DEMAM DENGUE

Wacana umum sebuah masalah endemis

Dengue Hemoragic Fever.Pembuka Dikenal dengan Demam Dengue. Demam Berdarah Dengue. Disebabkan oleh virus Dengue Ditransmisikan oleh Nyamuk Aedes Merupakan masalah dunia terutama pada katulistiwa . Dengue Fever.

DEN-V3. DEN-V2. DEN V4.Patofisiologi Dengue disebabkaan oleh 4 serotipe virus. Merupakan RNA Virus dari famili Flaviviridae genus Flavivirus. DEN-V1. Masing masing mempunyai beberapa genotype. .

. Virus akan berkembang dalam kelenjar liur nyamuk selama 15. Ditransmisikan melalui gigitan nyamuk yang hinggap dari satu individu ke lainnya.Manusia adalah reservoar dari virus ini.65 hari dan menjadi infeksius saat itu.

hepatisit.Setelah inokulasi pada manusia. . terutama retikuloendotelial sel. virus akan menyerang target sel. Hasilnya adalah produksi mediator imunitas. Demam akan berlangsung 5 hingga 7 hari. sel dendritik. endotelial sel. diikuti penyembuhansempurna pada 7-10 hari.

Pasien yang mendapat inokulasi kedua kali akan menyebabkan meningkatnya produksi sitokin dan aktivasi komplemen. . Hal ini disebut sebagai Antibody dependen enhancement.

. Perdarahan disebabkan oleh fragilitas pembuluh darah dan bermanifestasi beragam dari peteki sampai perdarahan lambung hebat.Perubahan yang terjadi pada manusia yang terpenting adalan adanya kebocoran plasma dari pembuluh darah dan perdarahan.

Kebocoran plasma bermanifestasi pada : Peningkatan hematokrit Efusi pleura Asites. .

Mortalitas Dari seluruh demam dengue mortalitas kurang dari 1% Bila dihitung dari DBD atau DSS mortalitas mencapai 44 % .

.Tanda dan Gejala Demam Sakit kepala ± mialgia Sakit perut .muntah Batuk Petekie Malaise Manifertasi perdarahan.

Kriteria diagnosis Trombosit < 100.000 Hematokrit meningkat > 20% Petekie Test torniquet Serologis .

Pemeriksaan lanjutan DPL (CBC) Elektrolit Status asam basa UReum CReatinin SGOT SGPT ±Albumin Koagulasi PCR .

Pencitraan Xray Serial USG .

Procedure IV line CVC Arterial line Catheter ureter .

Tatalaksana Anti piretik non NSAID / steroid Atasi Hipovolemik Atasi keadaan lain yang mengancam .

Komplikasi Over load Encephalitis Liver failure .

INFEKSI Hipovolemia Plasma Leakage Respiratory problem Perdarahan Syok Asidosis &Hipoksia Hematokrit meningkat Ureum memingkat ARF Liver Falilure .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful