KOLOM STRUKTUR BETON BERTULANG

Kelompok 3 : DIANA ( 0809489 ) TERESIA SYENTIA ( 0809490 ) KRISTOPORUS F.I. ( 0809491 )

Kolom merupakan suatu elemen struktur tekan yang memegang peranan penting dari suatu bangunan. sehingga keruntuhan pada suatu kolom merupakan lokasi kritis yang dapat menyebabkan runtuhnya (collapse) lantai yang bersangkutan dan juga runtuh total (total collapse) seluruh struktur.PENGERTIAN Menurut Sudarmoko (1996). .

yang disyaratkan dengan atau tanpa prategang. beton bertulang merupakan beton yang ditulangi dengan luas dan jumlah tulangan yang tidak kurang dari nilai minimum. .BETON BERTULANG Berdasarkan SK SNI T-15-1991-03. dan direncanakan berdasarkan asumsi bahwa material bekerja bersama-sama dalam menahan gaya yang bekerja.

MATERIAL BETON BERTULANG • • • • • Besi tulangan Semen Batu Pasir Air .

• Kolom Praktis kolom yang berpungsi membantu kolom utama dan juga sebagai pengikat dinding agar dinding stabil. (sudut-sudut).5 meter. jarak kolom maksimum 3. . atau pada pertemuan pasangan bata.Kolom Pada Bangunan Sederhan • Kolom Utama Kolom utama adalah kolom yang fungsi utamanya menyanggah beban utama yang berada diatasnya.

Kolom dengan bentuk ini yang paling banyak digunakan. sebab: • Pembuatannya yang lebihmudah • Perencanaannya yang relatif lebih sederhana • Penggunaan kolom empatpersegi lebih efektif (jika ada beban momen lentur) dari type lainnya.JENIS DAN FUNGSI KOLOM BETON BERTULANG PADA BANGUNAN Berdasarkan bentuk dan komposisi material 1. . Kolom empat persegi Bentuk penampang kolom bisa berupa bujur sangkar atau berupa empat persegi panjang.

2. Kolom Bulat Kolom yang mempunyai bentuk lebih bagus dibanding bentuk yang pertama diatas. 3. apabila jika hanya menggunakan kolom bertulang biasa diperoleh ukuran yang sangat besar . Kolom Komposit kolom ini mengunakan profil baja sebagai pemikul lentur pada kolom. Bentuk ini digunakan.

kolom beton yang ditulangi dengan batang tulangan pokok memanjang.Kolom menggunakan pengikat spiral.Kolom menggunakan pengikat sengkang lateral. Fungsi dari tulangan spiral adalah memberi kemampuan kolom untuk menyerap deformasi cukup besar sebelum runtuh.Menurut Istimawan dipohusodo (1994) ada tiga jenis kolom beton bertulang yaitu : 1. Struktur kolom komposit Merupakan komponen struktur tekan yang diperkuat baja profil atau pipa. 2. 3. .

. ° ¾¯ff° ½¾  %% f f –f © °¾ ¯ ° f°– f  ¯ ¯ °––°ff° ½ °–f ¾ °–f°– f f ¯ ° f°– f°– °–f° ff°– f°–f° ½ ¯ ¯f°©f°–  ¯ ¯ °––°ff° ½ °–f ¾½f °–¾ f f°–f° ¾½f f ff ¯ ¯   ¯f¯½f° ¯ ° ¯ ° f½ €¯f¾ n½ ¾f ¾ ¯ °   ¯ ¯½¾ . ½ff° ¯½° ° ¾  f° f°– ½ f f©f ½€ ff ½½f .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful