SUPERVISI PENDIDIKAN

Apa itu

SUPERVI SI?

Supervisor Sekolah

Why ??

Kepala Sekolah, Guru dan Staf

Menurut Konsep Kuno

Supervisi = Inspeksi = Mencari Kesalahan
Menurut Pandangan Modern

Supervisi = Usaha untuk memperbaiki situasi belajar mengajar Masyarak at
KONSEP KUNO

Supervisi berasal dari kata Super-vision (Inggris) ‡ super berarti atas atau lebih dan vision berarti melihat atau meninjau ‡ supervisi berarti melihat dari atas Carter Good·s Dictionary of Education mendefinisikan supervisi sebagai segala usaha dari petugas sekolah dalam memimpin guru dan petugas lainnya, dalam memperbaiki pengajaran, termasuk menstimulir, menyeleksi pertumbuhan jabatan dan perkembangan guru-guru, merevisi tujuan-tujuan pendidikan, bahan pengajaran; metode mengajar; dan evaluasi pengajaran

Rifai (1987 : 37) mereduksi supervisi dari beberapa ahli. dan kurikulum . dengan jalan bekerja sama dengan orang-orang yang bekerja sama dengan murid 4) Usaha meningkatkan hasil belajar murid melalui gurunya 5) Merupakan bagian atau aspek administrasi. staf. pengajaran. antara lain : 1) Merupakan bantuan untuk mengembangkan situasi belajar mengajar yang lebih baik 2) Merupakan kegiatan untuk membantu dan melayani guru agar mereka dapat melaksanakan tugas mengajarnya lebih baik 3) Proses peningkatan pengajaran. terutama mengenai harapan dan tujuan tertentu dalam pengajaran Supervisi merupakan bantuan yang diberikan pada guru dalam rangka pembinaan di bidang pengembangan. khususnya mengenai usaha peningkatan guru sampai kepada penampilan tertentu 6) Fase atau tahapan dalam administrasi sekolah.

Tugas Supervisi (Lucio dan McNeil. 1978) : Tugas perencanaan Tugas administrasi Partisipasi langsung dalam pengembangan kurikulum Melaksanakan demonstrasi mengajar untuk guru-guru Melaksanakan penelitian Tugas pokok SUPERVISI : Membantu para guru memperoleh arah diri dan memecahkan sendiri masalah-msalah pengajaran yang mereka hadapi .

KERANGKA KONSEPTUAL SUPERVISI PENDIDIKAN Guru Program Terencan a Keyword : ‡ membantu ‡ melayani ‡ membina ‡ menstimulir ‡ memotivasi ‡ membimbing ‡ melatih ‡ memperbaiki ‡ memimpin ‡ mengkoordinir (Konsultatif) Siswa Hal mengajar : ‡ persiapan ‡ performan ‡ penilaian ‡ perbaikan ‡ pengayaan ‡ competence based teaching ‡4 Kompetensi guru (UU Guru) Hla belajar : ‡ penguasaan ‡ keterampilan ‡ keaktifan ‡ keterlibatan ‡ kesulitan ‡ competence based learning ‡ 4 pilar UNESCO .

. melainkan supervisor itu sendiri menjalankan tugasnya. supervisor lebih banyak mengawasi dari pada berbagi ide pengalaman. Kepentingan dan kebutuhan supervisi bukan datang dari para guru.Faktor penyebab supervisi bermakna kurang realistis : Supervisi disamakan dengan controlling (pengawas).

sedangkan guru juga tidak mempunyai pengetahuan apa yang diamati dan dinilai supervisor.Supervisor sendiri mungkin tidak tahu apa yang akan diamati dan dinilainya. . kebanyakan guru tidak suka disupervisi walaupun itu merupakan bagian dari proses pendidikan dan pekerjaan mereka.

Latar belakang pendidikan € Orientasi profesional € Tujuan dan keterampilan € Kesanggupan jasmani € Kualisi kemampuan memimpin € Kondisi psikologik € Pengalaman mengajar € .

Tujuan supervisi pengajaran seharusnya membantu dalam perbaikan pengajaran. kenyataannya supervisor pengajaran lebih menekankan pada tanggung jawab administratif guru. . Dilihat dari aktivitas supervisi pengajaran: Supervisor pengajaran seharusnya memberikan bantuan langsung bagi guru kelas untuk memperbaiki pengajarannya dan memperbaiki pembelajaran anak.

kurang dari setengah insttuisi yang memberikan sertifikat atau pengangkatan supervisor pengajaran tidak menentukan jumlah jam minimum dalam melaksanakan tugas supervisi dan sedikit yang mempersyaratkan pemagangan .Kenyataannya.

dan pembicara  Keputusan yang meliputi penguasa. pembagi sumberdaya. perunding . Antar personal pemimpin dan penghubung  Informasi yang meliputi pemonitor. penyebarluasan. penangkal gangguan.

2.Tujuan Supervisi Pendidikan antara lain: 1. Membantu guru dalam mengembangkan proses kegiatan belajar Membantu guru dalm menerjemahkan dan mengembangkan kurikulum dalam proses belajar mengajar Membantu guru dalam mengembangkan staf sekolah (Peter F Oliva.1894) . 3.

Secara Umum tujuan supervisi dapat dirumuskan: Untuk membantu guru meningkatkan kemampuannya agar menjadi guru yang lebih baik dalam melaksanakan pengajaran supervisi pendidikan memiliki dua karakteristik yaitu: € Bersifat terapan € Menempatkan akivitas manusia dengan menempatkan keperluan yang unik pada inquiri dan pengembangan atau preskripsi praktek supervisi .

3. seperti angket. b) Untuk memperoleh data perlu diterapkan alat perekam data. dan seterusnya. Prinsip ilmiah (scientific) prinsip ini mengandung ciri-ciri sebagai berikut : a) Kegiatan supervisi dilaksanakan berdasarkan data objektif yang diperoleh dalam kenyataan pelaksanaan proses belajar mengajar. Prinsip Demokratis Prinsip kerjasama Prinsip konstruktif dan kreatif .PRINSIP SUPERVISI PENDIDIKAN Prinsip supervisi pendidikan antara lain: 1. c) Setiap kegiatan supervisi dilaksanakan secara sistematis. observasi. percakapan pribadi. 1. berencana dan kontinu. 2.

Supervisi hendaknya membantu menjelaskan dan menerapkan dalam praktek penemuan penelitian pendidikan yang mutakhir.OTENG SUTISNA MENGEMUKAKAN PRINSIP DALAM PELAKSANAAN KEGIATAN SUPERVISI. . YAITU: Supervisi merupakan bagian integral dari program pendidikan yang bersifat kooperatif dan mengikutsertakan Semua guru memerlukan dan berhak atas bantuan supervisi Supervisi hendaknya disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan perseorangan dari personil sekolah Supervisi hendaknya membantu menjelaskan tujuan-tujuan dari sasaran-sasaran pendidikan Supervisi hendaknya membantu memperbaiki sikap dan hubungan dari semua anggota staf sekolah Tanggung jawab bagi pengembangan program supervisi berada pada kepala sekolah bagi sekolahnya. Harus ada dana yang memadai bagi program kegiatan supervisi dalam anggaran tahunan. Efektivitas program supervisi hendaknya dinilai secara periodik.

yang baik akan mengembangkan proses pemecahan masalah yang dinamis dalam mempelajari. demokrasi. pendidikan biasanya berkenaan dengan perbaikan pembelajaran. dilaksanakan dengan tertib. tidak perspektif. dan mengevaluasi proses dan produk. dan dilakukan dalm rangkaian aktivitas. yang baik akan mengembangkan metode dan sikap ilmiah sejauh hal itu dapat diaplikasikan kedlam proses sosial pendidikan yang dinamis. yang baik adalah yang kreatif. ‡Supervisi ‡Supervisi ‡Supervisi ‡Supervisi . menggunakan ilmu pengetahuan dalam proses belajar dan pembelajaran.dan ilmu pengetahuan. memperbaiki.MENGEMUKAKAN PRINSIP YANG MENGATUR PELAKSANAAN SUPERVISI : ‡Administrasi biasanya berkenaan dengan pemberian fasilitas material dan pelaksanannya. dan melakukan penilaian berdasarkan hasil yang terjamin. fungsional administrasi dan supervisi tidak terpisahkan satu sama lain. ‡Supervisi ‡Secara ‡Supervisi yang baik didasarkan pada filsafat. secara koperatif. yang baik dilakukan secara profesional. direncanakan.

Tujuan umum supervisi pendidikan adalah mensuplay kepemimpinan dalam menjamin kelanjutan dan kekonstanan adaptasi ulang dalam program pendidikan melalui suatu tahun periode. . Tujuan jangka menengah supervisi adalah kerjasama untuk mengembangkan suasana yang menyenangkan bagi pembelajaran.SERGIOVANNI DAN STARRAT(1983:9) MENGEMUKAKAN PRINSI-PRINSIP YANG MENGATUR TUJUAN SUPERVISI: Tujuan akhir supervisi adalah pertumbuhan murid dan pada akhirnya perbaikan masyarakat.

Teknik Umum Supervisi Pendidikan .

temu pribadi Tidak langsung: Melalui media Individu langsung: pertemuan pribadi Individu tidak langsung : pemberian tugas khusus Kelompok tidak langsung : Angket .studi kelompok. rumah.Dilihat dari jumlah yang disupervisi Dilihat dari Jenis Komunikasi Dilihat dari Jumlah orang dan jenis komunikasi Kelompok: Rapat.dll Langsung : tanpa tatap muka Kelompok langsung : rapat staf Individu: Kunjungan kelas.

Pengembangan dan Pembinaan Guru Tugas supervisor untuk memperbaiki kesempatan belajar bagi keuntungan murid. tugas supervisor yang utama adalah pengembangan staf.1. dengan peran guru yang amat penting . Perencanaan kegiatan pengembangan staf adalah metode utama perbaikan pengajaran bagi supervisor. pre service education maintenance and revair .

ia mengidentifikasikan guru dalam tiga kelompok yaitu: Guru yang tidak mampu mempelajari secara kritis praktek mengajar. . orang tua murid. Sedikit guru yanga mau dan mampu meneliti secra cermat dan kritis praktek mereka sendiri dan orang lain mengenai kemampuan mereka dan memberikan penilaian baik terhadap apa yang mereka kerjakan. c. dan lainnya tidak perduli terhadap apa dan bagaimana mereka mengajar. b.a. Guru-guru yang memiliki kemampuan meneliti secara berkesinambungan menunjukkan apa yang mereka kerjakan dengan menggunakannya untuk melakuakan perubahan. Roland Barth menyatakan bahwa kebutuhan interaksi dengan guru lebih mendorong pertumbuhan.

assigning. evaluating. .MODEL IN-SERVICE EDUCATION MENURUT PETER F. reticing dan dismissing staf) dan training. OLIVA (1984) Planning Implementatio n Evaluation Applicatio n Evaluatio n In-service education merupakan bagian dari pengembangan staf yang dibagi dalam dua kategori yaitu staffing yang terdiri dari kegiatan (selecting.

Tugas Supervisor ‡ ‡ Menstimulir guru-guru agar mempunyai keinginan menyelesaikan problema pengajaran dan mengembangkan kurikulum Mengidentifikasi kebutuhan guru sebagai bahan in-service dan survey sebagai permintaan dan observasi ‡Merencanakan langkah-langkah pelaksanaan dan mengevaluasi in-service program. dengan mengembangkan rencana pengajran untuk pengembangan staf membuat komponen-komponen pengetahuan dan fasilitas yang digunakan ‡Mencatat partisipasi guru-guru dan sukses keberhasilan inservice .

6. Penyusunan penataran pendidikan Pemberian orientasi anggota-anggota staf Pelayanan murid Hubungan masyarakat Penilaiaan pengajaran terhadap perencanaan pengajaran . 9. Mengembangkan kurikulum Pengorganisasian pengajaran Pengadaan staf Menyediakan fasilitas Penyediaan bahan-bahan. 5.Tugas Supervisor Pengajaran Ben M. 10. 8. 7. 4. Haris mengemukakan 10 bidang tugas supervisor : 1. 3. memilih dan mendesain bahan-bahan yang digunakan dan diimplementasikan untuk pengajaran. 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful