Minat Studi Agroindustri

Minat studi agroindustri bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan teknis mahasiswa dalam bidang agroindustri hortikultura sehingga lulusan diharapkan mampu :  Menghasilkan mengembangkan (memberi nilai tambah) berbagai macam produk hortikultura segar  Merencanakan, mengelola, mengembangkan dan meng evaluasi berbagai macam produk agroindustri horti.

Mata Kuliah Yang berhubungan Agroindustri  Pengantar Agroindustri.  Pasca Panen  Pengemasan & Penyimpanan produk Hortikultura  Proses minimal ( Fresh cut produce)  Pengendalian mutu (Quality control)  Penanganan Limbah (Waste Management)  Keamanan produk (Food Safety)  Pemasaran (Marketing)  Pomology  Vegetable Crops  Floriculture .

Dalam mata kuliah ini dibahas pula tentang penelitian yang diperlukan untuk memecahkan permasalahan dalam dunia agroindustri dewasa ini.MK Pengantar Agroindustri Mata kuliah ini membahas tentang ruang lingkup agroindustri. . khususnya agroindustri hortikultura serta wawasan mengenai prospek dan permasalahan di dunia agroindustri hortikultura.

grading pengemasan. Materi dalam kuliah ini meliputi respon biologis produk hortikultura thd pemanenan.Mata kuliah Pasca panen Dalam mata kuliah ini akan dibahas tentang ruang lingkup pascapanen meliputi terminologi pasca panen dan beberapa perlakuan pasca panen dalam mempertahankan kualitas produk hortikultura. pengangkutan dan pemasaran. Diberikan pula analisis beberapa parameter dalam penelitian pasca panen. .

pemberian fungisida alami. baik untuk produk segar maupun produk yang diproses secara minimal (fresh-cut produce) .Mata kuliah Pengemasan Dalam mata kuliah ini akan dibahas tentang pengenalan terhadap berbagai jenis pengemas. pelilinan dan edible film. Dalam mata kuliah ini diberikan pula beberapa metode pengemasan dan penyimpanan produk hortikultura seperti : Modified atmosphere packaging. komposisi bahan pengemas dan karakteristiknya.

respon fisiologis selama proses minimal. . boteknologi dan industri fresh-cut produce serta evaluasi terhadap kualitas produk hasil proses minimal. tahapan dalam pengolahan proses minimal.Mata Kuliah Proses Minimal (fresh cut produce) Materi kuliah ini meliputi terminologi proses minimal. aspek keamanan dalam proses minimal. rasa dan aroma.

Mata kuliah Pengendalian mutu Ruang lingkup mata kuliah ini meliputi pengendalian mutu mulai dari raw material. CODEX. Diberikan pula tentang stndard mutu dari beberapa negara seperti SII. Dalam mata kuliah ini diberikan pula pemahaman tentang uji organoleptis produk hortikultura baik prosedur maupun metodenya. pemrosesan sampai hasil. FDA. HACCP. .

. Diperkenalkan pula tentang permasalahan yang berhubungan dengan limbah serta AMDAL. Prinsip pengelolaan limbah seperti teknis separasi. karakteristik dan tingkat bahayanya. prosessing dan transfor masi limbah.Mata kuliah Pengelolaan limbah Mata kuliah ini membahas tentang jenis-jenis limbah.

Mata kuliah Perencanaan industri Ruang lingkup mata kuliah ini meliputi perencanaan suatu usaha agroindustri hortikultura. pemilihan produk. . perencanaan biaya. mulai dari penentuan lokasi usaha. sistem organisasi. perencanaan pengunaan bahan dasar. sistem pemasaran dan analisis biaya .

Mata kuliah Pomology Ruang lingkup mata kuliah ini meliputi jenis dan sifat buah. budidaya buah dan permasalahannya. Diberikan pula beberapa contoh untuk menghasilkan buah dengan kualitas yang diinginkan serta upaya untuk mendapatkan sustainable and non-sustainable production .

Diberikan pula beberapa contoh untuk menghasilkan sayuran dengan kualitas yang diinginkan serta upaya untuk mendapatkan sustainable and non-sustainable production . budidaya sayuran dan permasalahannya.Mata kuliah Olericulture Ruang lingkup mata kuliah ini meliputi jenis dan sifat sayuran.

budidaya dan permasalahannya.Mata kuliah Floriculture Ruang lingkup mata kuliah ini meliputi jenis dan sifat bunga komersial. foliage plant. cut foliage). bedding pot plant. . Diberikan pula beberapa contoh untuk menghasilkan bunga dalam berbagai bentuk (cut flower. Diberikan pula mengenai cara transportasi dan upaya penganan pasca panennya.

 Pengantar Pasca Panen  Pengantar Pengemasan & Penyimpanan produk Hortikultura  Pengantar Proses minimal ( Fresh cut produce)  Pengantar pengendalian mutu (Quality control)  Pengantar Penanganan Limbah (Waste Management)  Pengantar Keamanan produk (Food Safety)  Pengantar Perencanaan Industri (Project Planning)  Pengantar Pomology  Pengantar Vegetable Crops  Pengantar Floriculture .Silabus Pengantar Agroindustri  Ruang lingkup dunia Agroindustri.

2.Agroindustri Pembangunan Agroindustri “Lanjutan” pembangunan pertanian Bukti : 1. 4. Agroindustri mampu menyerap tenaga kerja. Agroindustri mampu meningkatkan pendapatan para pelaku agribisnis. Agroindustri mampu mendorong munculnya industri yang lain. . 3. Agroindustri mampu meningkatkan perolehan devisa.

pengolahan dan pemasaran 2.Permasalahan Agroindustri di Indonesia 1. Pengembangan Iptek . distribusi dan penyediaan faktor produksi b. proses produksi pertanian c. Kualitas Sumberdaya Manusia 3. Lemahnya keterkaitan antar subsistem dalam agribisnis : a.

Permasalahan Agroindustri di Indonesia 1. Kurangnya fasilitas permodalan atau kalaupun ada prosedurnya ketat 5. Lemahnya keterkaitan industri hulu dan hilir 9. kurangnya perhatian thd penelitian dan pengembangan 8. Lemahnya infrastruktur 7. Kurang nyatanya peran agroindustri di pedesaan karena masih terkonse trasi di perkotaan 3. Kurang konsistennya kebijakan pemerintah thd agroindustri 4. Kualitas produksi dan prosesing yg belum mampu bersaing 10. Lemahnya kewirausahaan . Keterbatasan pasar 6. Beragamnya permasalahan agroindustri menurut macam usahanya khususnya kurang tersedianya bahan baku yang cukup & kontinyu 2.

serta mampu meningkatkan kontribusinya terhadap perekonomian nasional dan akhirnya mampu mensejahterakan masyarakat “ .Penataan Agroindustri di Indonesia Dipelukan visi dan misi pembangunan agroindustri : “ agroindustri yang tumbuh dan berkembang secra berkelanjutan. mampu merespon dinamika perubahan pasar dan pesaing baik pasar domestik maupun internasional. mampu berkompetisi.

Penataan Agroindustri di Indonesia Untuk mencapai visi : 1. Melakukan penyesuaian thd perubahan global 2. Meningkatkan pertumbuhan melalui inovasi. investasi & perdagangan 3. Meningkatkan kemandirian agar tidak tergantung pada fasilitas pemerintah . Meningkatkan kualitas manejerial 6. Meningkatkan efisiensi di semua sektor 5. Menghilangkan faktor-faktor yang menghambat pertumbuhan 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful