Transkripsi

Amalia Rizky Ekaputri (3425082014) Arria Janovie (3425080218) Dewi Nurfitriana (3425082012) Khuzaemah (3425082018)

Content
Definisi Transkripsi Tujuan Transkripsi Lokasi Transkripsi Waktu Transkripsi Komponen yang Terlibat dalam Transkripsi Produk Transkripsi
Mekanisme Transkripsi pada Eukaryot dan Prokaryot Perbedaan Transkripsi pada Eukaryot dan Prokaryot

Terminologi

Definisi Transkripsi Definisi Transkripsi

Tujuan Transkripsi
‡ ‡ Menyediakan suatu cetakan untuk penyusunan urutan nukleotida Mensintesis tiga jenis RNA dari DNA, yaitu:

Lokasi Transkripsi Pada ‡ Terjadi di eukariot nukleus Pada ‡ Terjadi di prokariot nukleoid .

Waktu Terjadinya Transkripsi Tubuh membutuhkan protein tertentu Transkripsi akan berlangsung .

Komponen utama yang terlibat dalam transkripsi Urutan DNA yang akan ditranskripsi (cetakan) Enzim RNA polimerase II Faktor ± faktor transkripsi Prekursor untuk sintesis RNA .

Bagian struktural 3. Daerah pengendali (regulatory region) yang secara umum disebut promoter. Terminator . 2.Komponen utama yang terlibat dalam transkripsi ‡ Urutan DNA yang ditranskripsi adalah gen yang akan ditranskripsikan. Gen yang lengkap terdiri atas 3 bagian utama : 1.

Struktur Gen .Komponen utama yang terlibat dalam transkripsi Gambar 1.

Gambar. Promoter .Promoter Promoter adalah urutan DNA spesifik yang berperan dalam mengendalikan transkripsi gen struktural dan terletak disebelah hulu (upstream) dari bagian struktural suatu gen.

Pada Prokariot. .Gen struktural Gen struktural merupakan bagian yang mengkode urutan nukleotida RNA. ciri utama gen struktural dimulai dari sekuens inisiasi transkripsi (ATG) sampai kodon stop (TAA / TGA / TAG). gen struktural terdiri dari intron (bagian yang tidak terekspresi) dan ekson (bagian yang terekspresi). Pada Eukariot.

Gen struktural Gambar. Gen Struktural pada Eukariot Gambar. Gen Struktural pada Prokariot .

.Terminator Dicirikan dengan struktur jepit rambut / hairpin dan lengkungan yang kaya yang akan urutan GC yang terbentuk pada molekul RNA hasil transkripsi.

disebut core- . . dan . ¶. Susunan Subunit tanpa enzyme. Keseluruhan unit RNA polimerase (holoenzim) terdiri atas subunit 2.RNA Polimerase RNA polimerase merupakan enzim yang mengkatalisis proses transkripsi.

Faktor ± Faktor Transkripsi a. Faktor Transkripsi Umum b. Faktor Transkripsi Khusus .

Prekursor sintesis RNA Empat macam ribonukleotida yaitu : ‡ 5¶ ±trifosfat ATP ‡ GTP ‡ CTP ‡ UTP .

Produk Transkripsi mRNA tRNA rRNA .

Mekanisme Transkripsi Inisiasi Elongasi Terminasi .

TFIIF selanjutnya menempel diikuti oleh penempelan Polymerase II 5. 3. Penempelan TFIIE yang diikuti oleh TFIIH dan TFIIJ .Transkripsi pada Eukaryot Tahap Inisiasi Pembentukan kompleks prainisiasi. Pengenalan promoter diarahkan oleh ikatan TFIID dengan TATA box 2. TFIIA meningkatkan daya ikat TFIID dengan kotak TATA. Diikuti oleh penempelan TFIIB 4. dengan tahap: 1.

.

Inisiasi Transkripsi .

dan bersifat komplementer dengan RNA untai ‡ Proses pemanjangan transkripsi akan berjalan sampai RNA polymerase II mencapai daerah terminator.Elongasi Transkripsi ‡ Nukleotida ditambahkan secara kovalen pada ujung 3 molekul RNA yg baru terbentuk (RNA baru terbentuk dgn arah 5 -> 3 ). .

.

Terminasi Transkripsi Terjadi karena adanya aktifitas fosfatase spesifik untuk CTD RNA Polymerase II (bentuk tidak mengalami fosforilasi) RNA Polymerase Cycling .

Penambahan tudung (cap) pada ujung 5¶ mRNA 2. Poliadenilasi(penambahan gugus Poli-A pada ujung 3¶ mRNA 3.Pemrosesan PascaTranskripsi 1. RNA Splicing (pemotongan penyambungan RNA) dan .

untuk melekatkan dirinya .Penambahan tudung (cap) pada ujung 5¶ mRNA ‡ mRNA mengalami metilasi dengan penambahan 7-metilguanosin yang terakumulasi pada ujung 5¶ mRNA yang dikenal sebagai tudung m RNA Memiliki peran dalam pengenalan kepada ribosom .

Membantu ribosom melekat pada mRNA c. ‡ Memiliki peran dalam : a.Poliadenilasi(penambahan pada ujung 3¶ mRNA gugus Poli-A ‡ Penambahan ekor poli-A pada ujung 3¶ sepanjang kurang lebih 200 ± 250 nukleotida. Penghambatan degradasi b. Mempermudah ekspor m RNA dari nukleus ke ribosom .

Gambar dari struktur pra-mRNA Eukariotik yang sudah diberi tudung (cap) dan ekor (tail) .

ekson selanjutnya disambung menjadi mature mRNA Proses ini disebut sebagai RNA splicing .RNA Splicing (pemotongan dan penyambungan RNA) Gen yang mengandung ekson dan intron ditanskripsi menghasilkan pre-mRNA Intron dipotong .

RNA Splicing (pemotongan dan penyambungan RNA) .

RNA Splicing (pemotongan dan penyambungan RNA) ± Kompponen yang terlibat dalam RNA splicing adalah snRNP(small nuclear ribonucleoprotein) yang akan membentuk spliosom (spliceosome) .

dan struktur lariat (gabungan antara intron dan ekson 2) c.RNA Splicing (pemotongan penyambungan RNA) dan ± Mekanisme splicing a. Ikatan antara ekson 1 dengan intron putus. Ujung 3¶-OH pada ekson menyerang ikatan fosfodiester antara intron dan ekson 2 d. Gugus 2¶-OH dalam intron menyerang ikatan fosfodiester antara ekson 1 dengan intron b. Disambungnya ekson 1 dan ekson 2 diperantarai oleh gugus fosfat ujung 5¶ ekson 2 .

.

Promoter b. Gen struktural c.Transkripsi pada Prokariot Struktur Gen Prokariotik : a. Terminator .

Tahap Transkripsi pada Prokariot Inisiasi Elongasi Terminasi .

Inisiasi ‡ Pembentukan kompleks promoter tertutup ‡ Pembentukan kompleks promoter terbuka ‡ Penggabungan beberapa nukleotida awal ‡ Pelepasan subunit dan perubahan konformasi holoenzim jadi core enzyme .

RNA baru terbentuk dengan arah 5¶->3¶ .‡ Penambahan nukleotida secara kovalen pada Elongasi ujung 3¶.

‡ Transkripsi akan berakhir pada saat RNA polimerase Terminasi mencapai ujung gen yang disebut terminator .

Gambar 1. mekanisme transkripsi pada organisme prokariot .

.

Inisiasi transkripsi pada organisme prokariot .Gambar 2.

materi inti tersebar dlm sitoplasma krn tdk mempunyai membran inti Memiliki DNA yang lebih sederhana. hanya ekson Ada operon Transkripsi terjadi di nukleus Transkripsi terjadi lebih sederhana Regulasi sintesis protein lebih sederhana 2 Memiliki DNA yang lebih kompleks.Perbedaan Transkripsi pada Prokariotik dan Eukariotik No 1 Transkripsi pada Prokariot Mempunyai nucleus krn materi inti dilingkupi oleh membran inti Transkripsi pada Eukariot Tidak mempunyai inti yang sebenarnya. lebih sedikit mengandung pasangan basa nukleotida. berbentuk sirkuler Hanya memiliki kromosom tunggal Tidak memiliki intron. lebih banyak mengandung pasangan basa nukleotida Memiliki kromosom > 1 Memiliki intron dan ekson Tidak memiliki operon Transkripsi terjadi di nukleoid Transkripsi lebih rumit Regulasi sintesis proteinnya lebih kompleks 3 4 5 6 7 8 .

Terminologi ‡ Promoter : urutan DNA spesifik yang berperan dalam mengendalikan transkripsi gen struktural dan terletak disebelah hulu (upstream) dari bagian struktural suatu gen ‡ TATA Box : kunci transkripsi dasar ‡ Gen struktural : bagian yang mengkode urutan nukleotida RNA .

dan penyambungan ekson ‡ Mature mRNA : mRNA yang sudah mengalami proses splicing ‡ Poliadenilasi : penambahan gugus Poli-A pada ujung 3¶ mRNA .‡ RNA polimerase : merupakan enzim yang mengkatalisis proses transkripsi ‡ Splicing : pemotongan intron dari mRNA.

2006..Daftar Pustaka Campbell. Jakarta. Jakarta. Biologi. Tribowo. Erlangga . Biologi Molekular. Elrod. 2005. & Lawrence G. Dasar-dasar Biokimia Jiid 3. Jakarta. Trenawijaya. Maggy. 2000. Jilid I. Erlangga Yuwono. Mitchell. Schaum outline GENETIKA edisi ke 4. Erlangga. 1994. Reece. Jakarta. Neil A. Erlangga. Susan dan William Stansfield. Jane B.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful