Penulisan Unsur Serapan

Berdasarkan integrasinya: Unsur yang belum sepenuhnya terserap kedalan bahasa Indonesia, seperti reshuffle, shuttle cock, l exploitation. Unsur asing yang pengucapan dan penulisannya disesuaikan dengan kaidah bahasa Indonesia diusahakan agar ejaan asing hanya diubah seperlunya hingga bentuk Indonesianya masih dapat dibandingkan dengan bentuk asalnya.

b.M. ii. Tanda Titik a. Misalnya : 1) 2) W.Hum. pangkat. (magister humaniora . Dr. Misalnya : i. Tanda titik dipakai pada singkatan gelar. Tanda Titik dipakai pada akhir singkatan nama seseorang. Rendra Abdul Hadi W. (doktor) M. jabatan.1.S. dan sapaan.

Tanda titik digunakan pada angka yang menyatakan JUMLAH.n.500 liter tumpah. (atas nama) tsb. Tanda titik dipakai pada ungkapan yang sudah umum. (tersebut) Bentuk Baku s. Misalnya: Bentuk Tidak Baku s/d (sampai dengan) a/n (atas nama) t.b. 3) Tahun 2000 4) halaman 1250 .150 halaman.ditulis dengan huruf kecil. (tersebut) d. 2) Minyak Tanah sebanyak 2. Misalnya: 1) Tebal buku itu 1. (sampai dengan) a.c.s.d.

e. Misalnya : 1)SMA 2)DPR f. Tanda titik tidak digunakan dibelakang singkatan mata uang. Misalnya: 1) Dia membeli 10 kg emas batangan.1. Tanda titik tidak digunakan pada singkatan yang dieja.00 per buah. 2) Harga buku ini Rp. timbangan.500. .

Misalnya : 1) Jalan Harapan III/AB 19 2) Jakarta.UUD 1945) h. kepala ilustrasi tabel.g. 10 Agustus 1998 . Tanda titik tidak digunakan dibelakang alamat pengirim dan tanggal surat serta dibelakang nama. Tanda titik tidak digunakan dibelakang judul yang merupakan karangan. Misalnya : 1) Acara Kunjungan Menteri Kesra Abu Rizalbakri 2) Bentuk dan Kedaulatan (Bab I.

raket. . dan sepatu. Contoh: Dia bukan mahasiswa Jayabaya. Melainkan. melainkan mahasiswa Atmajaya.´ y B) Tanda koma harus digunakan untuk memisahkan kalimat setara yang satu dari kalimat setara berikutnya yang didahului oleh kata Tetapi. Sedangkan. Contohnya.Tanda Koma y Kaidah Penggunaan tanda koma: y A) Tanda koma harus digunakan diantara unsur-unsur dalam suatu pemerincian atau pembilangan. ³Saya menerima hadiah dari paman berupa jam tangan.

agar. Contoh: Oleh karena itu kita harus menghormati pendapatnya. Contoh: Apabila belajar sungguh-sungguh. dan sebagainya. meskipun. anak kalimat didahului kata penghubung bahwa. karena. . lagipula. Biasanya. Termasuk di dalamnya oleh karena itu. y D) Tanda koma harus digunakan dibelakang kata atau ungkapan penghubung antar kalimat yang terdapat awal kalimat. jika. sehingga.y C) Tanda koma harus digunakan untuk memisahkan anak kalimat dari induk kalimat apabila anak kalimat tersebut mendahului induk kalimat. Saudara akan berhasil dalam ujian. j adi. walaupun. apabila. dan lainnya.

Bagian-bagian alamat. Tempat dan tanggal. wah. aduh. yang terdapat pada awal kalimat. 4. 2. y F) Tanda Koma digunakan untuk memisahkan petikan langsung dari bagian lain dalam kalimat. y G) Tanda koma di gunakan di antara: 1. iya.y E) Tanda koma harus digunakan dibelakang kata-kata seperti o. .Contoh: O. Contoh: Saya. 3. Nama dan alamat. kata Paman. Nama tempat dan wilayah atau negeri yang ditulis berurutan. kalau begitu saya setuju. Karena kamu tidak lulus. kasihan.

Bandung: Pustaka Prima. Membina Bahasa Indonesia Baku. mengemukakan pendapat.Sc j) Tanda koma digunakan untuk mengapit keterangan tambahan dan keterangan aposisi.h) Tanda koma digunakan untuk menceraikan bagian nama yang dibalik susunannya dalam daftar pustaka. M. Yus. . Contoh: Seorang warga selaku wakil RT 02. Seri 1. Contoh: Sobur. i) Tanda koma digunakan diantara nama orang dan gelar akademik yang mengikutinya untuk membedakannya dari singkatan nama keluarga atau marga. 1980. Contoh: Badudu.

Contoh: Menteri mengatakan bahwa pembangunan harus dilanjutkan. IK AK .K) Tanda koma tidak boleh digunakan untuk memisahkan anak kalimat dari induk kalimat apabila anak kalimat mengiringi induk kalimat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful