DI SEKOLAH

PHBS di Sekolah adalah sekumpulan perilaku yang dipraktikkan oleh peserta didik, guru dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat.

.

Ada beberapa indikator yang dipakai sebagai ukuran untuk menilai PHBS di sekolah yaitu Ada beberapa indikator yang dipakai sebagai ukuran untuk menilai PHBS di sekolah yaitu : 1. Tidak merokok di sekolah 7. Menggunakan jamban yang bersih dan sehat 4. Mengkonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah 3. Memberantas jentik nyamuk 6. Olahraga yang teratur dan terukur 5. Menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan setiap 6 bulan 8. Mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakansabun 2. Membuang sampah pada tempatnya .

1 Mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun .

.

Apa manfaat mencuci tangan dengan sabun? Setiap tahun. SARS. Tangan merupakan pembawa utama dari kuman penyebab penyakit: jika dipraktekkan secara luas . dan flu burung. penyakit diare dan pneumonia bersama-sama membunuh hampir 3. Mencuci tangan dengan sabun setelah menggunakan toilet atau membersihkan anak dan sebelum menangani makanan dapat mengurangi tingkat penyakit diare oleh hampir satu-setengah dan tingkat infeksi pernafasan sekitar seperempat. Hal ini juga dapat menguntungkan orang-orang yang hidup dengan HIV / AIDS. .dan berdasarkan penelitian ilmiah dan percobaan intensif dipantau baik di rumah tangga dan tingkat sekolah diperkirakan itu dan mencuci tangan dengan sabun bisa mencegah satu juta dari kematian. infeksi mata. cacingan. Anak-anak dari 20 persen rumah tangga termiskin lebih dari 10 kali lebih mungkin mati sebagai anak-anak dari 20 persen rumah tangga terkaya. Cuci tangan juga dapat mencegah infeksi kulit.5 juta anak balita di negara berkembang.

2 Mengkonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah .

kroket. Jajanan yang dapat menjadi sumber kalori dan protein. getuk. Jajanan yang dapat menjadi sumber kalori . .Apa manfaat jajanan sehat? Jajan adalah makanan yang dibeli dan dikonsumsi dari luar rumah. pisang goreng. protein dan vitamin. misalnya bakso. bihun goreng. gemblong.lemper dan lain-lain. klepon. gadogado. meskipun kandungan kalori cenderung lebih banyak. Jajanan sehat mengandung gizi seperti kalori. singkong dan lain-lain. Jajan tidak selalu merupakan kebiasaan yang buruk karena anak-anak sekolah punya aktivitas yang tinggi sehingga memerlukan jajan diantara waktu makan pagi dan makan siang. misalnya jajan di kantin sekolah. misalnya bakwan. Jajanan akan mengatasi rasa lesu atau kurang bergairah selama anak berada di sekolah dan sebagai upaya pengenalan terhadap aneka ragam makanan.

3 Menggunakan jamban yang bersih dan sehat .

Jamban sendiri merupakan tempat penampung kotoran manusia yang sengaja dibuat untuk mengamankannya. 2.Mengapa BAB harus sehat?? Kenapa jamban yang kita miliki harus sehat??? Mungkin ini yang belum pernah terpikirkan oleh sebagian besar masyarakat pedesaan kita. Mencegah terjadinya penyebaran langsung bahanbahan yang berbahaya bagi manusia akibat pembuangan kotoran manusia. Mencegah vektor pembawa untuk menyebarkan penyakit pada pemakai dan lingkungan sekitarnya . dengan tujuan: 1.

.4 Olahraga yang teratur dan terukur Manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh kita memang sudah lama terbukti. Latihan olahraga penting tidak hanya penting untuk memelihara kebugaran fisik tetapi juga kesehatan mental.

5 Memberantas jentik nyamuk .

ember. vas bunga. tempat minum burung dan lain-lain seminggu sekali Menutup : Menutup rapat semua tempat penampungan air seperti ember. tempanyan. gentong. drum dan lain-lain Mengubur : Mengubur semua barang-barang bekas yang ada disekitar / di luas rumah yang dapat menampung air hujan .3 M Plus adalah tindakan yamg dilakukan secara teratur untuk memberantas jentik dan menghindari gigitan nyamuk Demam Berdarah dengan cara : Menguras : Menguras tempat-tempat penampungan air seperti : bak mandi/ WC.

Plus tindakan memberantas jentik dan menghindari gigitan nyamuk * Membunuh jentik nyamuk Demam Berdarah ditempat air yang sulit dikuras atau sulit air dengan menaburkan bubuk Temephos ( abate ) atau Altosoid 2-3 bulan sekali dengan takaran 1 gram abate untuk 10 liter air atau 2.5 gram Altosid untuk 100 litter air. Abate dapat diperoleh / dibeli di Puskesmas atau di apotik .

 Memelihara ikan pemakan jentik nyamuk  Mengusir nyamuk dengan menggunakan obat nyamuk  Mencegah Gigitan nyamuk dengan memakai obat nyamuk gosok * Memasang kawat kassa jendela dan ventilasi * Tidak membiasakan menggantung pakaian di dalam kamar * Gunakkan sarung klambu waktu tidur. . Pemberantasan nyamuk dengan fogging maupun penyemprotan hanya mengusir nyamuk untuk sementara. dan terkadang kurang sehat bagi mereka yang alergi pada asap fogging ini.

6 Tidak merokok di sekolah .

.

.

000bahan kimia berbahaya diantaranya yang paling berbahaya adalah nikotin.tar dan CONikotin menyebabkan ketagihan dan merusak jantung dan aliran darahTar menyebabkab kerusakan sel paru-paru dan kanker Co menyebabkan berkurangnya kemampuan darah membawa oksigen. sehingga sel-sel tubuh akan mati. jantung dan kanker Merusak gigi dan menyebabkan bau mulut yang tidak sedapTulang lebih mudah patahPengertian Perokok Aktif dan PasifPerokok aktif adalah orang yang merokok secara rutin walaupun itu Cuma 1 batang dalam sehari . katarak Kehilangan pendengaran lebih awal dibanding bukan perokok Menyebabkan penyakit paru-paru. Bahaya Merokok Menyebabkan kerontokan rambut Gangguan pada mata seperti. Dalam satu batang rokok yang diisap akan dikeluarkan sekitar 4.Alasan tidak boleh merokok di sekolah: Rokok ibarat pabrik bahan kimia.

7 Menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan setiap 6 bulan .

Alasan peserta didik perlu ditimbang setiap 6 bulan Adalah untuk memantau pertumbuhan berat badan dan tinggi badan nomal peserta didik agar segera diketahui jika ada peserta didik yang mengalami gizi kurang maupun gizi lebih b.a. Cara mengetahui pertumbuhan dan perkembangan siswa Catat hasil penimbangan berat badan dan tinggi badan pada setiap peserta didik pada setiap kegiatan penimbangan maka akan terlihat berat badan/ tinggi badan naik atau tidak naik (terlihat perkembangannya). .

dapat segera dirujuk ke Puskesmas.Manfaat Penimbangan di sekolah Untuk mengetahui apakah siswa/i tumbuh sehat Untuk mengetahui dan mencegah gangguan pertumbuhan siswa Untuk mengetahui siswa/i yang dicurigai gizi kurang dan gizi lebih sehingga jika ada kelainan yang berpengaruh langsung dalam proses belajar di sekolah.c.tulang iga tampak jelas Wajah terlihat lebih tua . tanda-tanda gizi buruk Sangat kurus. Tanda anak kurang dan lebih gizi.

8 Membuang sampah pada tempatnya .

Sampah dibedakan menjadi dua. . yaitu sampah organik dan sampah anorganik.

Sampah jenis ini dapat kita manfaatkan sebagai kompos dengan menaruhnya di lubang biopori. .Sampah organik ini adalah sampahsampah yang dapat terurai. seperti daun dan sisa makanan.

serta kaleng. botol. seperti plastik.Sedangkan sampah anorganik adalah sampah-sampah yang membutuhkan waktu beratus-ratus tahun untuk menguraikannya. Dan akan terus menggunung karena waktu yang dibutuhkan untuk menghancurkannya sangatlah lama. dan sampah inilah yang mendominasi sebagian besar isi TPA. .