP Komite Standar Akuntansi Pemerintah Pusat dan Daerah (KSAP) wewenang untuk menyusun dan menerbitkan PSAP y Referensi Materi penyusunan: .

belanja.PSAP (cont·d) y y y Proses transisi menuju basis akrual pendapatan. pembiayaan dicatat berbasis kas Aset. hutang. dan ekuitas dicatat berbasis akrual Tahun 2008 fully akrual UU 17/2003 Informasi keuangan pemerintahan yang menerapkan PSAP dapat jadi dasar pengambilan keputusan dan terwujud transparansi serta akuntabilitas .

Perubahan KebijakanAkuntansi. No 10 tentang Koreksi Kesalahan.PP 24/2005 STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN Kerangka Konseptual Akuntansi Pemerintahan Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan (PSAP): No 01 tentang Penyajian Laporan Keuangan No 02 tentang Laporan Realisasi Anggaran No 03 tentang Laporan Arus Kas No 04 tentang Catatan atas Laporan Keuangan No 05 tentang Akuntansi Persediaan. No 07 tentang Akuntansi Aset Tetap. dan Peristiwa Luar Biasa. No 06 tentang Akuntansi Investasi. No 08 tentang Akuntansi Konstruksi Dalam Pengerjaan. dan No 11 tentang Laporan Keuangan Konsolidasian . No 09 tentang Akuntansi Kewajiban.

Laporan ini harus menyajikan secara terpisah aktiva bersih baik yang terikat maupun yang tidak terikat. . meskipun tidak ada kepemilikan.Nir Laba ² PSAK 45 y y y y y Perbedaan utama yang mendasar terletak pada cara organisasi memperoleh sumber daya Organisasi nirlaba memperoleh sumber daya dari sumbangan para anggota dan para penyumbang yang tidak mengharapkan imbalan Pada beberapa bentuk organisasi nirlaba. organisasi tersebut mendanai kebutuhan modalnya dari utang dan kebutuhan operasinya dari pendapatan atas jasa. Kemampuan organisasi untuk terus memberikan jasa dikomunikasikan melalui laporan posisi keuangan. Pertanggungjawaban manajer mengenai kemampuannya mengelola sumber daya organisasi yang diterima dari para penyumbang disajikan melalui laporan aktivitas dan laporan arus kas.

maka jumlahnya tidak pernah dibagikan kepada para pendiri atau pemilik entitas tersebut. dan kalau suatu entitas menghasilkan laba. Menghasilkan barang dan/atau jasa tanpa bertujuan memupuk laba. departemen dan unit-unit sejenis lainnya. y PSAK 45 tidak berlaku bagi lembaga pemerintah. Tidak ada kepemilikan seperti lazimnya pada organisasi bisnis. .Lingkup PSAK 45 y Pernyataan ini berlaku bagi laporan keuangan yang disajikan oleh organisasi nirlaba yang memenuhi karakteristik sebagai berikut: Sumber daya entitas berasal dari para penyumbang yang tidak mengharapkan pembayaran kembali atau manfaat ekonomi yang sebanding dengan jumlah sumber daya yang diberikan.

Pembatasan tersebut dapat bersifat permanen atau temporer. Pembatasan temporer adalah pembatasan penggunaan sumber daya oleh penyumbang yang menetapkan agar sumber daya tersebut dipertahankan sampai dengan periode tertentu atau sampai dengan terpenuhinya keadaan tertentu. tetapi organisasi diizinkan untuk menggunakan sebagian atau semua penghasilan atau manfaat ekonomi lainnya yang berasal dari sumber daya tersebut. Sumbangan terikat adalah sumber daya yang penggunaannya dibatasi untuk tujuan tertentu oleh penyumbang. .Definisi y y y y Pembatasan permanen adalah pembatasan penggunaan sumber daya yang ditetapkan oleh penyumbang agar sumber daya tersebut dipertahankan secara permanen. Sumbangan tidak terikat adalah sumber daya yang penggunaannya tidak dibatasi untuk tujuan tertentu oleh penyumbang.

LAPORAN KEUANGAN ORGANISASI NIRLABA (PSAK 45) Laporan terdiri : keuangan organisasi nirlaba laporan posisi keuangan pada akhir periode laporan laporan aktivitas laporan arus kas untuk suatu periode pelaporan catatan atas laporan keuangan .

dan faktor lainnya yang berpengaruh pada likuiditasnya. adalah untuk menyajikan informasi mengenai: Jumlah dan sifat aktiva. peristiwa dan situasi lainnya yang mengubah nilai dan sifat aktiva bersih. dan aktiva bersih suatu organisasi. Jenis dan jumlah arus masuk dan arus keluar sumber daya dalam satu periode dan hubungan antara keduanya. kewajiban. Usaha jasa suatu organisasi. .Tujuan Rinci Laporan keuangan y Tujuan laporan keuangan. termasuk catatan atas laporan keuangan. memperoleh pinjaman dan melunasi pinjaman. Cara suatu organisasi mendapatkan dan membelanjakan kas. Pengaruh transaksi.

dan aktiva bersih dan informasimengenai hubungan di antara unsur-unsur tersebut pada waktu tertentu. y Informasi dalam laporan posisi keuangan yang digunakan bersama pengungkapan dan informasi dalam laporan keuangan lainnya. anggota organisasi. fleksibilitas keuangan. dapat membantu para penyumbang. kemampuan untuk memenuhi kewajibannya. kreditur dan pihak-pihak lain untuk menilai: y kemampuan organisasi untuk memberikan jasa secara berkelanjutan dan likuiditas. . dan kebutuhan pendanaan eksternal.Laporan Posisi Keuangan Tujuan laporan posisi keuangan adalah untuk menyediakan informasi mengenai aktiva. kewajiban.

anggota organisasi. dan kesinambungan organisasi dan memberikan jasa.Tujuan Laporan Aktivitas y y Tujuan utama laporan aktivitas adalah menyediakan informasi mengenai : pengaruh transaksi dan peristiwa lain yang mengubah jumlah dan sifat aktiva bersih. kemampuan. menilai pelaksanaan tanggung jawab dan kinerja manajer. y Informasi dalam laporan aktivitas. yang digunakan bersama dengan pengungkapan informasi dalam laporan keuangan lainnya. kreditur dan pihak lainnya untuk: mengevaluasi kinerja dalam suatu periode. dapat membantu para penyumbang. . bagaimana penggunaan sumber daya dalam pelaksanaan berbagai program atau jasa. dan peristiwa lain. hubungan antar transaksi. menilai upaya.

y Laporan aktivitas menyajikan jumlah perubahan aktiva bersih terikat permanen. terikat temporer. y . dan tidak terikat dalam suatu periode.Laporan Aktivitas Laporan aktivitas mencakup organisasi secara keseluruhan dan menyajikan perubahan jumlah aktiva bersih selama suatu periode. y Perubahan aktiva bersih dalam laporan aktivitas tercermin pada aktiva bersih atau ekuitas dalam laporan posisi keuangan.

x penerimaan kas dari sumbangan dan penghasilan investasi yang penggunaannya dibatasi untuk pemerolehan. . Pengungkapan informasi mengenai aktivitas investasi dan pendanaan nonkas: sumbangan berupa bangunan atau aktiva investasi. x bunga dan dividen yang dibatasi penggunaannya untuk jangka panjang.Laporan Arus Kas y y Tujuan utama laporan arus kas adalah menyajikan informasi mengenai penerimaan dan pengeluaran kas dalam suatu periode. pembangunan dan pemeliharaan aktiva tetap. atau peningkatan dana abadi (endowment). Laporan arus kas disajikan sesuai PSAK 2 tentang Laporan Arus Kas dengan tambahan berikut ini: Aktivitas pendanaan: x penerimaan kas dari penyumbang yang penggunaannya dibatasi untuk jangka panjang.

Catatan Atas Laporan Keuangan y Catatan atas laporan keuangan adalah keterangan-keterangan yang harus disajikan dalam laporan keuangan agar para pengguna laporan keuangan bisa mendapatkan informasi yang lengkap: Kebijakan akuntansi Rincian data Penjelasan detail mengenai suatu komponen .

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

Laporan Keuangan Pemerintah (US) .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful