HAKEKAT GEOGRAFI

Oleh :

Drs. MURTI TEGUH ARIYADI

PENGERTIAN GEOGRAFI  GEOGRAFI berasal dari bahasa Yunani Geo ( bumi ) dan graphein ( gambaran ). sosial dan budaya manusia pada suatu tempat di muka bumi .  Istilah Geografi pertama kali dikemukakan oleh Eratosthenes dalam bukunya ³ GEOGRPHICA´  Gambaran bumi tersebut meliputi lingkungan alam. Jadi Geografi adalah gambaran tentang bumi.

PENGERTIAN GEOGRAFI MENURUT BEBERAPA AHLI  STRABO ( 1970 ) : Geografi erat kaitannya dengan faktor lokasi. menemukan hubungan antara kehidupan manusia dengan lingkungan fisik dan menjelaskan interaksi antara manusia dengan alam . kemudian beralih pada studinya masing-masing  Frank Debenham ( 1950 ). karakteristik tertentu dan hubungan antar wilayah secara keseluruhan. Konsep ini disebut Natural Attribute Oh Place. berpendapat bahwa tugas ahli Geografi adalah : mengadakan penelitian terhadap persebaran fakta.  Preston E James ( 1959 ) Geografi dapat dianggap sebagai induk ilmu pengetahuan karena banyak bidang ilmu pengetahuan yang selalu dimulai dari keadaan permukaan bumi.

dan regional untuk kepentingan program. . proses dan keberhasilan pembangunan  Hasil Lokakarya IGI di Semarang ( 1988 ) : Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan. James Fairgrive ( 1966 ) : Geografi memiliki nilai edukatif yang dapat mendidik manusia untuk berpikir kritis dan bertanggungjawab terhadap kemajuankemajuan di dunia. Ia juga berpendapat ³peta sangat penting untuk menjawab pertanyaan dimana dari berbagai aspek dan gejala geografi  Prof Bintarto ( 1981 ) : Geografi mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di permukaan bumi baik yang bersifat fisik maupun menyangkut makhluk hidup berserta permasalahannya melalui pendekatan keruangan. kelingkungan.

. Geografi manusia. regional dan teknik dengan menggunakan pendekatan analisis keruangan. Geografi regional. Sehingga geografi terpisah-pisah menjadi : Geografi fisik. manusia.PERKEMBANGAN PANDANGAN GEOGRAFI ‡ Geografi Ortodoks ( kuno ) : mempelajari gejala di geosfer ( permukaan bumi secara terpisah ± pisah. ‡ Geografi Terintegrasi : mempelajari gejala di geosfer dengan pendekatan terpadu yaitu integrasi elemen geografi fisik. ekologi dan kompleks wilayah. Geografi teknik.

GEOMORFOLOGI 8. SEISMOLOGI 11. HIDROLOGI 3. OSEANOLOGI 9. ZOOLOGI . GEOFISIKA 6. METEOROLOGI 10. ZOO GEOGRAFI 1. VULKANOLOGI 5. GEOLOGI 2.ILMU PENUNJANG GEOGRAFI  Geografi Fisik : 7. KLIMATOLOGI 4. BIOGEOGRAFI 12.

6. 4. 3. 1. 5. Geografi Sosial : Geografi Manusia Demografi Antropogeografi Geografi politik Geografi regional Sosiologi Geografi ekonomi Geografi Desa Kota . 8. 2. 7.

Interaksi antara manusia dengan lingkungan fisik yang merupakan salah satu bagian keanekaragaman wilayah c.RUANG LINGKUP GEOGRAFI Menurut Rhoad Murphy dalam bukunya ³ The Scope Of Geography ³ mengemukakan ruang lingkup studi Geografi adalah : a. Kajian atau analisis terhadap suatu wilayah . Persebaran dan keterkaitan penduduk di muka bumi dengan sejumlah aspek-aspek aspekkeruangan serta bagaimana manusia memanfaatkannya. b.

interakasi antar fenomena dan perkembangan yang terjadi pada fenomena. Obyek formal geografi adalah region atau wilayah yang merupakan organisasi keruangan yang meliputi pola dan sebaran ( spatial patern ). Hidrosfer. Untuk menganalisis dan menjelaskan suatu fenomena atau gejala di muka bumi (geosfer ). Biosfer dan Antroposfer. Lithosfer.OBYEK STUDI GEOGRAFI OBYEK MATERIAL yaitu Geografi mempelajari fenomena atau gejala yang terjadi di Atmosfer. OBYEK FORMAL yaitu Cara pandang dan cara berpikir tentang fenomena atau gejala yang terjadi di Geosfer yang meliputi persebaran fenomena. Geografi menggunakan 5 W + 1 H ( What. Where. keterkaitan antar gejala ( spatial system ) dan perkembangan atau perubahan ( spatial process ). Why. Who dan How ) . When.

4. . 2. 5. LOKASI yaitu letak suatu obyek berdasarkan situs dan situasi JARAK yaitu ukuran atau jarak antara obyek / wilayah yang satu dengan obyek / wilayah yang lainnya di muka bumi DIFFERENSIASI AREA yaitu berbagai perbedaan antar wilayah di muka bumi MORFOLOGI yaitu keanekaragaman bentuk fisik muka bumi yang mempengaruhi aktivitas manusia POLA yaitu hubungan antar fisik dan aktivitas manusia sehingga terbentuk suatu jaringan atau susunan bentuk fenomena di muka bumi. bumi.KONSEP ESENSIAL GEOGRAFI 1. 3.

10.6. . 8. NILAI KEGUNAAN yaitu adanya nilai tertentu terhadap suatu wilayah berdasarkan kegunaannya atau manfaatnya INTERAKSI yaitu adanya hubungan timbal balik antar berbagai hal atau fenomena di muka bumi KETERJANGKAUAN yaitu terjangkaunya suatu wilayah yang dipengaruhi oleh jarak dan kondisi medan atau wilayah AGLOMERASI yaitu adanya pengelompokan fenomena pada suatu lokasi atau wilayah di muka bumi RELASI atau KATERKAITAN ANTAR RUANG yaitu hubungan antar ruang atau wilayah di muka bumi akibat perbedaan antar ruang atau wilayah. 7. 9.

. Prinsip Sebaran / Distribusi yaitu menunjukkan bahwa fenomena geosfer ( peristiwa di muka bumi ) tersebar dimuka bumi tidak merata tetapi saling berhubungan 2.PRINSIPPRINSIP-PRINSIP GEOGRAFI 1. diagram. peta. Prinsip Interelasi yaitu menunjukkan adanya keterkaitan yang erat dan saling mempengaruhi antara fenomena geosfer ( peristiwa di muka bumi ) yang satu dangan yang lainnya baik fisik maupun non fisik. interelasi dan deskriptif. Prinsip Korologi yaitu menekankan bahwa setiap fenomena geosfer ( peristiwa di muka bumi ) ditinjau secara terpadu dengan prinsip persebaran. grafik. dll 4. Prinsip Deskriptif yaitu menjelaskan sebab akibat terjadinya suatu fenomena geosfer ( peristiwa di muka bumi ) yang dinyatakan dalam bentuk kalimat. 3.

. pola.PENDEKATAN GEOGRAFI  Pendekatan Keruangan yaitu pendekatan yang mendasarkan pada perbedaan lokasi dan sifatsifat-sifat pentingnya seperti perbedaan struktur. wilayah yang jauh dari jalan raya harga tanahnya murah. keterkaitan dan proses Contoh : lereng yang miring terjal maka akan mengalami erosi. aksesibitas.

 Pendekatan Ekologi / kelingkungan yaitu pendekatan yang menekankan adanya interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya yang menimbulkan berbagai fenomena di muka bumi. Contoh terjadinya banjir bandang dan tanah longsor adalah akibat dari penebangan hutan secara berlebihan oleh manusia .

Contoh : terjadinya banjir di Jakarta setiapa ada hujan perlu dikaji dengan pendekatan keruangan dan ekologi di daerah Jakarta. . Pendekatan ini menekankan pada konsep differensiasi area. Pendekatan Kompleks Wilayah yaitu perpaduan pendekatan keruangan dan pendekatan ekologi. Bogor dan sekitarnya.

.UNSUR ±UNSUR POKOK GEOGRAFI  Keadaan Alam ( Realm Of Nature ) yang meliputi kekuatan.  Keadaan Manusia ( Human Realm ) yaitu keadaan manusia yang cepat berubah dengan berbagai aktivitasnya yang menyebabkan munculnya bentang budaya ( hasil ciptaan manusia ) di muka bumi. proses dan unsur fisik suatu fenomena di muka bumi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful