ASAM TRANEKSAMAT .

Asam traneksamat adalah suatu obat hidrofilik yang digunakan sebagai antifibrinolitik. . trans-4-aminomethyl cyclohexane carboxylic acid(C8H15NO2).

dan lain-lain. Pasien dengan hemophilia untuk penggunaan jangka pendek ( 2-8 hari ) Untuk mengurangi atau mencegah hemorrhagia . Asam traneksamat juga digunakan untuk profilaksis Pengobatan pendarahan yang disebabkan fibrinolisis yang berlebihan Angiodema hereditas. pencangkokan hati. ginecology.€ € € € € € Untuk pasien yang mengalami perdarahan pre dan pasca operasi seperti dalam perawatan penyakit jantung. urology.

Pasien tromboembolik € Pasien buta warna € Pasien dengan subarachnoid hemorrhage € tidak diindikasikan pada hematuria yang disebabkan oleh parenkim renal € .

€ Dosis anak : 25 mg/kg melalui oral atau 10 mg/kg melalui intra vena setiap 2 atau 3 kali sehari € . € Dosis infus kontinyu : 25-50 mg/kg setiap hari. € Dosis injeksi intravena perlahan : 0.5 -1 g (atau 10 mg/kg) 3 kali sehari.5 gram (atau 15-25 mg/kg) 2 sampai 4 kali sehari.Dosis oral : 1-1.

. inhibisi terhadap plasmin ini sangat terbatas pada tingkat tertentu. € Setelah dimasukan 1 gram dosis ke dalam pembuluh darah. kurva waktu konsentrasi plasma menunjukkan suatu kerusakan trieksponensial dalam waktu paruh sekitar 2 jam untuk tahap terminal eliminasi.€ Asam traneksamat bekerja dengan cara memblok ikatan plasminogen dan plasmin terhadap fibrin .

Volume awal distribusi adalah sekitar Sembilan sampai dua belas liter. Lebih dari 95 % dosis dikeluarkan berupa urine. Dimana eliminasi yang utama melalui penyaringan (filtrasi) pada glomerulus. Berdifusi ke plasenta dan air susu. € . Asam traneksamat diabsorbsi dari saluran cerna dengan konsentrasi plasma puncak tercapai setelah 3 jam. yang kemudian diekskresikan. € Bioavailabilitasnya sekitar 30-50%. € Waktu paruh eliminasi adalah 3 jam. didistribusikan hampir ke seluruh permukaan tubuh dan mempunyai ikatan protein yang lemah. ginjal.

Untuk menghindari hal tersebut maka pemberian dapat dilakukan dengan kecepatan tidak lebih dari 1 ml/menit. € Gangguan-gangguan gastrointestinal :  mual. .Pada pemberian secara oral. eksantema € Sakit kepalaNamun Dengan injeksi intravena yang cepat dapat menyebabkan pusing dan hipotensi. muntah-muntah. anrexa.

Pembentukan trombus akan meningkat dengan adanya oestrogen.Obat yang berfungsi untuk menjaga hemostasis tidak diberikan bersamaan dengan obat antifibrinolitik. atau mekanisme antifibrinolitk diantagonis oleh senyawa trombolisis. .

€ Pemilihan dosis untuk pasien lanjut usia harus berhati-hati € .Hati-hati digunakan pada penderita insufisiensi ginjal € Hati-hati memberikan dosis pada ibu hamil dan menyusui.

urology. pencangkokan hati. .Efek samping obat ini adalah gangguan gastrointestinal.€ Asam traneksamat tersedia dalam suntikan (injeksi) dan tablet. dan lain-lain. Obat ini baik di gunakan bagi pasien yang mengalami perdarahan pre dan pasca operasi seperti dalam hal perawatan penyakit jantung. Bisa juga digunakan oleh wanita yang mengalami menorrhagia. ginecology. namun gejala ini akan hilang dengan pengurangan atau penghentian pengobatan.

TERIMAKASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful