BAKTERI

yaitu bakterion atau bakterium yang berarti tongkat atau batang. ada berbagai bentuk bakteri selain batang. Walaupun pada perkembangan ilmu selanjutnya. Bakteri termasuk dalam kingdom monera.BAKTERI ‡ Bateri berasal dari bahasa Yunani. Ilmu yang mempelajari bakteri disebut Bakteriologi. .

Hanya bisa dilihat dengan mikroskop Bentuk sel tetap karena memiliki dinding sel Hidup secara berkoloni .5-1 mikron dengan panjang 1-20 mikron.Ciri-ciri bakteri Merupakan mikroorganisme bersel satu (mikroorganisme uniseluler) Bersifat prokariotik (tidak punya membran inti) Mempunyai ukuran dengan diameter 0.

Bakteri berbentuk koma . . bergerombol seperti buah anggur. bergandengan dua-dua Streptokokus. monokokus. seperti Vibrio comma penyebab penyakit clorea. berkelompok empat-empat Stapikokus. bola tunggal Diplokokus. 2. 4. Spirilum Berbentuk bengkok atau seperti spiral. Sarkina. 6.Bentuk Bakteri Kokus. berbetuk bola 1. 3. bergandengan panjang seperti rantai Tetrakokus. dianggap sebagai bakteri spiral yang tidak sempurna. 5. mengelompok membentuk kubus.

berbentuk batang 1. berbentuk batang yang bergandengan panjang. berbentuk batang yang bergandengan dua-dua. Contohnya Azobacter. Diplobasilus. monobasilus. Streptobasilus. 3. Contohnya Salmonella typhosa (penyebab penyakit tifus) 2. berbentuk batang tunggal. .Basilius. pengikat nitrogen.

ribosom. DNA.Struktur Bakteri ‡ Struktur bakteri terbagi menjadi dua yaitu: 1. dan granula penyimpanan 2. Struktur dasar (dimiliki oleh hampir semua jenis bakteri) Meliputi: dinding sel. membran plasma. . Struktur tambahan (dimiliki oleh jenis bakteri tertentu) Meliputi kapsul. klorosom. sitoplasma. flagelum. fimbria. Vakuola gas dan endospora. pilus.

3. Bakteri gram positif : bakteri yang mempunyai dinding sel dengan peptidoglikan yg tebal. yakni hanya bisa dilalui molekul atau zt tertentu. Bakteri ini akan berwarma merah atau merah muda bila diberi pewarnaan gram. Sitoplasma Sitoplasma adalah cairan sel. Streptococus mutans. 1. Fungsi membran plasma sebagai berikut. Dibedakan menjadi 1. . Alat pengatur pengangkutan senyawa yang masuk atau keluar dari membran sel. Membran Plasma Membran plasma bersifat selektif permeabel. 2. Bakteri ini akan berwarna ungu bila diwarnai dengan pewarnaan gram. Tempat pembentukan mesosom. Vibro chloreae. Bakteri gram negatif: bakteri dengan peptidoglikan yang tipis. Contoh : Esherichia coli. Tersusun atas fosfolipid dan protein.Struktur dasar Bakteri Dinding sel Tersusun dari peptidoglikan (gabungan protein dan piolisakarida). Bacilus subtilis. Alat transpor elektron dan proton yang dibebaskan saatoksidasi bahan makanan 2. Contoh : Neisseria gonorrhoeae.

Granula penyimpanan Untuk menyimpan cadangan makanan . Mesosom Berfungsi sebagai pusat pembentukan energi bagi bakteri dan pembentukan dinding sel baru dalam proses pembelahan sel bakteri. Plasmid Plasmid adalah DNA melingkar yang membawa gen tertentu yang dapat diwariskan. DNA ( Asam Deoksiribonukleat) DNA bakteri merupakan materi genetik (pembawa sifat) disebut sebagai kromosom bakteri atau inti bakteri). Plasmid dapat dipindahkan dari bakteri yang satu ke bakteri yang lain. Untuk sintesis protein. tersusun atas protein dan RNA.Ribosom Ribosom dalah organel yang tersebar dalam sitoplasma.

untuk melindungi diri dari lingkungan yang buruk. Alat melekat bakteri pada sel inang 4. Endospora Spora yang dihasilkan di dalam sel bakteri.Struktur Tambahan Bakteri Kapsul Kapsul merupakan lapisan lendir yang menyelimuti dinding sel. Mencegah kekeringan pada sel bakteri 3. . Endospora berdinding tebal. Alat pertahanan dan perlindungan bagi bakteri 2. Umumnya yang memiliki kapsul adalah bakteri patogen. Fungsi kapsul : 1. Sumber makanan bagi bakteri Vakuola gas terdapat pada bakteri yang hidup di air dan berfotosintesis.

.motorik. Ada 5 golongan bakteri berdasarkan kedudukan dan jumlah flagella.Lofotrik.Flagela Flagella berfungsi sebagai alat gerak sehingga bakteri bisa berpindah tempat.Anfitrik. 1. memiliki flagela yang yersebar pada seluruh permukaan sel 5.Atrik. tidak memiliki flagella. memiliki banyak flagela dan melekat pada salah satu ujung sel. 3. memiliki satu flagela dan masing-masing melekat pada kedua ujung sel 4. memiliki satu flagela dan melekat pada salah satu ujung sel. 2.Peritrik.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful