PATOFISIOLOGI NYERI 

Henry Simon Saragih

.Definisi   International Association for the Study of Pain (IASP) mendefinisikan nyeri sebagai: sensasi dan pengalaman emosional yang tidak menyenangkan yang berhubungan dengan kerusakan jaringan atau menggambarkan adanya gangguan atau keduanya.

Nyeri Neuropatik  2. Nyeri Somatogenik  A. Nyeri Nosiseptif  B. 2010 .Klasifikasi  1. Nyeri Psikogenik  AMA.

PATOFIOLOGI NYERI    NYERI NOSISEPTIF .

NOCICEPTOR .

Serabut syaraf nyeri fast pain and slow pain   Dari reseptor nyeri.   Hal ini terjadi melalui 2 jenis serabut syaraf yang berbeda:  – A-delta "fast pain”  – C-fibers “slow pain” . stimulus nyeri ditransmisikan melalui saraf tepi ke spinal cord dan kemudian ke otak.

Apa itu “fast pain” dan “slow pain”?   stimulus nyeri.   terjadi setelah waktu yang singkat   berlangsung beberapa hari atau minggu  . lebih “dull” dan “burning”. misalnya terpotong benda tajam. terdiri dari dua sensasi   pertama “fast pain”  yang dirasakan “tajam”   “slow pain”.

.

Nyeri Neuropatik  .

.

ketika stimulus nyeri menyampai otak berikatan dengan reseptor di “pain pathway” untuk menghambat transmisi dan persepsi nyeri    .Natural OpioidsEndorphins   dilepaskan dari tempat penyimpanan di otak.

Teori Gate Control Melzack and Wall 1965.   Interaksi physiological dan psychological   spinal gates pada radiks dorsalis pada tiap segmen dari medulla spinalis   kompetisis pada tiap gate untuk panas. sentuhan dan nyeri dapat ditransmisikan pada tiap point    .

.

 Terima kasih .