Fauzan Fathurrahman

110.2003.096 KEPANITERAAN KLINIK BAGIAN ILMU BEDAH RSUD ARJAWINANGUN Fakultas Kedokteran Universitas YARSI

8 % bersifat jinak dan 34.  .Tumor tulang merupakan kelainan sistem muskulokeletal yang bersifat neoplastik.  Perbandingan insidens tumor tulang pada pria dan wanita adalah sama.2 % bersifat ganas.  Dari seluruh tumor tulang primer.  Tumor dapat bersifat jinak atau ganas. 65.

3. 2.1.     Kelainan tulang reaktif Hamartoma Neoplasma tulang sejati : Tumor yang membentuk tulang (Osteogenik) Tumor yang membentuk tulang rawan (Kondrogenik) Tumor jaringan ikat (Fibrogenik) Tumor sumsum tulang (Myelogenik) .

.Tumor jinak tulang dengan penampakan adanya penonjolan tulang yang berbatas tegas sebagai eksostoksis yang muncul dari metasfisis. yang ditutupi oleh cartilago hialin.

 Osteokondroma yang multipel bersifat herediter (autosomal dominan) dan akan berhenti tumbuh dan mengalami proses penulangan setelah dewasa & dapat berkembang pada individu dengan predisposisi genetik. Osteokondroma dapat tumbuh secara soliter maupun multipel. .

 Presentase daerah tulang yang paling sering terkena :  Ujung distal femur (30%)  Ujung proksimal tibia(20%)  Tulang tangan dan kaki (10%)  Pelvis(5%)  Scapula(4%)  Humerus(2%) .

 Tidak diketahui secara pasti  Tumor terjadi karena pertumbuhan abnormal dari sel-sel tulang (osteosit) dan sel-sel tulang rawan (kondrosit) di metafisis .

  Pertumbuhannya menimbulkan gambaran pembesaran tulang dengan korteks dan spongiosa yang masih utuh. Jika tumor semakin membesar makan akan tampak sebagai benjolan menyerupai bunga kol dengan komponen osteosit sebagai batangnya & komponen kondrosit sebagai bunganya. .

 Tidak terasa nyeri  Tumbuh dengan sangat lama  Bila mengalami inflamasi pasien dapat mengeluh bengkak dan sakit Dapat menyebabkan timbulnya pseudoaneurisma .

 Tampak penonjolan tulang pada korteks dan spongiosa  Terlihat kalsifikasi tulang rawan Penonjolan seperti bunga kol (cauliflower) .

 CT Scan  MRI .

Penekanan pada saraf Penekanan pada pembuluh darah Penekanan tulang sekitar Fraktur patologis Inflamasi bursa pada daerah lesi Perubahan keganasan .

 Chondrosarkoma  Osteosarkoma .

 Non Surgical  Surgical .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful