EKOLOGI ADMINISTRASI

Dosen: Prof. Dr. Drs H. A. Kartiwa, SH, MS Dr. Drs. H. Heryanto Bekti, M.Si R. Ahmad Buchari, S.IP, M.Si Imanudin Kudus, S.IP

Definisi Ekologi menurut J W Bews
³ the word it self is derived from the Greek oikos, a house or home, the same root word as accurs in economy and economics. Economicsis a subject with ecology has much in common, but ecology is much wider. It deals with all the interrelationships o living organism and their environment´

. sama dengan akar kata dari Ekonomi. tetapi ekologi jauh lebih luas. Ia bersangkutan dengan seluruh antar hubungan organismaorganisema hidup dengan lingkungan hidupnya. Ekonomi adalah suatu subjek yang biasanya bersangkutan dengan ekoloi. suatu rumah tangga.Definisi Ekologi menurut J W Bews ‡ Ecology berasal dari bahasa Yunani oikos.

ekologi pembangunan. ekologi manusia. . ekologi negara dan sebagainya.Definisi Ekologi ‡ Ilmu yang mempelajari interaksi antara manusia dengan lingkungan macam-macam ekologi antara lain.

Ekologi Manusia ‡ Ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik aktivitas manusia/masyarakat dengan lingkungan alamiahnya. .

Peran manusia sangat menentukan lingkungan ditentukan oleh: 1. Nilai-nilai 2. Kepercayan pola budaya . Seperangkat pengetahuan 3.

Ekologi Administrasi Negara ‡ Serangkaian proses yang terorganisir dari suatu aktivitas publik atau kenegaraan yang bertujuan untuk memecahkan masalahmasalah publik melalui perbaikan-perbaikan terutama di bidang organisasi. sumber dan manusia dan keuangan (Fred. Riggs) . W.

bangsa dannegara kita dapat menyususn dan mengembangkan suatu sistem administrasi negara yang cocok dengan kondisi masyarakat. Dengan memahami kondisi suatu masyarakat. 2.Pentingnya Mempelajari Ekologi Administrasi 1. bangsa dan negara yang bersangkitan. . Ciri-ciri suatu sistem administrasi negara dari suatu masyarakat. Bangsa dan negara itu telah tumbuh dan berkembang suatu sistem administrasi negara tertentu.

Pentingnya Mempelajari Ekologi Administrasi 3. Menemukan metode pembelajaran dan pelatihan bagi tenaga terdidik(SDM yang berkualitas) agar berkemampuan mengadaptasi perkembangan yang terjadi di dalam negeri dan dari luar yang menggangu tujuan negara didirikan yang diamanahkan undang-undang. . Dapat menyeleksi faktor lingkungan yang baik atau menggandengkan ilmu-ilmu lain untuk memperkuat berjalannya fungsi dan tugas adminitrasi negara itu sendiri. 4.

Human Ecology dalam AN mengandung pengertian bahwa segala bentuk kegiatan administrasi di suatu negara sangat berkaitan erat dengan perilakudominan manusia yang berada di suatu negara tersebut. . Contohnya menjunjung tinggi profesionalitas dan kebiasaan masyarakat Jepang memilki dedikasi dan disiplin yang tinggi ditempatnya bekerja.

bagaimana mendapakan hasil dan proses itu dapat dikemas dengan aturan administrasi yang formal baik meskipun sebenarnya fiktif. sikap pragmatisme( jalan pintas mendapatkan untung).Perilaku administrasi negara itu adalah pencerminan perilaku masyarakat Indonesia akhir-akhir ini.Contoh di Indonesia yaitu ekologi manusianya terbentuk oleh sikap dan prilaku pemimpin dan masyarakat terbiasa dengan sikap feodal(paternalistik). praktik KKN. .

Cita-cita atau ideologi (ideological environment) . 3. Perkembangan teknologi fisik (advances in physical technology). Perkembangan invensi atau penemuanpenemuan sosial (advances in social inventions).Menurut Felix F Nigro Medern Public Administration dalam Environment 1. Perubahan kependudukan (population changes). 2. 4.

Contoh kasus lingkungan 1. 2. Kita membiarkan pemanfaatan sumber daya alam terbarukan melebihi laju regenerasinya. Bangsa Indonesia membiarkan produksi limbah yang melebihi kemampuan asimilasi lingkungan. Kita membiarkan laju penipisan sumebr daya ak terbarukan sambil tidak menimbang pengembangan sumebr daya subtansinya. minyak bumi kita eksplotasi dan lengah atu tidak peduli menyiapkan sumber energi alternatif jauh-jauh hari 3. Misalnya hutan kita eksploitasi habis-habisan sambil mengabaikan rehabilitasi dan penghijauan kembali. .

Kita belum punya code of conduct yang kuat yang memberlakukan bagi aparat de semua lini dengan disertai sangsi yang tegas dan adil. .

Pelatihan teknis (atau pengalaman) sebagai suatu persyaratan formal bagi pekerjaan. ‡ 2. . ‡ 5. Upah/gaji yang tetap dalam bentuk uang ‡ 6. suatu birokrasi cenderung ditandai oleh : ‡ 1.‡ Menurut Weber. Hak-hak dan kewajiban tertentu yang ditetapkan secara tertulis. yang diatur dan didasarkan pada kesepakatan. Hubungan kewenangan antar posisi yang ditata secara sistematis. Pengangkatan dan promosi. ‡ 3. Pemisahan yang tegas antara milik kantor dengan milik pribadi pemegang jabatan dalam artian bahwa pejabat tidak memiliki ³sarana adminitrasi´ dan tdak dapat merampas jabatan ‡ 7. Pekerjaan administratif sebagai suatu jabatan penuh. ‡ 4.

‡ Kita dapat memvisualisasikan lingkaran yang paling besar sebagai menggambarkan seluruh masyarakat atau sistem umum. dengan birokrasi sebagai pusatnya. ‡ Lingkaran berkutnya menggambarkan sistem ekonomi atau aspek ekonomi dari stem sosial. . sedangkan lingkaran yang lebih besar memperlihatkan tingkat pengaruh yang relatif kecil. Lingkaran yang paling kecil umumnya memiliki pengaruh yang sangat menentukan. ‡ Lingkaran yang lebih dalam adalah sistem politik. lingkungan birokrasi dapat divisualiaskan sebagai serangkaian lingkaran konsentrik.‡ Menurut Heady. tercakup disini subsistem administrasi dengan birokrasi sebagai salah satu elemennya.

2. ketrampilan pembangunan. Birokrasi kekurangan tenaga terampil yangdibutuhkan bagi program-program pembangunan. sebenanya negara-negara berkembang memiliki sejumlah besar tenaga keraja dalam kaitan dengan sumberdaya lain. Semua negara. Permasalahannya bukan pada kurangnya tenaga kera secara umum. 1. ketrampilan pembangunan dan kompeensi teknis. . dan kpompetensi majemen. termasuk yang melepaskan diri dari penjajahan Barat.POLA-POLA UMUM ADMINISTRASI NEGARA Pola dasar adminisrasi negara adalah imitatif ketimbang ³asli´/indigenous. Kekurangannya adalah dalam administrator-administrator yang terlatih dengan kemampuan manajemen. Pengangguran adalah kronis di dalam perekonomian desa dan di daerah perkotaan bagi yang tidak terampil. tanah dan modal. secara sadar memperkenalkan beberapa versi administrasi birokasi barat yang modern.

kebanyakan aktivitas birokrasi bukan disalurkan ke arah realisasi tujuan program. Kecenderungan ketiga adalah birokrasibirokrasi di negara berkembang memilki penekanan orientasi yang lain dari ³production-directed´. Dalam hal ini. .3.

. Mencanangka keterbukaan administrasi. Kesenjangan antara harapan dan kenyataan ini ditutupi dengan menbuat hukum-hukum yang sulit ditegakkan. mengadopsi peraturanperauran kepegawaian dengan sedikit penyiiimpangan. Riggs menyebut fenomena ini sebagai formalisme.4. Diskrepansi yang lebar antara yang formal dan realitas merupakan karakteristik lain.

‡ Model ini pada hakikatnya bersifat paradoks.Ekologi Administrasi Negara-negara Berkembang ‡ Model yang dianjurkan untuk menjelaskan struktur dan permasalahan administrasi negara. . semakin ditelusuri semakin memperlihatkan kerumitannya. di negara-negara berkembang adalah model prismatik.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful