Aspek Etik dan Hukum Pada Pasien Hemodialisa

Kelompok D3

Prinsip hemodialisa ‡ Hemodialisa berasal dari kata hemo=darah. Pada prinsipnya hemodialisa menempatkan darah berdampingan dengan cairan dialisat atau pencuci yang dipisahkan oleh suatu membran atau selaput semi permeabel.dan dialisa=pemisahan atau filtrasi. .

e) Memperbaiki status kesehatan penderita. d) Mempertahankan atau mengembalikan kadar elektrolit tubuh. .Tujuan Hemodialisa Sebagai terapi pengganti. c) Mempertahankan atau mengembalikan system buffer tubuh. kegiatan hemodialisa mempunyai tujuan : a) Membuang produk metabolisme protein seperti urea. kreatinin dan asam urat b) Membuang kelebihan air.

.Indikasi pasien hemodialisa Hemodialisa dilakukan jika gagal ginjal menyebabkan : a) Kelainan fungsi otak ( ensefalopati uremik ) b) Perikarditis ( peradangan kantong jantung ) c) Asidosis ( peningkatan keasaman darah ) yang tidak memberikan respon terhadap pengobatan lainnya. d) Gagal jantung e) Hiperkalemia ( kadar kalium yang sangat tinggi dalam darah ).

tetapi sebagian besar penderita menjalani dialisa sebanyak 3 kali/minggu. tergantung kepada banyaknya fungsi ginjal yang tersisa.Frekuensi Hemodialisa. Frekuensi. .

.

apa yang merupakan kebajikan dan apa yang merupakan kejahatan. sistem nilai. keyakinan. standar perilaku individu dan atau kelompok tentang penilaian terhadap apa yang benar dan apa yang salah.Aspek etik Etik adalah Kesepakatan tentang praktik moral. apa yang dikendaki dan apa yang ditolak. mana yang baik dan mana yang buruk. .

.Informed consent ‡ Dasar dasar Informed consent UU N0 23 / 1992 tentang kesehatan Pasal 53 ayat ( 2) dan Peraturan Menteri Kesehatan RI NO 585 tentang persetujuan tindakan medik.

Aspek hukum .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful