BPR (Business Process Reengineering

)
UNIT BISNIS DRG (Direct Response Group) pada Perusahaan CHC (Capital Holding Cooperation)

Disusun Oleh : 1. Atika Novilia Utami 2. Fariyanti Novita 3. Rahayuningtyas 4. Adi Hendiawan 5. Rhizka Nerissa

(L2H008013) (L2H008030 (L2H008062) (L2H008085) (L2H008124)

Pengertian Penghargaan Kualitas
Menurut Eddy Herjanto, dalam bukunya Manajemen Operasi,

Penghargaan mutu/ kualitas adalah penghargaan yang diberikan kepada individual atau organisasi yang bertujuan untuk mendorong penerapan manajemen mutu Manajemen mutu disini merupakan suatu filosofi yang mengintegrasikan beberapa fokus utama, yaitu fokus pelanggan, proses kerja, keuntungan, dan proses belajar yang berkelanjutan.

Macam-macam Penghargaan Kualitas 
Deming Application Prize  Malcolm Baldrige National Quality Award (MBNQA)  European Quality Award (EQA)  Korean Quality Management Award (KQMA)  Brazilian Quality Award (BQA)  Columbian National Quality Award (CNQA)  Rajiv Gandhi National Award (RGNQA)

1. Deming Application Prize
Penghargaan Deming adalah penghargaan nasional bagi perusahaan atau individu yang mencapai prestasi di bidang pengendalian mutu. Penghargaan ini dimulai tahun 1951, yang diselenggarakan dan diuji, serta pemberian penghargaan oleh JUSE (Japanese Union of Scientist and Engineers) Deming Award Comitee

Deming Prize dibagi dalam 4 kategori:
‡ Deming Prize for Individual Person, yang diberikan kepada individual yang memberikan kontribusi istimewa dalam menyebarluaskan statistical quality control ‡ Deming Application Prize for Division, yang diberikan kepada perusahaan atau divisi yang mencapai peningkatan kinerja luar biasa melalui penerapan company wide quality control berdasarkan statistical quality control ‡ Deming Application Prize for Small Business, hampir sama dengan kategori kedua, tetapi diberikan kepada usaha berskala kecil atau menengah ‡ Quality Control Award, diberikan kepada perusahaan yang telah menunjukkan komitmen yang terus menerus terhadap total quality control paling tidak 5 tahun setelah memperoleh Deming Prize.

Berikut ini adalah Daftar Pemeriksaan Deming Application Prize :
1. Kebijakan dan Sasaran ‡ Kebijakan mengenai manajemen, mutu, dan kendali mutu. ‡ Metode dalam menentukan kebijakan dan sasaran. ‡ Kelayakan dan konsistensi isi sasaran. ‡ Pemanfaatan mmetode statistik. 2. Organisasi dan operasinya ‡ Garis tanggung jawab yang jelas. ‡ Kelayakan pendelegasian wewenang. ‡ Kerjasama diantara divisi-divisi.

3. Pendidikan dan penyebarannya ‡ Rencana pendidikan dan pelaksanaan yang sebenarnya. ‡ Kesadaran tentang mutu dan pengendalian, pemahaman terhadap kendali mutu. ‡ Pendidikan mengenai konsep-konsep dan metodemetode statistik dan tingkat penyerapannya. 4. Pengumpulan dan peenyebaran informasi serta pemanfaatannya ‡ Pengumpulan informasi dari luar. ‡ Penyebaran informasi di antara divisi-divisi. 5. Analisis ‡ Pemilihan masalah dan tema yang penting. ‡ Kelayakan metode analitik. ‡ Pemanfaatan metode statistik.

6. Standarisasi ‡ Sistem standar. ‡ Metode penetapan, perbaikan, dan pembatalan standar. ‡ Catatan sebenarnya tentang penetapan, perbaikan, dan pembatalan standar. 7. Pengendalian ‡ Sistem pengendalian bagi mutu dan bidang-bidang yang berhubungan, seperti biaya dan kuantitas. ‡ Titik pengendalian dan bahan pengendalian. 8. Jaminan mutu ‡ Prosedur pengembangan produk baru. ‡ Pengembangan mutu (rincian fungsi mutu) dan analisisnya, keandalan, dan peninjauan kembali desain

9. Pengaruh ‡ Mengukur pengaruh. ‡ Pengaruh yang tampak, seperti mutu, kemampuan pelayanan, tanggal penyerahan, biaya, laba, lingkungan, dan sebagainya. 10. Rencana masa depan ‡ Pemahaman keadaan saat ini dan kenyataannya. ‡ Kebijakan yang dipakai untuk mengatasi kekurangan. ‡ Rencana promosi bagi masa depan.

2. Malcolm Baldrige National Quality Award (MBNQA)

Malcolm Baldrige National Quality Award Malcolm Baldrige National Quality Award (MBNQA) dicanangkan pada 20 Agustus 1987 oleh Presiden Reagan yang bertujuan untuk mempromosikan kesadaran mutu, pengakuan terhadap pencapaian mutu oleh perusahaan Amerika, dan mempublika-sikan strategi mutu yang berhasil. MBNQA dikelola oleh National Institute of Standards and Technology (NIST) USDC dengan dukungan American Society for Quality (ASQ). (Eddy H, Manajemen Operasi)

Tujuan dan sasaran
‡ Tujuan MBNQA diciptakan untuk mempromosikan kesadaran mengenai kualitas/mutu, mengidentifikasi kebutuhan untuk kualitas yang unggul, memper-kenalkan prestasi mutu dari perusahaan Amerika Serikat, dan membagi informasi (mempublikasikan) tentang strategi kualitas yang sukses dan manfaatnya ‡ Sasaran MBNQA adalah untuk menyediakan suatu model yang menunjukkan pemahaman dan peningkatan manajemen kualitas secara terus-menerus meningkatkan kriteria penghargaan diri mereka

Model Baldrige dapat kita lihat dalam gambar di bawah ini beserta kriteria-kriteria yang terapat di dalamnya.

Gambar 1. Baldrige Quality Model Sumber: www.texas-quality.org

Keterangan dari kriteria Baldrige pada gambar 1 adalah sebagai berikut:

Leadership: menjelaskan bagaimana eksekutif senior membimbing organisasi dan bagaimana organisasi bertanggung jawab kepada publik, dan melatih menjadi warga negara yang baik. Strategic planning: menjelaskan pengaturan strategi organisasi dan menentukan perencanaan tindakan. Customer and market focus: menjelas-kan penentuan kebutuhan organisasi dan keinginan pelanggan dan pasar; membangun hubungan dengan pelanggan; dan memperoleh, memuaskan, dan mempertahankan pelanggan.

Lanjutan«
Measurement, analysis, and know-ledge management: menjelaskan manajemen, penggunaan efektif, analisis, dan peningkatan data dan informasi untuk mendukung proses kunci organisasi dan sistem mana-jemennya. Human resource focus: penjelasan mengenai pemanfaatan tenaga kerja untuk mengembangkan seluruh potensi dan penyusunan sasaran organisasi. Process management: menjelaskan aspek-aspek kunci perancangan, manajemen, dan peningkatan proses produksi/ pengiriman dan proses pendukung.

Lanjutan« Business results: menjelaskan peningkatan dan performa organisasi dalam area bisnis: kepuasan pelanggan, performa lokasi pasar dan keuangan, sumber daya manusia (SDM), performa supplier dan partner, kinerja operasionalm dan tanggung jawab pemerintah dan masyarakat; dan menjelaskan performa organisasi menghadapi pesaing.

Persyaratan Untuk Mengikuti Baldrige Award
1. Seluruh organisasi yang berpusat di Amerika Serikat boleh mendaftarkan perusahaannya untuk penghargaan ini 2. Setelah terdaftar sebagai peserta, organisasi-organisasi akan dievaluasi oleh Board of Examiners yang terdiri dari pakar-pakar kualitas dan bisnis dari berbagai sektor swasta. 3. Organisasi-organisasi yang lolos melewati tahap seleksi, akan dikunjungi oleh tim penilai. Tim penilai ini akan melakukan verifikasi informasi yang ada pada pendaftaran dan mengklarifikasi pertanyaanpertanyaan yang muncul pada saat penilaian sebelumnya

Criteria
Kategori criteria Malcolm Baldrige secara lengkap ditunjukkan pada tabel berikut :

Beberapa perusahaan yang pernah menerima penghargaan ini antara lain:
‡ 2005²Sunny Fresh Foods, Inc., Monticello, Minn.; DynMcDermott Petroleum Operations, New Orleans, La.; Park Place Lexus, Plano, Texas; Richland College, Dallas, Texas; Jenks Public Schools, Jenks, Okla.; and Bronson Methodist Hospital, Kalamazoo, Mich. ‡ 2004²The Bama Companies, Texas Nameplate Company, Inc., Kenneth W. Monfort College of Business, Robert Wood Johnson University Hospital Hamilton ‡ 2003²Medrad, Inc., Boeing Aerospace Support, Caterpillar Financial Services Corp., Stoner Inc., Community Consolidated School District 15, Baptist Hospital, Inc., and Saint Luke¶s Hospital of Kansas City ‡ 2002²Motorola Inc. Commercial, Government and Industrial Solutions Sector, Branch Smith Printing Division, and SSM Health Care

dll«

3. European Quality Award (EQA)
European Foundation for Quality Management (EFQM) dibentuk oleh 14 negara Eropa Barat pada tahun 1988, yang selanjutnya memprakarsai European Quality Award (EQA) dalam rangka mendorong perusahaanperusahaan Eropa untuk berkompetisi di pasar global. EQA pertama kali diberikan pada tahun 1992.

EQA terdiri dari 2 bagian: (a) European Quality Award, yang diberikan kepada pelamar yang paling berhasil dalam bidang manajemen mutu di Eropa Barat (b) European Quality Prize, diberikan kepada sejumlah perusahaan lain yang menunjukkan kemampuannya dalam manajemen mutu sesuai kriteria penghargaan

Kriteria

Model European Quality Award

Keterangan dari kriteria Eropa di atas adalah sebagai berikut: ‡ Leadership: menguji bagaimana manager eksekutif senior harus dapat memberikan inspirasi dan mengarahkan dalam organisasi. ‡ Policy and Strategy: menyelidiki bagaimana kebijakan dan strategi organisasi mere-fleksikan konsep Total Quality dan bagaimana Total Quality digunakan dalam menentukan, menyebarkan, meninjau ulang dan meningkatkan kebijakan dan strategi. ‡ People (Employee) Management: menguji bagaimana organisasi mengembangkan dan merealisasikan potensi dari pekerja dalam mengejar pengingkatankualitas secara berlanjut dan sasaran performansinya.

Lanjutan«
‡ The resources: menguji bagaimana sumber keuangan, informasi, material dan teknologi secara efektif dapat mendukung kebijakan dan strategi TQM. ‡ Process: menyelidiki bagaimana proses dan system diidentifikasi, ditinjau ulang dan jika perlu direvisi untuk memastikan perningkatan yang berkelajutan pada produk dan layanan yang diproduksi oleh organisasi. ‡ Customer satisfaction: menguji indikator utama yang digunakan untuk memahami dan me-ngukur kepuasan pelanggan, juga menguji metode organisasi dalam menentukan kepuasan pelanggan, trend saat ini, dan tingkat kepuasan.

Lanjutan«
‡ People (employee) Satisfaction: menyelidiki bagaimana perasaan perkerja organisasi dan memahami dan mengembangkan indikator utama untuk mengukur kepuasan pelanggan. ‡ Impact on Society: menguji pendekatan kualitas organisasi, lingkungan dan pemeliharaan sumber daya. ‡ Business Results: menyelidiki performansi rencana bisnis dan keuntungannya secara finansial.

Kategori EQA

4. Korean Quality Management Award (KQMA) Sistem manajemen kualitas Korea yang dikenal dengan nama KQMA (the Korean Quality Management Award) ditetapkan pertama kali pada tahun 1975. Terdapat enam kategori dalam sistem KQMA, yaitu Company Award, QCC Award, QM Literature award, order of merit in QM, quality master, dan suggestion award.

Deskripsi dari setiap kategori dalam KQMA ditunjukkan pada tabel berikut :

5. Brazilian Quality Award (BQA)
Sistem manajemen kualitas Brasil, dikenal dengan nama the Brazilian Quality Award (BQA), ditetapkan pertama kali 12 November 1992, bertepatan dengan Hari Kualitas Dunia (12 November). BQA disusun berdasarkan pada metodologi dan criteria evaluasi Baldrige Award. BQA dioperasikan oleh sebuah yayasan yang dibentuk oleh 39 perusahaan, yang pada awalnya masingmasing menyumbang dana sebesar US$ 10.000

BQASistem kualitas Brazil (BQA) ditunjukkan pada tabel berikut:

6.Columbian National Quality Award (CNQA)
Sistem manajemen kualitas Kolumbia yang dikenal dengan nama CNQA (the Columbian National Quality Award) ditetapkan pertama kali pada tahun 1975, kemudian CNQA versi baru ditetapkan pada tahun 1991 berdasarkan Deming Prize, ISO 9000, MBNQA, MNQA (the Mexican National Quality Award), dan petunjukpetunjuk dari pemerintah Kolumbia.

Terdapat 10 kategori yang memperoleh penilaian CNQA, seperti ditunjukkan dalam gambar berikut :

7. Rajiv Gandhi National Award (RGNQA)
Sistem manajemen kualitas India yang dikenal dengan nama RGNQA (the Rajiv Gandhi National Quality Award) ditetapkan pertama kali pada tahun 1991, sebagai tanda penghargaan kepada mantan Perdana Menteri India Rajiv Gandhi, yang meninggal dunia karena ledakan bom bunuh diri dari penjahat. Sebagian besar kategori RGNQA disusun berdasarkan MBNQA

Tujuan dari RGNQA adalah sebagai berikut :
x Mendukung perusahaan-perusahaan India untuk meningkatkan kualitas agar menjadi lebih kompetitif melalui peningkatan produktivitas. x Mengakui prestasi dari perusahaan-perusahaan India yang meningkatkan kualitas barang dan/atau jasa, serta memberikan teladan kepada perusahaan lain. x Menetapkan petunjuk dan kriteria yang dapat digunakan oleh industry dalam mengevaluasi usahausaha perbaikan kualitas mereka.

Kriteria penilaian dari RGNQA ditunjukkan dalam gambar berikut :

Perbandingan Antar Penghargaan Kualitas
1. MBNQA vs Deming Prize

Terdapat tujuh topik utama perbandingan antara Baldrige Award dengan Deming Prize, yaitu fokus utama, kriteria penilaian, pemenang, ruang lingkup, waktu penilaian, waktu pertama kali, sponsor. Perbandingan ke tujuh topik utama tersebut dapat diketahui pada tabel berikut:

2. MBNQA vs EQA MBNQA dan EQA memiliki tujuan, prinsip-prinsip kualitas yang berbeda, tetapi memiliki kriteria yang hampir sama. Sehingga dapat kita lakukan analisis perban-dingan antara keduanya. Perbedaan MBNQA dan EQA dapat dilihat pada tabel berikut :

STUDI KASUS

Terimakasih