Referat

Peranan Prebiotik dan Probiotik terhadap Pertahanan Mukosa Saluran Cerna Anak
Oleh : Kelompok 3 Pembimbing : dr. Yusri Dianne, Sp.A

Latar Belakang
Selama bulan pertama, makanan memiliki pengaruh signifikan untuk perkembangan flora intestinal

Pada saat kelahiran, usus steril

Kolonisasi mikroba dimulai saat bayi terpapar lingkungan

Pola

ikroba ya g t rbent k tergant ng a a persalinan dan hygiene persalinan

etode

Perkembangan mikroflora indogen memiliki mekanisme pertahanan penting yang melindungi bayi terhadap kolonisasi mikroorganisme patogen yang menginvasi (kolonisasi resisten) Dengan pengenalan makanan padat, sekitar 2 tahun setelah kelahiran, bayi mulai mengadopsi profil mikroflora dalam proporsi yang mendekati dewasa

Keseimbangan mikroflora dalam saluran gastrointestinal kunci utama untuk nutrisi dan kesehatan

Aktivitas bakteri pada kolon manusia terlibat dalam beberapa penyakit Usus besar tempat singgahnya patogen yang dapat menjadi bagian dari flora penghuni atau sebagai flora transien

dan kebanyakan berasal dari diet Hal ini menyebabkan usaha untuk memodifikasi struktur dan aktivitas metabolik dari komunitas lewat diet. menggunakan prebiotik dan probiotik .Pertumbuhan dan metabolisme dari banyak spesies bakteri yang menghuni usus besar utamanya tergantung pada substrat yang tersedia untuknya.

dan Fisiologi Mukosa Saluran Cerna Anak .Anatomi. Histologi.

Mulut Kelenjar liur menghasilkan saliva Memasuki rongga mulut melalui duktus eksretorius berbeda .

ion bikarbobat. K. dll) Menghasilkan enzim amilase Mengendalikan flora bakteri di dalam mulut dan melindungi rongga mulut terhadap patogen . Na.Fungsi Saliva Membasahi makanan yang dikunyah Melumasi bolus agar mudah ditelan melewati esofagus ke lambung Mengandung banyak elektrolit (Ca. Cl.

Tonsil Terdapat di antara lengkung glossopatina dan faringopalatin a pada batas antara mulut dan orofaring Merupakan dua kumpulan jaringan limfoid besar berbentuk lonjong di bawah membran mukosa Epitel berlapis gepeng yang menutupinya melekuk ke dalam jaringan limfoid membentuk 15 atau lebih kripti tonsila .

dan laringofaring Mukosa pada nasofaring itu serupa dengan di saluran napas. orofaring. nasofaring.Faring Merupan lanjutan posterior dari rongga mulut Dibedakan atas 3 . sedangkan pada orofaring dan laringofaring sesuai dengan yang disaluran cerna .

pelapis orofaring Di bagian atas esophagus.Esofagus Mukosa esofagus setebal 300 500 µm dan mempunyai epitel yang merupakan lanjutan dari epitel berlapis gepeng. tidak terdapat muskularis mukosa atau hanya ada sedikit fasikel otot polos .

Lebih ke bawah esophagus. mencapai tebal 200 400 µm dekat lambung Tebal submukosa adalah 400 600 µm dan mengandung berkas berkas serat kolagen. berbaur dengan banyak serat elastin dan banyak pembuluh darah kecil . mereka menyatu membentuk lapis utuh kuat.

volume lumennya hanya 50-75ml.2 liter dapat masuk sebelum tekanan intraluminal mulai naik .Lambung Lambung adalah reservoir untuk menampung makanan dan pengolahannya oleh produk kelenjar-kelenjar dalam mukosa Bila kosong. namun 1.

air. HCl.Dibagi menjadi dua bagian besar: korpus dan antrum Setiap hari lambung mengeluarkan sekitar 2 liter getah lambung Getah lambung yang bening tanpa warna mengandung mukus. dan enzim pepsin Sekresi asam mempertahankan lingkungan intern yang optimal untuk proteolisis oleh pepsin yang paling aktif pada pH 2 .

Fungsi motorik lambung : Pencampuran makanan ini dengan sekresi dari lambung sampai membentuk suatu campuran setengah cair yang disebut kimus Penyimpanan sejumlah besar makanan sampai makanan dapat diproses di dalam duodenum Pengosongan makanan dengan lambat darilambung ke dalam usus halus pada kecepatan yang sesuai untuk pencernaan dan absorpsi yang tepat oleh usus halus .

Hati .

dan kolesterol dalam darah . steroid.Fungsi hati : Pengolahan metabolik kategori nutrien utama (karbohidrat. lemak. protein) setelah penyerapan di saluran pencernaan Detoksifikasi atau degradasi zat-zat sisa dan hormon serta obat dan senyawa asing lainnya Sintesis berbagai protein plasma. mencakup protein-protein yang penting untuk pembekuan darah serta untuk mengangkut hormon tiroid.

besi. berkat adanya makrofag residen Ekskresi kolesterol dan bilirubin. yang dilaksanakan oleh hati bersama ginjal Pengeluaran bakteri dan sel darah merah yang usang. dan banyak vitamin Pengaktivan vitamin D. yang terakhir adalah produk penguraian yang berasal dari destruksi sel darah merah yang sudah usang . lemak.Penyimpanan glikogen. tembaga.

Hati tersusun menjadi unitunit fungsional (lobulus) yang mengelilingi sebuah vena sentral Di tepi luar setiap potongan lobulus. yang disebut sinusoid . dan duktus biliaris Darah dari cabang-cabang arteri hepatika dan vena porta mengalir dari perifer lobulus ke dalam ruang kapiler yang melebar. terdapat tiga pembuluh . cabang vena porta. cabang arteri hepatika.

sehingga setiap tepi lateral berhadapan dengan darah sinusoid .Sel-sel Kupffer melapisi bagian dalam sinusoid dan menghancurkan sel darah merah yang usang serta bakteri yang lewat bersama darah Hepatosit tersusun diantara sinusoid-sinusoid dalam lempeng yang tebalnya 2 lapis sel.

Usus alus .

Usus halus terdiri dari : Duodenum Jejunum Ileum .

Histologi mukosa usus halus : Mikrovili Vili Intestinalis Plika Sirkularis .

Plika Sirkularis Lipatan/peninggian mukosa permanen Berjalan berpilin dan terjulur ke dalam lumen usus Paling besar proksimal usus halus tempat penyerapan terbanyak .

Plika Sirkularis Lapisan Epitel Lamina Propria Mukosa Muskularis Submukosa .

dan berkas otot polos .Vili intestinales Tonjolan permanen mirip jari pada lamina propria mukosa yang juga terjulur ke dalam lumen Ditutupi epitel selapis silindris Lebih banyak terdapat di bagian proksimal Pusat jaringan ikat setiap vilus mengandung kapiler limfatik lacteal. kapiler darah.

Tampak sebagai striated (brush) border (dengan mikroskop cahaya) .Mikrovili Juluran sitoplasma yang menutupi apeks sel-sel absorptive usus.

Fisiologi Usus Halus Meneruskan makanan Membantu pencernaan Penyerapan zat-zat makanan melalui darah .

Usus Besar Kolon Rektum Sekum Apendiks .

.

HCO3. Mukus menghasilkan pelumasan untuk memudahkan feses lewat.menetralkan asam-asam iritan yang dihasilkan fermentasi lokal bakteri.Usus besar tidak mensekresikan enzim pencernaan apapun. . Sekresi kolin terdiri dari dari larutan mukus alkalis (HCO3) untuk pelindung mukus.

tidak memiliki vili Di usus besar yang memerlukan waktu transit sekitar 48 70 jam pada orang dewasa. Memungkinkan terjadinya pembentukan koloni bakteri yang kompleks dan relatif stabil di usus besar.Mukosa usus besar seperti pada usus halus. 17 . mempunyai banyak kriptus Lieberkuhn.

PREBIOTIK .

bahan makanan. menstimulasi pertumbuhan dan aktivitas satu atau sejumlah bakteri di kolon efek menguntungkan Definisi ini mirip dengan serat.Definisi Prebiotik Gibson dan Roberforoid : pro pre sebelum atau pada. . tidak dapat dicerna .

Definisi Prebiotik spesies bifidobacteria membantu pencernaan : transgalaktosa fruktoologosakarida ologosakaridan dan oligosakarida dan inulin kacang kedelai .

Definisi Prebiotik Nondigestible food ingredient aktivitas. . pertumbuhan selektif satu jenis atau lebih bakteri penghuni kolon pengaruh baik terhadap host karbohidrat rantai pendek derajat polimerisasi antara 2 dan 60 tidak dapat dicerna baik dengan enzim pencernaan manusia maupun hewan hanya bisa difermentasi oleh bakteri anaerob di usus besar.

Sumber Prebiotik Tidak dihidrolisa dan tidak diserap di bagian atas traktus gastrointestinal mencapai kolon Mampu merubah mikroflora kolon menguntungkan kesehatan Substrat yang selektif mikroflora komensal yang menguntungkan dalam kolon memicu pertumbuhan bakteria yang aktif melakukan metabolisme .

Jenis Prebiotik GOS (Galactooligosaccharides) Lainnya : FOS (Fructooligosaccharides) Inulin Lactulose Lactitol xylose. soya. dan mannose .

interaksi antara saluran cerna dengan sistem imun. Bifidobacteria menggunakan oligofruktosa membentuk gas dan asam lemak rantai pendek Tumbuh di permukaan mukosa intestinal membentuk biofilm menilai fungsi mukosa. dan dalam katabolisme mukus .Mekanisme Kerja Prebiotik Saekum: prebiotik hidrofilik difermentasi.

propionat. carbon dioxide sumber energi tubuh .Manfaat Pengunaan Prebiotik tidak terlepas dari peranan prebiotik untuk meregulasi dan memodulasi mikroekosistem populasi bakteri probiotik. Prebiotik dalam usus terutama usus besar yang difermentasi oleh bakteri probiotik menghasilkan SCFA dalam bentuk acetat. dan butyrate dan L-lactate.

Listeria supresi kanker memperbaiki metabolisme lipid dan mengurangi kadar kolesterol darah. memperbaiki pencernaan stimulasi imunitas gastrointestinal .Manfaat Pengunaan Prebiotik stimulasi selektif terhadap pertumbuhan bakteri probiotik terutama bifidobacteria dan lactobacillus memperbaiki keluhan malabsorsi laktosa meningkatkan ketahanan alami terhadap infeksi di usus oleh kuman patogen. Salmonella. Escherchia coli. Clostridium perfringen. Shigella.

diare.Peran utama Prebiotik Pemenguatkan kolonisasi bakteri komensal melawan invasi bakteri patogen . efek fermentasi efek absorbsi mineral terutama kalsium efek proteksi terhadap pertumbuhan tumor .

terutama H2 dan CO2 Peningkatan biomass Peningkatan feacal energy dan nitrogen Efek laksative ringan Mikroflora Meningkatkan jumlah Lactobacillus dan Bifidobacteria Reduksi Clostridium Meningkatkan kolonisasi yang resistan terhadap patogen Manfaat yang potensial dalam mencegah invasi pathogen .Efek prebiotik dalam sistem saluran pencernaan Usus Besar Produksi asam lemak rantai pendek dan laktat Produksi gas.

lecitin. dll Mencegah karies . dan besi Interaksi dengan mukosa untuk merubah ikatan dengan bakteri. menimbulkan diare Meningkatkan absorbsi kalsium. magnesium.Efek prebiotik dalam sistem saluran pencernaan Usus Halus Mulut Efek osmotik pada prebiotik dengan berat molekul yg kecil.

10.Efek lain Melawan karsinogenesis: enzim mikroba Metabolisme asam empedu Stimulasi apoptosis Oligofruktosa prebiotik yang sulit dicerna konsumnsi oligofruktosa 25 gr atau inulin dosis 5. atau 20 gr gulah darah/insulin tetap .

PROBIOTIK .

preparasi mono atau campuran efek menguntungkan keseimbangan mikroba intestinal dan materialnya .DEFINISI Mikroba hidup nonpatogenik.

Karakteristik Strain Probiotik Berasal dari manusia Stabilitas asam dan empedu Melekat pada sel intestinal manusia dan glikoprotein mukus intestinal (mucin) Eksklusi kompetitif dan kolonisasi pada traktus intestinal manusia .

Karakteristik Strain Probiotik Produksi substansi antimikroba Antagonis terhadap bakteri kariogenik dan pathogen Aman dalam makan dan penggunaan klinis Tervalidasi secara klinis dan memiliki efek kesehatan .

SUMBER PROBIOTIK Laktobasilus Bifidobakteria .

MEKANISME KERJA Hasil sisa metabolisme dieksresi oleh mikroba Menurunkan pH usus Mengganggu potensi patogenik mikroorganisme Lactobacilli dan bifidobacteria menseksresi antibiotik alamiah (spektrum luas) .

Stimulasi imun

Reduksi kolesterol & resiko kardiovaskuler Kanker

Inhibisi patogen

MANFAAT

Lainnya

1. Inhibisi patogen
Resistensi kolonisasi

Flora tetap : barier

Mencegah invasi organisme baru dan patogen

Terganggu : antibiotik Pertumbuhan mikroorganisme yang tidak diinginkan

Inhibisi patogen
Percobaan ko-kultur Bakteri asam laktat menghasilkan asam organik (laktat dan asetat) Mengasamkan daerah sekitar

Organisme patogen tidak efektif

Inhibisi patogen
Payne et al. (2003) penambahan Lactobacillus plantarum pada model usus in vitro dengan tetrasiklin resistensi terhadap Candida albicans yang meningkat. Yamamoto-osaki et al. (1994) kultur: - Asam amino terdeplesi - Inhibisi Clostridium difficile

Inhibisi patogen Bakteri asam laktat peptide antimikroba media pertumbuhan. botulinum . Clostridium botulinum Botulisme infantile neurotoksin botulinal In vitro : bifidobacteria dan Enterococcus dari feses infant menghambat C.

Lactobacillus rhamnosus mengurangi kemampuan E.Inhibisi patogen E.coli untuk melekat pada sel yang dikultur Lactobacillus johnsonii dan Lactobacilus casei subp.coli flora normal saluran pencernaan manusia Gerasimov (2004) : Lactobacillus acidophilus mencegah rekurensi infeksi saluran kemih E.Coli pada anak. Shirota menghambat perlekatan Salmonella typhimurinum .

Stimulasi Imun Bakteri gram positif eksogen Induksi sekresi sitokin pro-inflamasi : TNF .2. IL-12. dan IFN Migrasi sistem imun Membantu mengeliminasi sel kanker .

Lactobacilli penurunan keparahan dermatitis atopi . IL-10 hipersensitivitas. alergi dan inflammatory bowel disease Defisiensi IL-10 pada tikus colitis konsumsi lactobacilli mengembalikan kadar IL-10 dan mencegah onset colitis.Stimulasi imun Sekresi sitokin antiinflamasi.

Stimulasi imun Model murin : Pembersihan E.coli dan Salmonella typhimurium peningkatan IgA intestinal spesifik terhadap patogen lebih cepat .

.Pembersihan bakteri dan virus patogen yang lebih cepat pada traktus respiratorius .Stimulasi imun Crocs (2002) : Efek pemberian probiotik pada sistem imun dapat mencapai sistem lainnya pada tubuh : .Peningkatan aktivitas nonspesifik fagosit pada makrofag alveolar dan IgG serum spesifik patogen.

3. Reduksi kolesterol & resiko kardiovaskuler produksi propionate asimilasi kolesterol oleh bakteri pengikatan kolesterol pada dinding sel bakteri degradasi enzimatik .

Efeknya me kolesterol HDL me kolesterol LDL me tekanan darah dan fibrinogen .

tetapi tidak memiliki efek secara in vivo .4.longum me insiden tumor & menginhibisi jenis tumor (tikus) pada kanker) .Inhibisi enzim orthinine decarboxylase (kadar me .Memblok ekspresi gen promosi tumor. Kanker Bakteri asam laktat me enzim yang memproduksi karsinogen glukoronidase (host & flora) dan -glikosidase (mikroflora) - B. ras-21 Burns and Rowland (2000) secara in vitro. beberapa bakteri probiotik memiliki kemampuan mengikat karsinogen seperti amino heterosiklik.

Enterococcus faecium dan L. Keuntungan lainnya Maldigesti laktosa (defisiensi galaktosidase) Defisiensi sukrase Susu terfermentasi : bakteri asam laktat lisis di dalam saluran cerna mengeluarkan enzim digesti laktosa lebih baik Mekanisme sama Irritable bowel syndrome (IBS) L.acidophilus. plantarum memperbaiki gejala .5.

SINBIOTIK .

Keuntungan dari kombinasi ini adalah meningkatkan daya tahan hidup bakteri probiotik .Sinbiotik Produk yang mengandung probiotik dan prebiotik yang bersinergisme Contoh : Fructooligosaccharide (FOS) dengan bifidobacterium atau lactitol dengan lactobacillus.

Mekanisme Kerja Sinbiotik Efek sinergistik Stimulasi implantasi pertumbuhan dan aktivitas dari bakteri probiotik Pencegahan supresi aktivitas sel NK dalam plak peyeri Modifikasi komposisi ekosistem bakteri kolon .

Bahan prebiotik memodulasi komposisi mikrobiota kolon yang menyebabkan bifidobakteria lebih dominan didalam kolon Pemberian FOS sebanyak 4 gram / hari dapat bertindak sebagai prebiotik .Data penelitian Fructooligosaccharide (FOS) difermentasi oleh bifidobacteria.

Peranan Prebiotik dan Probiotik Terhadap Pertahanan Mukosa Saluran Cerna Anak Prebiotik dan efek terhadap sistem imun Prebiotik (oligosakarida) reseptor dalam usus menstimulasi MO patogen tidak mencegah dapat berikatan dengan reseptor terjadinya gastroenteritis. .

Probiotik dan efek terhadap sistem imun Respon imun mukosa terhadap flora komensal sangat berbeda dibandingkan respon terhadap flora patogen. yang tidak ada pada flora komensal Karena adanya toleransi imun inilah yang memungkinkan mikroorganisme komensal mampu menjajah dan berkembang di dalam lumen usus . Perbedaan karena adanya faktor virulensi yang diproduksi oleh flora patogen.

agen probiotik berkompetisi dengan flora patogen dan nutrisi lainnya. . Dalam lumen usus. Mereka memproduksi bakteriosin. yang menyerupai antibiotik lokal untuk melawan mikroorganisme patogen. Agen probiotik menurunkan faktor virulensi E.Probiotik mempengaruhi host melalui sistem imun lokal dan jalur imunomodulasi.coli dengan cara menurunkan ekspresi faktor transkripsi dari regulator aggR bersamaan dengan peningkatan ekspresi dari bakteri komensal.

. Toll-like receptors (TLRs) dan nucleotide-binding oligomerization domain isoforms (NODs) mengidentifikasi flora komensal sehingga menghindari inisisasi respon imun yang terjadi untuk menghilangkan flora patogen.‡ Terdapat komunikasi silang antara agen probiotik dan respon sistem imun mukosa host ‡ Pada epitel saluran pencernaan.

‡ Beberapa bakteri probiotik menghasilkan asam laktat dan asam asetat yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri patogen dengan cara menurunkan pH lumen usus ‡ Selain itu. agen probiotik memiliki ikatan pada epitel mukosa saluran pencernaan. sehingga mencegah perlekatan bakteri pathogen ke mukosa lumen usus .

.‡ Probiotik dapat meningkatkan kemampuan fungsi mukosa sebagai barier dengan merangsang pembentukan musin ‡ Mereka menghambat peningkatan permeabilitas paraselular yang dirangsang oleh flora patogen ‡ Agen probiotik mempunyai kapasitas untuk mengurangi hiperkontraktilitas yang terlihat pada gangguan lumen usus post infeksi.

). Peningkatan produksi dari IL 10 disertai dengan peningkatan Transforming Growth Factor (TGF . interferon (IFN ).) melalui ligasi antigen probiotik tertentu ke TLRs. interleukin 12 (IL-12) dan platelet activating factor (PAF). serta meningkatkan produksi protein anti inflamasi seperti IL 10. .‡ Bakteri probiotik tertentu menurunkan sintesis sitokin pro inflamasi poten seperti tumor necrosis factor (TNF.

Kerugian penggunaan probiotik ‡ apakah sebaiknya probiotik direkomendasikan sebagai makanan tambahan atau bahkan ditambahkan ke dalam susu formula untuk bayi. . praktisi klinik harus mempertimbangkan keamanan terlebih dahulu. Untuk mengatasi dilemma ini.

‡ . flatulens dan perubahan kebiasaan buang air besar terkait dengan penggunaan probiotik.‡ Ada beberapa laporan mengenai keluhan gastrointestinal seperti diare.

. ‡ Kesimpulannya probiotik tidak aman digunakan pada neonates yang mengalami imunodefisiensi.‡ Pertimbangan penting lainnya adalah adanya perpindahan virulensi dan atau resisten terhadap antibiotik dari mikroorganisme probiotik ke flora komensal usus ‡ Tambahan probiotik dalam makanan bayi mungkin dapat mengatur flora usus besar dan mencegah terjadinya alergi. ‡ Disarankan bahwa susu formula bayi yang dipasarkan saat ini yang diperkaya oleh probiotik harus digunakan hanya pada bayi imunokompeten usia > 4 5 bulan. ‡ Dua jenis Lactobacilli dapat menyebabkan tingginya mortalitas pada bayi tikus tapi tidak pada tikus dewasa.

‡ Efek lain dari probiotik berkaitan dengan perawatan gigi. ‡ . diduga karena kemampuan bakteri probiotik untuk menghasilkan asam organic yang dapat merusak lapisan kalsium pada matriks gigi. Beberapa jenis Laktobasilus berperan dalam pembentukan karies gigi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful