Jenis Sampling

Sampling air permukaan 1. air sungai 2. air danau atau sejenisnya  Sampling air tanah 1. air sumur 2. mata air  Sampling air laut 

Sampling Air Permukaan    Sungai Danau Badan air .

Sampling Air Permukaan  Jenis Sampel 1. Sampel grab : sampel yg diambil dilokasi yang telah dipilih dimana kedalaman dan waktu telah ditetapkan. Sampel komposit/sampel terintegrasi : sampel yang diambil dari beberapa lokasi yang berbeda pd area pengambilan sampel yg sama . Sampel grab sering disebut sampel spot / snap 2.

(biasanya sampel diambil setiap 2 jam selama periode tertentu.HalHal-hal yang perlu diperhatikan     Kedalaman : sampel diambil pada interval permukaan air sampai pada dasar kemudian digabung dalam satu wadah yg telah disiapkan. Daerah aliran sampling : sampel yang diambil pada daerah aliran (outlet) dan mengukur kecepatan alir pada interval waktu dan selama periode tertentu.) . Area Sampling : kombinasi sampel yang diambil pada berbagai titik sampling yg terdistribusi di badan air (dalam kedalaman tertentu) Waktu sampling : sampel diambil dgn volume yg sama dr setiap titik sampling pada interval waktu yg telah ditetapkan/waktu tertentu. (Contoh : sampel diambil setiap 2 jam selama periode 24 jam.

Sampling air tanah      Sumur yang sudah ada Sumur bor Mata Air Jika sumber air tanah berupa mata air yang mengalir. sampel dapat diambil pada titik aliran Sumur bor yang dilengkapi perpipaan maka sampel dapat diambil pada titik aliran .

Sampel untuk analisis oksigen terlarut harus diambil dengan cara mengalirkan sampel dengan pipa plastik ke dalam botol sampel. agar tidak terjadi gelembung udara selama pengisian sampel. Air dibiarkan mengalir sampai sampel. . Hal ini dimaksudkan untuk mencegah diambil. Hal ini dilakukan untuk mencegah penggantian. terjadi penggantian air di dalam botol paling tidak tiga kali penggantian. terpasang.Sampling air dalam perpipaan   Air dibiarkan mengalir beberapa menit sampai dicapai konduktivitas atau temperatur air yang konstan baru sampel diambil. terjadinya kontaminasi dari pipa yang terpasang. sampel.

sampel. botol sampel tidak boleh sampai menyentuh dasar sumur atau sumber mata air karena hal ini dapat mengakibatkan partikel yang tersuspensi dapat mencemari sampel. dibiarkan terus mengalir ke dalam botol sampel selama 2-3 menit untuk membilas botol sebelum sampel diambil. sehingga sampel air semacam ini dapat diambil menggunakan sipon. . diambil. saat mengambil sampel.  Sampling untuk mata air yang tidak mengalir ataupun sumur yang sangat dalam dan tanpa pompa. Air sampel sipon. Terkadang ada mata air yang sumbernya lebih tinggi dari tanah disekitarnya.

Sampel (mL) 100 25 1000 100 50 100 50 50 Analisis Kjeldahl.Prosedur Sampling Jumlah Sampel Air untuk Analisis Fisika & Kimia Analisis Keasaman Aluminium BOD Boron Kalsium Klorida Fluorida Besi V. Nitrogen Nitrat. Nitrogen Nitrit. Sampel (mL) 400 200 50 100 100 1000 50 100 . Nitrogen Fosfor Kalium Selenium Silikat Natrium V.

Analisis Magnesium Mangan Amonia. Nitrogen V. Sampel (mL) 200 200 1000 . Sampel (mL) 75 90 400 Analisis Sulfat TOC TSS V.

   BOD : Biochemical Oxygen Demand TOC : Total Organik Carbon TSS : Total Suspended Solid .

Hal ini dapat diketahui dari diskripsi titiktitiktitik sampling dan posisi landmark. Jika pengambilan menggunakan sarana boat maka titik-titik sampling harus diberi tanda khusus titikuntuk tujuan tersebut. tersebut. Pengambilan sampel air danau/reservoir hendaklah memperhatikan kediaman tempat sampel yang akan diambil. diambil. .Prosedur Sampling   Sebelum sampel diambil pastikan bahwa lokasi sampling memang benar ditempat yang telah ditetapkan. ditetapkan. landmark.

Pengambilan sampel sebaiknya dari permukaan sampai kedalaman yang ditentukan (1 m di atas dasar) dan alat diturunkan secara perlahan-lahan. diambil. digunakan. Kedalaman pengambilan sampel biasanya diukur dari permukaan air sampai bagian tengah alat pengambil sampel yang digunakan. terkecuali bila botol tersebut sudah diisi pengawet. Setelah sampai pada tempat yang ditentukan biarkan tempat sampel selama 15 detik sebelum sampel diambil. pengawet. sampel. Temperatur sampel hendaklah segera dicatat setelah sampel diambil . (dedaunan). Hindari menyentuh dasar badan air saat mengambil sampel di kedalaman yang cukup dalam yang nantinya dapat menyebabkan adanya partikel yang akan tersuspensi dalam sampel. Botol yang akan digunakan hendaklah dibilas sebanyak 3 kali dengan sampel yang akan diambil. perlahan-lahan.     Usahakan sampel air yang diambil terbebas dari kotoran (dedaunan).

    Sampel untuk analisis oksigen terlarut hendaklah segera disiapkan untuk tujuan analisis setelah temperaturnya diukur. Sampel air hendaklah tidak diisi penuh pada botol sampel agar ada sedikit ruang udara shg sampel dapat tercampur dengan baik sebelum dilakukan analisis. . Pengukuran pH dan konduktivitas hendaklah digunakan sampel yang dipisahkan tempatnya. maka tutup botol hendaklah ditempatkan di atas meja yang bersih (steril). Jika botol sampel dibuka.

. kemungkinan ada ikan yang mati.   Semua Pengukuran yg dilakukan di lapangan haruslah dicatat pada buku catatan yang khusus disiapkan untuk itu dan dicek kembali sebelum meninggalkan tempat sampel diambil. diskusi. iklim / cuaca. Bila akan dilakukan pemeriksaan in situ (di tempat) maka pemeriksaan haruslah dilakukan sesegera mungkin. pertumbuhan alga. agar dapat dipakai dalam menarik dll. Laboratorium. simpulan atau diskusi. Haldicatat : Suhu udara. Hal-hal yg perlu diambil. cemaran minyak pelumas (BBM). diambil. bau busuk dll. agar tak terjadi kontaminasi . Sampel air harus segera dipindahkan ke dalam botol sampel setelah diambil bila akan dikirim ke Laboratorium. Semua informasi yang ditemukan harus dicatat sebelum meninggalkan tempat sampel diambil.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful